Review

Review ROG x EVANGELION EVA-02

oleh: Aeprukmana

Halaman 3

DESAIN

Setelah selesai dirakit dan di setup dengan rapi, bisa terlihat dengan jelas estetika dari PC ini, dominasi warna merah yang sangat mencolok dengan tambahan aksen warna kuning kehijauan.

Tampilan Asuka, EVA-02 dan NERV SYSTEM di hampir semua komponen PC ini semakin menambah keindahan dari PC ini.

Penggunaan komponen kelas high end juga membuat PC Gaming ini tidak hanya enak dilihat tapi performanya juga bisa diandalkan.

Sebelum lanjut ke benchmark, kita ulas terlebih dahulu kenapa kita menggunakan NVIDIA GeForce® RTX™ 4090, kenapa bukan yang lain, Jawabannya sederhana.

Pertama, ini adalah GPU gaming paling kencang untuk saat ini dan paling efisien untuk urusan power draw, kamu bisa perhatikan tabel berikut.

Dengan settingan yang sama dan FPS yang sama, GeForce® RTX™ 4090 hanya membutuhkan daya 50% lebih rendah, jadi cukup jelas bahwa efisiensi GPU ini sangat baik.

Kedua adalah teknologi DLSS3 dan Ray Tracing. Kamu bisa lihat dari komparasi side by side berikut.

Ray Tracing memberikan tampilan visual yang sangat memukau dan bikin game jadi makin immersive. DLSS3 juga memberikan kita FPS yang lebih tinggi dengan kualitas grafis yang hampir tidak terlihat bedanya jika dibandingkan dengan native. Kita jadi bisa menikmati visual yang luar biasa di resolusi tinggi tanpa mengorbankan FPS.

Ketiga ada NVIDIA REFLEX. Ini punya fungsi untuk menurunkan latency di dalam game. Respon kita di dalam game akan menjadi semakin cepat dan realtime, ini akan sangat berguna buat kamu yang bermain game-game kompetitif. Ini juga berfungsi untuk menurunkan latency saat Frame Generation DLSS3 aktif.

Ke empat adalah dukungan Software Nvidia, buat para konten kreator ini akan sangat membantu dalam proses pembuatan konten.

Ada NVIDIA Broadcast, fitur pertamanya ada noise removal, ini bisa menghilangkan suara bising di sekitar kita, lalu untuk kamera webcam NVIDIA Broadcast bisa digunakan untuk auto framing agar wajah kita selalu ada di tengah frame, lalu ada Background Removal untuk menghilangkan background di kamera webcam kita, tidak hanya menghilangkan tapi juga ada fitur mengganti background dengan background virtual bebas yang kita suka, ada Background Blur juga, lalu juga ada fitur yang bisa membantu menghilangkan noise di video yang dalam kondisi low light.

Selanjutnya ada Eye Contact, ini berfungsi untuk membuat mata kita seolah-olah selalu menatap ke arah kamera, ini akan sangat berguna untuk konten kreator yang membuat video sambil membaca narasi tapi tidak ada teleprompter atau streamer yang matanya sering melihat ke arah lain, contohnya melihat ke arah monitor kedua untuk membaca chat.

Buat kamu yang suka menggambar, ada NVIDIA Canvas, ini menggunakan bantuan AI untuk mengubah coretan menjadi sebuah gambar yang style-nya bisa kamu sesuaikan, ini akan sangat cocok untuk mempercepat explorasi konsep menjadi ide yang bisa divisualkan.

Ke lima, adanya dukungan AV1 Encoding dan Decoding. Buat kamu para streamer akan sangat cocok menggunakan ini, karena bisa memberikan hasil yang sama bahkan lebih baik dari encoder format lama seperti H.264 & H.265 tapi dengan bitrate yang lebih rendah, ini karena AV1 punya kompresi dan efisiensi yang lebih baik.

Ke enam, GPU NVIDIA bisa mempercepat workflow kamu dengan berbagai teknologi yang dimilikinya, nanti kamu bisa lihat seberapa cepat GPU ini ketika digunakan untuk render video 4K dan render 3D.

Terakhir adalah Game Ready Driver, kamu bisa menggunakan GeForce® Experience™ untuk mendapatkan driver GPU terbaru dengan mudah, juga informasi-informasi seputar game yang mendukung teknologi terbaru dari GPU NVIDIA. Selain itu juga banyak fitur di GeForce® Experience™ ini yang bisa kamu coba, salah satunya adalah untuk mengoptimasi settingan game yang kamu punya.



Baca ini juga :


» Review Predator Helios Neo 16 PHN16-72 97QT
» Review ROG Zephyrus G16 (2024) GU605 GU605MZ-I948O
» Review MSI Cyborg 14 A13VF
» Review ROG Strix G16 (2024) G614 G614JVR
» Review Acer Nitro V 15 RTX 4050

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview