Release Date22 March 2024
ESRB Rating17+
GenreRPG
Publisher
Capcom

Developer
Capcom

Console
PC, PS5
KOTAK GAME RATING
90
PLAYER RATING
90
BERI RATING
Review

Sekuel Sempurna, Action RPG Open World Yang Luas dan Mencekam - Review Dragon's Dogma 2

Halaman 2

Berpetualang Bersama Si Arisen





Saat pergi dari kota untuk menyelesaikan quest atau memburu monster, Dragon's Dogma 2 akan membuat kamu lebih waspada. Kamu akan berpikir 2 kali untuk pergi tanpa persiapan, karena terbatasnya inventory yang bisa kamu atau Pawn kamu bawa. Hal yang akan sering terjadi adalah jika kamu terlalu banyak membawa potion untuk membantumu melawan musuh-musuh, pergerakan kamu akan menjadi lambat karena adanya weight system pada game ini. Saya harus melakukan hal baik dalam item management dengan tidak membawa item yang tidak perlu atau item-item yang bisa saya buat saat dalam perjalanan. Karena kamu tidak akan tau item apa saja yang kamu temukan saat berpetualang ataupun saat melawan monster-monster di luar sana.

Hal ini sempat terjadi pada saat saya sedang melawan Griffin, karena terlalu banyak item-item recovery yang saya bawa, saya tidak sengaja mengambil item yang berceceran dan membuka chest di area dekat saya melawan Griffin. Ini menyebabkan saya tidak bisa bergerak lebih cepat karena terlalu banyak item yang saya bawa. Walau terkadang membuat saya kesal dengan keterbatasan item yang bisa saya bawa, namun fitur ini justru membuat petualangan menjadi semakin asik karena saya menjadi tidak asal dalam mempersiapkan petualangan sebelum berangkat dari kota.

Namun beberapa jam setelah bermain, kamu akan menemukan item yang sangat berguna untuk hal ini. Item tersebut berupa Ferrystone dan Portcrystal yang bisa kamu gunakan untuk fast travel dimanapun yang kamu dengan beberapa ketentuan yang berlaku.




Pemilihan pawn untuk direkrut bergantung pada dinamika tim yang ingin kamu bangun saat berpetualang. Kamu bisa menentukan apakah mereka dps, support, atau dps yang lebih kejam lagi. Perlu diingat, pawn yang kamu pilih tidak hanya bisa membantu kamu dalam pertempuran tetapi juga dalam menjalan quest atau mengambil item-item berguna yang berceceran.

Saat kamu merekrut pawn, kamu bisa merekrut pawn yang sudah melakukan quest yang berhubungan dengan player lain jika kamu online dan juga pawn-pawn yang sudah disediakan Capcom jika kamu bermain offline yang mengetahui seluk beluk quest tersebut. Mereka mungkin mengingat lokasi harta karun di dunia Arisen sebelumnya dan membawa kamu ke sana, membantu kamu menavigasi misi dengan lancar. Jika tujuan kamu telah diprioritaskan dan salah satu pawn kamu telah menyelesaikannya, mereka akan dengan senang hati membimbing kamu ke tempat yang kamu butuhkan. Kamu tidak harus melakukan segala sesuatunya sendiri, dengan adanya pawn yang membantu kamu, kamu bisa menjelajah tanpa perlu terus-menerus memeriksa peta, menciptakan pengalaman petualangan yang lebih alami dan mendalam.




Meskipun terkadang mereka terlalu banyak berbicara, percakapan mereka membawa kehidupan baru, menciptakan rasa persahabatan dan kerja sama yang seru dalam petualangan kamu sehingga walau kamu tidak bermain bersama player lain, kamu akan dibuat seperti bermain bersama player lain melalui percakapan mereka yang terkadang aneh tetapi asik. Tidak hanya itu, pawn juga memberikan informasi setelah mengalahkan musuh. Jika seorang pawn telah berpengalaman dalam menghadapi suatu monster yang sedang kamu lawan, mereka akan membagikan informasi penting tentang kelemahan dan serangan musuh. Selain itu, kamu dapat memberikan pawn berbagai skill spesialisasi.

Kesimpulan




12 tahun setelah pendahulunya rilis, Dragon's Dogma 2 memberikan pengalaman yang serupa tetapi lebih baik dari segala aspek seperti combat, open-world, NPC, dan juga pawn yang super bawel ini. Walau ada beberapa hal yang kurang dioptimalkan oleh Capcom seperti frame-rate, hal itu sama sekali tidak mengurangi pengalaman bermain saya saat berpetualang sebagai Arisen. Microtransaction yang disediakan oleh Capcom juga bukanlah hal yang sepenuhnya buruk, bahkan hal itu bisa jadi jalan pintas untuk gamer-gamer yang tidak punya banyak waktu untuk memainkan Dragon's Dogma. Untuk mereka yang ingin merasakan pengalaman tanpa menggunakan itupun tidak akan terganggu karena semua hal yang ada pada bagian itu adalah optional.

Secara keseluruhan, Dragon's Dogma 2 adalah pencapaian gemilang dalam dunia gaming. Dengan dunia yang luas, pertarungan yang mendebarkan, dan plot cerita yang mendalam, game ini tidak hanya memenuhi harapan penggemar, tetapi juga melebihi harapan mereka. Ini adalah game wajib bagi gamer yang mencari petualangan tak terlupakan di dunia yang penuh monster dan variasi vocation lengkap yang bisa dicoba.

Dragon's Dogma 2 hadir dipersembahkan oleh Hideaki Itsuno bersama dengan Capcom sebagai sequel dari "cult classic" yang menghasilkan banyak obrolan di internet, fanbase, dan bahkan serial animasi dengan sangat apik. Game ini akan dikenang banyak gamer dengan segala pengalaman yang diberikan dan tentu kita semua akan hidup untuk menceritakan petualangan seru kita sampai di generasi selanjutnya.

Buat kamu yang penasaran, kamu bisa cek lebih detail soal Dragon's Dogma 2 disini.

Kesimpulan Review

Dragon's Dogma 2

90 KOTAKGAME RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Open World yang luas dan bebas
  • Pilihan vocation yang beragam
  • Sistem AI Pawn dan monster yang terus berkembang
  • (-) KEKURANGAN
  • Masih banyak optimisasi yang perlu dilakukan khususnya di PC

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview