Review

Review Horizon Forbidden West

oleh: Christa

Halaman 2

Tambahan Fitur yang Penuh Aksi




Buat yang pernah memainkan Horizon Zero Dawn, tentu akan merasa cukup familiar dengan gameplay yang ditawarkan di Forbidden West. Akan tetapi dengan versi yang telah banyak disempurnakan dan ditambahkan. Dengan begitu, pemain-pemain baru tidak perlu mengkhawatirkan gameplay, apabila belum pernah memainkan seri sebelumnya. Namun ada satu hal yang mana sebelumnya mekanisme panjat-memanjat membuat frustasi, kini di Forbidden West justru menjadi perhatian besar.

Baca ini juga :

» Rise of the Ronin - Review
» The Last of Us Part II Remastered
» Spider-Man: Across the Spider-verse
» PlayStation VR2
» The Last of Us Part 1 Remake



Dunia yang jauh begitu indah, membuat Forbidden West kaya akan eksplorasi yang bebas. Menampilkan banyak medan berbatu yang dibangun, di situlah Aloy bisa menjalankan aksi pendakiannya ke wilayah yang dituju. Atau bertemu dengan monster-monster mesin lebih ganas, namun dipadukan dengan aksi memanjat pohon yang lebih gesit. Berbicara mengenai mekanisme memanjat, Guerrilla tampak telah bekerja dengan baik untuk memperbaruinya.




Pullcaster, menjadi salah satu mekanisme yang telah ditambahkan di Horizon Forbidden West. Memiliki bentuk layaknya grappling hook, Pullcaster memungkinkan Aloy untuk memanjat lebih cepat ke titik yang lebih sulit dijangkau secara cepat, serta menarik objek keras yang menyatu dengan bebatuan. Bukan soal memanjat, alat ini juga bisa membantu Aloy terhindar dari hambatan atau serangan musuh. Bahkan, Pullcaster dapat digunakan bersama dengan tool lainnya seperti Shieldwing.




Jika Pullcaster berupa grappling hook, Shieldwing justru merupakan glider holographic yang mampu menarik Aloy ke tebing terdekat. Atau juga bisa membuatnya turun dari ketinggian dengan aman, maupun mengejutkan musuh dari atas. Memanfaatkan kedua alat tersebut baik selama eksplorasi maupun battle, membuat gameplay Horizon Forbidden West menjadi lebih bermanfaat dan patut disambut baik oleh para pemainnya.




Memanjat antar tebing atau akar-akar pohon yang bergantung, bukan menjadi kekhawatiran pemain. Pasalnya, pemain akan mudah menemukan banyak Grapple Point di seluruh tempat. Sehingga Aloy bisa bebas untuk memanjat maupun bergerak di lingkungan terbuka yang luas. Di samping itu, Horizon Forbidden West memberikan opsi sistem Free Climbing, yang menggabungkan grapple, berenang, dan aksi lainnya untuk menjadikan pertempuran dan eksplorasi Aloy lebih strategis. Sistem ini juga menjadi nilai plus yang kami sukai, karena mampu menggabungkan berbagai macam aksi yang belum pernah dilakukan di Zero Dawn.




Mengesampingkan mekanisme panjat-memanjat, tidak lupa tool Focus tentunya kembali hadir di Forbidden West dengan versi yang telah ditingkatkan. Sebagai informasi, Focus merupakan perangkat augmented reality di dunia Horizon, yang memungkinkan Aloy mempelajar sekaligus mendeteksi pergerakan mesin, serta mampu merespon terhadap sikap dan suara penggunanya. Focus dapat diaktifkan dengan menekan R3 untuk scanning di sekitar Aloy, menampilkan sumber daya untuk dikumpulkan, dan menyoroti bagian yang dapat dipanjat dengan garis dan tanda kuning.




Lalu seperti apa peningkatan dari tool Focus milik Aloy ini? Pemain memang masih bisa melakukan scan musuh robot dan mengetahui elemen yang dapat dilepas, tetapi kini bisa menggunakan D-Pad untuk lebih berfokus pada elemen-elemen tersebut. Terlebih lagi, pemain juga bisa menandai part tertentu dari robot, bukan hanya secara keseluruhan lagi.

Combat Terlihat Lebih Mulus




Dari segi combat, Horizon Forbidden West juga mendapatkan penyempurnaan dari versi sebelumnya, dan ditambah dengan alat dan kemampuan baru. Seperti Zero Dawn, pemain bisa memanfaatkan workbench untuk meningkatkan senjata maupun kostum dengan membuka perk, slot mod, dan skill baru tentunya. Horizon Forbidden West juga menawarkan level kustomisasi yang lebih tinggi dan kemampuan baru untuk dibuka. Selain itu, sistem Skill Tree masih kembali, yang juga mendapatkan peningkatan dari Zero Dawn. Skill memang masih bisa dibeli dan dibuka saat pemain level up, namun Guerrilla mendesain ulang Skill Tree dengan tambahan tracks dan skill.




Valor Surge menjadi salah satu daya tarik combat yang hadir di Horizon Forbidden West. Ada beberapa jenis Valor Surge yang bisa digunakan Aloy, dan dibuka melalui Skill Tree dengan mengeluarkan Skill Points. Perlu diketahui, masing-masing Valor Surge memiliki efek yang berbeda-beda. Untuk mengaktifkannya, pemain harus mengisi penuh energy bar melalui battle. Ketika bar sudah terisi penuh, maka pemain dapat melancarkan kemampuan Valor Surge yang luar biasa dahsyat.




Guerrilla benar-benar memperhatikan hampir sebagian detail dari game sebelumnya, yang kemudian diimplementasikan mendekati sempurna di Forbidden West. Seperti halnya melee combat yang mengalami peningkatan, khususnya dari segi animasi ketika Aloy melancarkan serangannya. Tidak lagi ada pergerakan kaku maupun patah-patah, penampilan animasinya terlihat mulus dan stabil.




Atau jika pemain ingin melihat pembuktiannya, bisa mencoba kemampuan Resonator Blast. Kemampuan ini menuntut Aloy untuk melakukan charge pada tombaknya dengan serangan cepat secara berturut-turut. Dan ketika mulai bersinar, barulah bisa melancarkan serangan yang sangat kuat. Bahkan, Resonator Blast juga bisa menyebabkan transfer energi ke musuh, menembak mereka dengan busur panah, dan ledakan besar dengan tingkat kerusakan tinggi.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview