Review

REVIEW ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE

oleh: Yohanes

Halaman 4

BATTERY LIFE & FITUR


Sebelum kita masuk kebagian benchmark, mari kita lihat fitur-fitur apa aja sih yang sebenarnya melekat di laptop ini.

Zephyrus Duo 15 SE dilengkapi baterai berkapasitas 90 Whrs yang memang cukup besar. Laptop  ini mampu menemani pekerjaan kita dalam pemakaian standar untuk browsing dan menonton video mendapatkan screen on-time sekitar 7 jam. Jika dipakai untuk bermain game, sekitar 3  jam saja mengingat RTX 3060 memang membutuhkan daya yang cukup besar. Saat melakukan charging juga cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam sampai penuh menggunakan power adapter 240 watt.




Pada sektor koneksi Zephyrus Duo 15 SE ini juga sudah dibekali WiFi 6 yang punya latensi rendah, dan juga bluetooth 5.1 tentunya.




Sistem pendingin pada Zephyrus Duo 15 SE dinamakan AAS Plus, yaitu memanfaatkan terangkatnya layar kedua hingga 28,5 mm sebagai jalur pembuangan panas yang lebih baik sebesar 30% menurut klaim Asus. Dikombinasikan dengan liquid metal dari Thermal Grizzly yang diklaim mampu menurunkan suhu sampai 10 derajat celsius dari thermal paste konvensional.

BENCHMARK


Kru KotGa juga sudah menjalankan tes benchmark untuk mengetahui performa dari ROG Zephyrus Duo 15 SE ini, dari performance mode maupun turbo mode. Kami menggunakan metode benchmark sintetis menggunakan software PC Mark 10, 3DMark Fire Strike dan Cinebench R20.




Dari hasil benchmark tersebut, kita bisa mendapatkan gambaran dari performanya sebagai perbandingan secara sintetis. Angka-angka tersebut memang cukup tinggi, jika kita membandingkan dengan laptop gaming premium lainnya.

Karena itu, kami juga menjalankan play test dengan memainkan beberapa game-game esports populer dan juga game AAA kekinian, demi mendapatkan gambaran performa real world scenario.




Untuk game-game esports, ada Valorant dengan setting rata kanan atau high quality yang mendapatkan rata-rata 140 FPS, sedangkan DOTA 2 mendapatkan angka rata-rata sebesar 107 FPS.



Sedangkan, untuk game AAA yang punya kualitas grafis lebih tinggi, kami mencoba seluruh judul pada settingan 1080p ultra, diantaranya Horizon Zero Dawn yang mendapat rata-rata 80 FPS, Assassins Creed Valhalla dengan rata-rata 62 FPS, dan game Control yang mendapatkan rata-rata 63 FPS pada setting RTX on dan DLSS on.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV



Kru Kotga melakukan test terhadap WiFi 6 pada ROG Zephyrus Duo 15 SE ini, dan mendapatkan hasil pada paket kecepatan 100Mbps untuk ISP MyRepublic, Intel Wi-Fi 6 AX201 bisa dibilang termasuk salah satu yang superior. Kestabilan pada frekuensi WiFi 5GHz terlihat sangat jelas bahwa koneksi WiFi 6 sangat dapat diandalkan dalam urusan kecepatan upload maupun download.




Suhu pada turbo mode atau saat laptop tercolok dengan power adapter 240 watt, mendapatkan suhu idle sekitar 51 derajat celsius, dan ketika full load mendapatkan suhu sekitar 95 derajat celsius. Suhu idle juga memiliki perbedaan satu sama lainnya dengan catatan bawah idle pada tiap skenario juga berbeda. Suhu pada full load terasa sangat tinggi memang, tapi suhu ini hanya akan terjadi pada saat penggunaan ekstrim seperti pada saat benchmark, di penggunaan sehari-hari akan sangat jarang mencapai suhu seperti ini, yang jika kita tilik suhu tertinggi saat bermain game pada turbo mode hanyalah mencapai 85 derajat celsius.

Berdasarkan hasil play test, kita bisa lihat bahwa rata-rata FPS untuk game esports terasa sangat ringan dimainkan pada Zephyrus Duo 15 SE karena mampu tembus di atas 100 FPS dengan setting rata kanan.

Sementara untuk game AAA, rata-rata game memang hanya mencapai sekitar 30 sampai 60 FPS keatas, yang memang masuk dalam kategori nyaman untuk dimainkan. Nah, jika kamu lebih suka bermain dengan frame rate tinggi, kamu cukup menurunkan settingan grafis saat bermain, untuk mencapai 60 FPS keatas demi  memaksimalkan kualitas layar dengan refresh rate tinggi pada Zephyrus Duo 15 SE ini.

Berdasarkan hasil benchmark pada performance mode maupun turbo mode, kita bisa tahu bahwa performa yang dibawa ROG Zephyrus Duo 15 SE memang sangat kencang dan stabil untuk kebutuhan gaming kelas esport maupun AAA sekalipun, meskipun pengalaman terbaik hanya kamu bisa dapatkan dalam turbo mode.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview