Review

Far Cry 6

oleh: Christa

Halaman 2

Mekanisme yang Serupa dengan Seri Sebelumnya




Buat para pemain setia Far Cry tampaknya tidak perlu khawatir akan perubahan gameplay. Mekanisme yang dihadirkan di seri keenam tidak mengalami perubahan dari seri-seri sebelumnya. Bukan hanya combat dan gameplay, misi yang ditampilkan juga sama dengan seri pendahulunya. Di Far Cry 6, pemain dapat berkelana bebas di Yara yang sangat luas. Di tengah bereksplorasi di open-world yang memiliki tampilan indah nan cantik, tidak jarang pemain akan menemukan berbagai serdadu bawahan Castillo yang tengah bersiaga di beberapa titik. Meskipun menyenangkan untuk berjalan-jalan, tampaknya tetap harus mengandalkan kemampuan stealth dimanapun dan kapanpun pemain berada.

Baca ini juga :

» Review Jade Dynasty: New Fantasy
» Review Elden Ring
» Review Horizon Forbidden West
» Review Vivobook pro 14x OLED M7400Q
» Review Uncharted: Legacy of Thieves Collection
Di sepanjang permainan, pemain bisa melihat berbagai petunjuk yang ada. Mulai dari ikon jarak misi utama maupun misi sampingan, petunjuk aktivitas sampingan dengan reward-nya, EXP, sampai tentunya ikon Fast Travel. Pilihan Fast Travel ini sudah ada sejak pemain memulai petualangannya di Yara, dimana pemain bisa berpindah titik lokasi secara cepat tanpa harus berjalan secara manual. Mengingat negara ini memang luasnya tidak tertolong. Jika pemain gemar melakukan grinding, menjalankan misi sampingan, dan mendapatkan berbagai item hingga senjata rahasia, tentunya diperlukan untuk menelusuri lebih dalam di setiap lokasi di Yara, khususnya di rumah-rumah penduduk, sudut-sudut markas tentara, tengah-tengah hutan maupun pekarangan, dan area lainnya.




Adapun dua hal baru yang diperkenalkan di Far Cry 6, yaitu Supremo dan Revolver. Supremo sendiri merupakan ransel yang berisi rudal untuk menyerang target musuh. Menariknya, ketika pemain menggunakannya, perspektifnya berubah menjadi third-person. Perlu diingat bahwa Supremo hadir dengan berbagai macam fungsi. Ada yang bisa menyerang musuh yang berada di dekat pemain, menghancurkan kendaraan, dan lainnya. Jika ingin menggunakan Supremo, pemain perlu mengumpulkan item bernama Depleted Uranium sebagai resource-nya.




Kedua adalah Resolver. Jenis senjata ini memiliki bentuk yang serupa dengan senapan pada umumnya, namun bisa menghasilkan kerusakan yang luar biasa jika digunakan. Seperti Supremo, Resolver sendiri juga hadir dengan berbagai jenis. Ada yang menyerupai Rocket Launcher, senapan tanpa suara atau biasa disebut dengan silent pistol, Flamethrower, dan lainnya. Namun pemain perlu tahu bahwa cadangan peluru yang ditawarkan senjata ini justru tergolong sedikit, sehingga pemain harus menghemat pemakaian atau menggunakannya di waktu tertentu saja. Resource yang dibutuhkan untuk menggunakan Resolver sama seperti Supremo, yaitu Depleted Uranium.




Kustomisasi menjadi hal menarik di Far Cry 6. Bagaimana tidak, semua kosmetik bukan sekadar soal memberikan penampilan terbaik, melainkan memiliki fungsi yang sangat berguna bagi pemain. Misalkan outfit karakter yang dikenakan. Setiap jenis kostum dibekali dengan fungsi buff yang menguntungkan seperti peningkatan kemampuan stealth, menambah slot peluru, mengurangi damage, dan buff lainnya. Tidak hanya datang dari pakaian, melainkan senjata demikian. Far Cry 6 menghadirkan berbagai mods untuk senjata dengan beragam fungsi yang berbeda-beda. Apabila pemain mempersiapkan equipment termasuk mods yang sesuai, maka petualangan pemain juga akan terasa lebih ringan dengan persiapan yang matang tentunya.




Adapun satu keunikan lainnya selain kustomisasi senjata dan armor, yaitu peluru yang dirancang berdasarkan kelemahan setiap musuh. Dengan adanya peluru yang didasarkan pada kelemahan-kelemahan musuh, maka akan memudahkan pemain untuk memilih peluru di kondisi tertentu. Misalkan peluru Blast yang lebih ditujukan untuk menyerang kendaraan, atau Incendiary untuk menyerang lebih banyak musuh, dan masih banyak lagi. Jika ingin menghasilkan daya serangan yang luar biasa, alangkah baiknya untuk mengombinasikan beberapa peluru seperti Anti-Armor dan mods tertentu ke sniper.

Beragam Fitur Menyenangkan




Far Cry 6 menghilangkan salah satu fitur utama yang pernah ada di beberapa seri sebelumnya, yaitu Skill Tree. Sehingga cara terbaiknya untuk meningkatkan kemampuan menyerang dan pertahanan karakter adalah menyesuaikan penggunaan senjata, peluru, mods, hingga armor dengan situasi dan kondisi tertentu. Penting untuk mengeksplorasi secara jauh dan mendalam agar bisa mendapatkan komponen-komponen senjata menarik dan langka.




Meskipun fitur Skill Tree dihilangkan, Ubisoft justru menambahkan sesuatu yang baru di Far Cry 6, yaitu kehadiran berbagai jenis hewan peliharaan. Kapan lagi pemain bisa menjinakkan buaya sebagai hewan peliharaan sekaligus companion untuk menyerang musuh? Di seri-seri sebelumnya, companion hadir dengan wujud manusia. Namun di seri keenamnya justru menggantikan wujud companion menjadi sosok hewan.




Fitur yang dinamai Amigos ini menghadirkan serangkaian jenis hewan seperti buaya, anjing, ayam, panther, hingga robot anjing yang memiliki kemampuannya masing-masing. Misalkan Guapo si buaya, yang bisa ikut menyerang dengan menggigit para musuhnya. Atau si anjing Chorizo yang bisa mengalihkan perhatian musuh, sehingga pemain bisa berkesempatan untuk menyerang mereka. Apabila mereka terkena serangan musuh, pemain tidak perlu khawatir, karena mereka dapat hidup kembali dalam hitungan menit.




Kehadiran misi di Far Cry 6 sebenarnya tidak jauh berbeda dari seri Far Cry sebelumnya. Ada berbagai kegilaan nan brutal yang harus dihadapi oleh pemain. Di tengah menjalankan misi utama demi melanjutkan progress cerita, tidak ada salahnya untuk mengambil misi-misi sampingan atau minigame yang unik. Mulai dari menguasai fasilitas yang ditempati oleh para serdadu pengikut Castillo, menghancurkan reklame, mencari harta karun, merobek poster-poster yang mendukung pemerintahan Castillo, memancing, hingga 'sabung ayam'. Bahkan ada juga yang menggunakan musik sebagai bentuk protes atau pemberontakan.




Ingin memperlambat progress permainan dengan aktivitas sampingan yang menarik? Cobalah untuk mengaktifkan Photo Mode. Kapan lagi pemain bisa mengambil gambar Dani Rojas dari perspektif third-person dengan pose dan background yang keren. Mode foto ini menghadirkan sejumlah setting layaknya kombinasi antara setting kamera dengan aplikasi editor foto. Mulai dari pengaturan pencahayaan, kontras, white balance, blur, dan lainnya. Bahkan pemain juga bisa mengutak-atik pose, ekspresi, merotasi karakter, atau hanya ingin memotret lanskap tanpa karakter juga bisa. Selain itu, fitur mengendarai mobil juga masih ada di sini. Pemain dapat mengendarai mobil-mobil yang tersebar di beberapa lokasi. Developer juga menghadirkan opsi transportasi lainnya seperti menunggangi kuda, mengendarai helikopter, perahu, jet ski, dan lainnya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview