NEWS

AMD Konfirmasi GPU Radeon RX 7000 "Kelas Enthusiast" Baru Akan Diluncurkan Pada Kuartal Ini

Aeprukmana   |   Kamis, 03 Aug 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kartu grafis baru dari AMD akhirnya tiba, tetapi jadwal peluncuran jajaran RDNA3 AMD menghadapi penundaan selama hampir satu tahun. Lisa Su, mengungkapkan rencana perusahaan untuk merilis GPU enthusiast baru di seri Radeon 7000 pada kuartal ini. GPU ini akan mewakili segmen kelas enthusiast dan akan hadir dalam beberapa varian.

Kamu mungkin berasumsi bahwa ini mengimplikasikan pembaruan pada seri RX 7900, tetapi itu tidak sepenuhnya akurat. AMD sendiri mengkategorikan model RX 7900 sebagai 'ultra-enthusiast', menunjukkan bahwa RX 7800 XT yang potensial mungkin masih termasuk dalam kategori 'enthusiast'.

image
Sumber: AMD

Baca ini juga :


» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» [VIDEO] Review SanDisk GamePlay microSD™
» Resiko Gede Tambah Storage? Solusi cepat tepat & aman Gamer! SanDisk GamePlay microSD Gaming Ngebut!
» Gigabyte Siapkan GeForce RTX 4080 SUPER XTREME ICE, Unit Terbatas Cuma 300 Aja!
» Prosesor Intel Lunar Lake MX Digambarkan Pada Platform Referensi, Spesifikasi Dikonfirmasi!

Mengesampingkan kata-kata tersebut, rumor awal menunjukkan bahwa AMD memang berencana untuk meluncurkan seri RX 7800 dan RX 7700 pada akhir kuartal ini. Meskipun alasan pasti penundaan tersebut tidak sepenuhnya jelas, hal ini bisa jadi terkait dengan kelebihan stok model RX 6900/6800 RDNA2 yang akan digantikan oleh kartu-kartu baru ini. Selain itu, mungkin ada masalah dengan penggunaan Navi 32, GPU RDNA3 ketiga yang belum digunakan dalam keluarga RX 7000.

Di sisi lain, AMD baru-baru ini memperkenalkan kartu grafis Radeon RX 7900 GRE, yang terutama menargetkan pasar China. Kartu ini memiliki fitur GPU Navi 31 yang lebih kecil yang disebut XL, yang mengemas lebih banyak core tetapi memiliki ukuran kemasan yang lebih kecil dibandingkan dengan yang diharapkan untuk Navi 32. Masih belum dapat dipastikan apakah GPU ini menggantikan Navi 32 atau hanya dirilis sekali saja.

Sementara itu, jajaran produk NVIDIA saat ini masih tersedia tanpa ada rencana pembaruan lebih lanjut untuk saat ini. Kecuali jika label 'enthusiast' mengacu pada kartu RX 7900+ yang benar-benar baru, NVIDIA tampaknya hanya memiliki sedikit alasan untuk memperbarui jajaran produknya saat ini.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru