NEWS

Hentikan Perdebatan, PlayStation Ungkap Kalau Tombol 'X' Harusnya Disebut 'Silang'

Fadhil Baladraf   |   Senin, 09 Sep 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Tombol dualshock PlayStation hingga sekarang masih diselimuti perdebatan akan bagaimana cara menyebut tombol 'X' dengan benar. Seperti yang kamu ketahui, ada empat tombol utama pada kontroler dualshock yaitu segitiga, kotak, bundar (bisa juga disebut lingkaran), dan....X. Ya, bahkan Kru KotGa sendiri juga menyebut tombol ini dengan satu huruf, walaupun penyebutan ini sebenarnya salah.

Jadi untuk mengakhiri perdebatan berkepanjangan, pihak PlayStation UK belum lama ini mengunggah Tweet mengenai penyebutan keempat tombol dualshock yang seharusnya adalah "Triangle, Circle, Cross, Square." Berdasarkan penjelasan mereka, tombol X bukanlah huruf melainkan simbol "Cross" atau yang seharusnya dalam bahasa Indonesia disebut silang. Untuk melempar pertanyaan, Tweet tersebut juga melempar pertanyaan soal bagaimana cara gamer menyebut tombol lain seperti bundar misalnya, yang memang tetap disebut dengan kata tersebut.

Baca ini juga :

» Beneran Worth-It! 7 Keseruan Eiyuden Chronicle yang Bikin Fans Suikoden Berlinang Air Mata
» Larissa Rochefort akan Cosplay Jadi Eve pada Peluncuran Stellar Blade di Indonesia! Kuota Terbatas
» Deep Rock Galactic: Special Edition Package untuk PlayStation®5 Tersedia di Asia Sekarang!
» Shift Up, Developer Stellar Blade, Cari Rekrutan Baru Untuk Proyek Next-Gen
» Bos PlayStation Jim Ryan Ungkap Jika PS2 Telah Terjual 160 Juta Unit di Seluruh Dunia

Kebiasaan ini memang sudah ada sejak era dulu dimana banyak gamer hanya menyebut tombol silang dengan kata "X," dan menariknya mereka tetap menyebut tombol "O" dengan kata bundar atau lingkaran, padahal mereka juga bisa menyebutnya dengan satu huruf. Sebagai tambahan, salah satu pengguna Twitter juga sempat mengambil foto dari panel dalam dualshock yang memperlihatkan nama dari empat tombol disebut. Semua tombol diberi nama yang sesuai, namun X justru disebut dengan kata "Fork." Sangat aneh memang, namun penyebutan ini mungkin hanya berlaku untuk para teknisi PlayStation.

Jadi apakah kamu juga seperti gamer kebanyakan dan menyebut tombol silang dengan kata X? Walaupun sudah tahu mana yang benar, Kru KotGa rasanya akan sulit membiasakan diri untuk menyebut tombolnya dengan kata silang.

Sumber: PlayStation UK via Twitter

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru