Review

[REVIEW] Monitor 4K HDR BenQ EW3280U! Siap Main Console Gaming PS5 & Streaming Film? Hayukkk!

Halaman 3

Sensasi Gaming Rasa Next-Gen dengan HDRi dari BenQ

Berapa banyak dari kamu yang sudah mengenal HDR? Sebuah teknologi baru yang mulai aktifkan digunakan oleh developer game AAA ini berguna untuk meningkatkan kualitas pencahayaan yang dinamis, terlihat lebih kontras, dan memiliki kedalaman warna yang membuat kualitas visual menjadi lebih realistis. Tentunya ini adalah sesuatu yang tidak bisa dibandingkan dengan tampilan visual biasa yang tidak menggunakan teknologi ini.

Sepanjang tahun 2020 ini kamu pastinya sudah melihat sekian banyak game yang sudah mendukung HDR, khususnya dari serangkaian game eksklusif PlayStation 4. Siapapun yang sudah merasakan fitur ini pastinya akan sulit untuk berpaling memainkan game tanpa menggunakan HDR.

Untungnya BenQ EW3280U sudah menawarkan fitur HDR lewat dukungan DisplayHDR 400. BenQ bahkan juga sudah mengembangkan teknologi HDR barunya sendiri yang mereka beri nama HDRi atau High Dynamic Range Intelligence, dimana perbedaan paling mencoloknya terletak pada penyesuaian kedalaman warna yang terlihat lebih cerah dan colorful dibandingkan HDR biasa. Untuk melihat kualitasnya secara langsung, kami sudah melakukan pengetesan dengan memainkan 3 game konsol yaitu Final Fantasy VII Remake, The Last of Us Part II, dan Marvel's Avengers dan 3 game PC yaitu DOTA 2, Fall Guys, dan Assassin's Creed Odyssey.

Pada testing kali ini kami sudah mencoba tiga mode HDR yang bisa dipilih yaitu Display HDR, Game HDRi, dan Cinema HDRi. Ketiga game konsol yang kami coba dapat menampilkan kualitas visual yang cukup konsisten dan tingkat kedalaman warna yang lebih baik. Seperti Final Fantasy VII Remake yang terlihat sangat natural di mode Game HDRi dimana kamu bisa melihat keseimbangan warna dan pencahayaan yang lebih baik, namun tetap memiliki tingkat saturasi warna yang stabil saat dialihkan ke mode Cinema HDRi.

Beralih ke The Last of Us Part II, dukungan HDR untuk game ini berhasil memaksimalkan kualitas grafisnya menjadi jauh lebih realistis. Seperti biasa Game HDRi kembali memperlihatkan proporsi pencahayaan dan tingkat kedalaman warna terbaik.

Sementara untuk Marvel's Avengers kami juga melihat peningkatan kontras warna yang lebih baik dan cerah. Perbedaannya semakin terlihat jelas saat memainkan segmen pertempuran di pagi hari, dimana efek cuaca cerah yang menyinari area sekitar benar-benar terlihat lebih realistis dan sedap untuk dipandang.

Beralih ke game PC, kami juga merasakan adanya peningkat kualitas visual di sebagian game ini yang tentunya membuat pengalaman bermain menjadi lebih maksimal. Game PC pertama yang kami coba dengan mode HDR adalah DOTA 2. Untuk ukuran game lama yang ramah dengan spek, kami cukup terkejut dengan seberapa stabilnya peningkatan yang ditawarkan tiap mode HDR saat diaktifkan. Mulai dari mode Display HDR hingga Cinema HDRi dapat menampilkan kualitas gambar yang menawan, dengan tingkat kecerahan warna dan kontras yang tidak terlalu berlebihan.

Game selanjutnya yang kami coba adalah Fall Guys yang akhir-akhir ini memang sangat populer. Sayangnya untuk game ini kami tidak mendapatkan kualitas seperti yang diharapkan, karena fitur HDR justru membuat tampilan visual pada Fall Guys antara menjadi lebih gelap atau terlalu oversaturated. Ini mungkin karena style grafis dari Fall Guys yang memang sudah cerah dan colorful.

Dan akhirnya untuk game terakhir adalah Assassin's Creed Odyssey. Kami berusaha menemukan spot dengan efek warna paling colorful untuk diambil dan hasilnya kamu bisa melihat bagaimana mode Cinema HDRi membuat saturasi warnanya menjadi terlalu berlebihan, bahkan di mode Game HDRi kamu juga masih bisa melihat efek saturasi warna yang dominan. Pada akhirnya Display HDR adalah mode yang kami rasa paling pas untuk game ini karena dapat menampilkan komposisi warna hingga pencahayaan terbaik.

Baca ini juga :

» Review MSI Cyborg 14 A13VF
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» Review Cooler Master GM27-FFS
» EA Sports FC 24

Kesimpulan Pengalaman Bermain Game di BenQ EW3280U

Implementasi teknologi HDR yang sudah disempurnakan dengan HDRi membuat BenQ EW3280U terasa sangat berbeda dari kebanyakan monitor yang sudah kami coba untuk memainkan game. Perbedaan pertama yang paling kami rasakan terletak pada kedalaman warna yang lebih colorful dan realistis. Kamu bisa melihat peningkatan efek saturasi yang menawan, khususnya saat memainkan game yang menawarkan grafis realistis.

Pencahayaan di dalam game juga terasa semakin dominan, seperti bagaimana tempat yang terpapar cahaya terlihat semakin terang dan tempat tanpa sumber cahaya terlihat lebih gelap. Kualitas visual yang luar biasa dari HDR ini juga dipadu dengan sangat baik dengan resolusi 4K UHD yang membuat tampilan gambar terlihat sangat mulus, membuat keseluruhan pengalaman bermain game menjadi lebih imersif. Berkat performanya yang luar biasa dalam menampilkan kualitas visual game di tingkat terbaiknya, rasanya tidak ragu kalau monitor ini juga sangat cocok untuk dipadukan dengan konsol PlayStation 4 hingga PlayStation 5 nantinya.

Speaker Built-In 2.1 dengan Kualitas Luar Biasa

Kebanyakan produk monitor yang hadir dengan speaker bawaan terkadang tidak selalu menawarkan kualitas terbaik dan hanya terkesan sebagai pelengkap, yang tentu saja membuat banyak pengguna lebih memilih untuk membeli speaker external. Namun kami akui BenQ EW3280U sukses untuk membuat kami betah mendengarkan speaker built-in 2.1 yang disuguhkannya. Speaker tersebut adalah besutan brand audio Trevolo yang memang sudah di akuisisi oleh BenQ.

Speaker 2W yang terletak di bagian bezel bawah serta subwoofer di bagian belakangnya ini memang didesain agar dapat mengeluarkan suara bass dalam cakupan yang lebih luas. Suara yang dihasilkannya juga sudah sangat mantap dan lebih superior dibandingkan speaker bawaan yang bisa kamu temui di kebanyakan produk monitor lain. Selain bass yang nyaring dan jernih, speaker ini bahkan juga bisa mengeluarkan detail suara terkecil dari game atau film yang sedang kamu nikmati. Tidak ketinggalan, ada juga lima pilihan mode suara yang bisa kamu sesuaikan mengikuti kenyamananmu.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview