NEWS

Jadul Dikit Gak Ngaruh! iPod Keluaran 2001 Masih Segel Pabrik Terjual Rp 441 Juta

Yohanes   |   Rabu, 09 Aug 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kembali terjadi, sebuah barang elektronik jadul yang masih dalam keadaan tersegel laku terjual dengan harga fantastis. Kali ini ada sebuah iPod generasi pertama keluaran tahun 2001 dengan kondisi masih segel pabrik yang sering disebut New Old Stock (NOS), terjual dengan harga 29.000 dollar AS (sekitar Rp 441,2 juta) dalam sebuah lelang. iPod ini dilelang oleh Rally, yakni sebuah platform yang memungkinkan investor untuk membeli saham dari koleksi barang yang langka. Platform ini menaungi 500.000 kolektor dan memiliki museum di Kota New York, Amerika Serikat. Setelah beberapa saat, lelang iPod generasi pertama itu dimenangkan oleh seorang kolektor yang identitasnya dirahasiakan oleh Rally. Awalnya, iPod generasi pertama dengan penyimpanan 5 GB ini dibeli pada Desember 2001 oleh Fred Goodwin dan Betty Goodwin, di Apple Store, Mal Willowbrook, Texas, Amerika Serikat (AS). Pasangan suami istri ini berniat untuk memberikan iPod ini sebagai kado Natal untuk putranya, Joseph.

Baca ini juga :


» Pemerintah Minta Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store China!
» Kabar Baik Bagi user iPhone! Akhirnya Apple Izinkan Benerin iPhone Pakai Part Bekas dari iPhone Lain!
» Apple Akhirnya Izinkan Emulator Masuk ke App Store, Udah Bisa Mainin Game Retro di iOS!
» Apple Tambahkan Fitur Avatar Spatial Persona ke Vision Pro, Bikin Video Call Berasa Ketemu Langsung!
» Ikut Ramaikan April Mop, Nintendo Umumkan Virtual Boy Pro! Sebuah Parodi Headset Apple Vision Pro!




Sumber: Apple


Saat itu, iPod masih dibanderol seharga 399 dollar AS (setara Rp 6 juta). Harga itu setara dengan 690 dollar AS (kira-kira Rp 10,5 juta) pada tahun 2023 akibat inflasi. Joseph pun menerima hadiah iPod itu, kemudian menyimpannya di lemarinya dalam kondisi masih tersegel. Perangkat berwarna putih tersebut disimpan selama hampir dua dekade, bersama dengan kuitansi, cover pelindung hitam, dan tas plastik Apple berwarna biru.



Awalnya pihak Rally membeli iPod tersebut pada 2021 dengan harga 23.000 dollar AS (sekitar Rp 350,1 juta). iPod ini kemudian dipajang di museum Rally di New York untuk menghormati keinginan pemiliknya, yang berharap perangkat tersebut akan masuk ke koleksi barang langka, atau dipamerkan di sebuah institusi. Namun, mayoritas pemegang saham di Rally sepakat untuk menjual gawai itu. Harga iPod ini masih belum bisa mengalahkan rekor penjualan Rally sebelumnya. Rekor tersebut masih dipegang oleh game "Super Mario Bros." keluaran 1985 yang terjual seharga 2 juta dollar AS (sekitar Rp 30,4 miliar).

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru