NEWS

Lineup Desktop Intel Core Generasi ke-14 "Raptor Lake Refresh" Akan Menampilkan 25 SKU

Aeprukmana   |   Sabtu, 09 Sep 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Akhir bulan ini, Intel akan memperkenalkan jajaran prosesor desktop terbarunya, yang dikenal sebagai seri Core Generasi ke-14 atau Raptor Lake Refresh. Sesuai dengan namanya, rilis ini merupakan penyegaran dari model yang sudah ada, dengan perubahan tertentu pada frekuensi dan jumlah core dalam jumlah terbatas.

Meskipun daftar model tersebut mungkin belum lengkap, namun hal ini mengindikasikan rencana ekstensif Intel untuk penawaran desktop barunya. Saat ini, jumlah SKU yang direncanakan mungkin melebihi 27 model.

Baca ini juga :


» Motherboard ASUS AMD 600 Series Kini Mendukung Prosesor Ryzen Generasi Terbaru
» HP Kenalkan HP Care and Gaming Experience Center & The HP Gaming Garage untuk Konsumen Indonesia
» ASUS Republic of Gamers Siap Luncurkan ROG Phone 8 Series Pada 20 Maret 2024
» Makin Kencang! Intel Meluncurkan Prosesor Core i9-14900KS Dengan Clock Hingga 6,2 GHz!
» Tiga Kipas Lebih Baik! Super Ngebut untuk AI, Super Dingin untuk Gaming! Review ROG Strix G16 (2024)

Intel 14th Gen Core Series:

  • 1x KS-Series (150W Unlocked Special Edition)
  • 3x K-Series (125W Unlocked)
  • 3x KF-Series (125W Unlocked & Lacking iGPU)
  • 7x non-K Series (65-46W)
  • 4x F-Series (65W & Lacking iGPU)
  • 7x T-Series (35W)

Jika spesifikasi ini terbukti akurat, jajaran produk Intel berikutnya akan menawarkan prosesor mulai dari 2 hingga 24 core. Dimulai dengan CPU Intel 300, yang menampilkan konfigurasi dual-core dan TDP 46W, tetapi tidak memiliki kemampuan boost. Jajaran produk ini dilengkapi dengan seri Core i3 quad-core, dengan SKU 14100 yang juga dilaporkan tidak memiliki dukungan boost.

Naik ke tingkat Core i5, gamer dapat mengharapkan konfigurasi dengan 6P+4E atau 6P+8E. Bocoran tersebut menunjukkan bahwa Qualification Samples (QS) saat ini menunjukkan berbagai konfigurasi, seperti Core i5-14400, yang dapat menampilkan spesifikasi 10 atau 14 core. Masih belum dapat dipastikan spesifikasi mana yang pada akhirnya akan diadopsi Intel untuk jajaran produk akhir.


Sumber: YuuKi_AnS

Semua SKU ini akan mendukung memori DDR4 dan DDR5. Namun, cukup masuk akal untuk mengasumsikan bahwa produsen motherboard dan integrator sistem prebuilt akan berfokus pada memori DDR5 untuk generasi ini, dan mencadangkan opsi DDR4 untuk SKU Generasi ke-12 dan ke-13 yang akan tetap ada di pasaran untuk beberapa waktu. Harga memori DDR5 telah jauh lebih rendah selama setahun terakhir.

Perlu dicatat bahwa rumor mengenai potensi dukungan memori DDR5-6400 JEDEC pada seri baru ini belum dikonfirmasi. Sebaliknya, jajaran Core Generasi ke-14 yang akan datang akan menggunakan kecepatan 5600 MT/s yang sama, tetapi secara alami akan mendukung memori yang jauh lebih cepat melalui overclocking.

Seperti yang telah diantisipasi, Intel diperkirakan akan memperkenalkan seri baru ini pada tanggal 19 September di acara Innovation. Namun, tanggal ini menandai pengenalan model K dan KF Generasi ke-14, sedangkan seri non-K dan T akan diluncurkan awal tahun depan. Biasanya, Intel mengumumkan seri-seri ini di CES pada bulan Januari. Jika rumor ini benar, model i9-14900KS mungkin juga akan muncul kemudian, mungkin pada akhir Q1, mengikuti pola yang ditetapkan oleh 13900KS. Edisi khusus ini dapat membanggakan boost clock hingga 6,2 GHz, menjadikannya CPU desktop mainstream tercepat dari Intel. Perlu dicatat bahwa SKU khusus ini akan membutuhkan TDP standar 150W.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru