NEWS

[RUMOR] NVIDIA GeForce RTX 50 Series Akan Dilengkapi Fitur DisplayPort 2.1, Menggunakan Node TSMC 3nm!

Aeprukmana   |   Minggu, 19 Nov 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kopite7kimi mengungkapkan detail lebih lanjut mengenai NVIDIA Blackwell untuk para gamer.

Seri RTX 40 tidak memiliki fitur utama seperti kompatibilitas DisplayPort 2.1 dan PCI Express 5.0 pada saat peluncuran. Kedua standar tersebut sudah tersedia dari merek pesaing, seperti AMD, dengan seri RX 7000 dengan DP2.1 atau Moore Threads S80 GPU dengan konektor PCIe Gen5. Inilah saatnya bagi NVIDIA untuk mengejar ketertinggalan.

Sesuai dengan leaker NVIDIA yang terkenal, kopite7kimi, seri yang akan datang akan menampilkan dukungan DisplayPort 2.1. AMD telah mengubah fitur ini pada semua GPU desktop RDNA3 menjadi sebuah kemenangan pemasaran. Seri gaming RX 7000 memiliki implementasi DP 2.1 UHBR13.5 dengan bandwidth maksimum 54 Gbit/s. Sementara itu, model workstation W7000 hadir dengan implementasi UHBR20 penuh dengan bandwidth 80 Gbit/s. Belum jelas versi standar mana yang akan didukung oleh NVIDIA RTX 50 series.

Baca ini juga :


» [RUMOR] Nintendo Switch 2 Akan Dirilis Pada Bulan Maret 2025
» Nvidia Raih Prestasi Luar Biasa! Jadi Perusahaan Senilai 2 Triliun USD Berkat Dominasi di Bidang AI
» Melihat Masa Depan di GTC 2024! NVIDIA akan Ungkapkan Terobosan Terbaru AI dan Robotika
» Nvidia Luncurin Fitur Baru Chat with RTX, Kamu Jadi Bisa Bikin ChatGPT Versi Sendiri!
» NVIDIA Merevolusi Dunia iCafe dengan Platform RTX yang Powerful

Modifikasi fisik untuk seri RTX 50 mungkin akan meluas lebih jauh, karena diperkirakan seri ini juga akan menampilkan interface PCIe Gen5 dan konektor 16-pin terbaru yang dikenal sebagai 12V-2×6. Tidak jelas apakah model kelas menengah hingga entry-level akan terus menggunakan konektor 8-pin standar, tetapi tidak adanya konektor 6-pin pada seri RTX 40 mungkin merupakan langkah pertama untuk menyingkirkan standar lama.

Kopite menambahkan bahwa seri Blackwell GB20x berikutnya akan menggunakan teknologi proses TSMC 3 nm. Tidak disebutkan apakah kita harus mengharapkan node 3N khusus, atau salah satu node yang tersedia yang akan dikirimkan dalam jumlah banyak di masa depan (seperti N3E/N3P/N3X). Dua bulan yang lalu, rumor mengenai penggunaan node 3 nm untuk seri Blackwell HPC sudah beredar, jadi jika klaim ini ternyata benar, foundry yang sama akan digunakan pada seri gaming. Perlu dicatat bahwa AMD, Intel, MediaTek, dan Qualcomm juga akan mengadopsi produk mereka untuk node 3 nm dari foundry yang sama.

Saat ini, Blackwell gaming belum memiliki tanggal rilis. Namun, NVIDIA yakin akan mulai mengirimkan GPU HPC Blackwell akhir tahun depan, sehingga seri gaming akan segera menyusul. Kita bisa mengharapkan lebih banyak lagi bocoran saat chip gaming GB20x berikutnya mulai dirilis dan spesifikasinya sudah final, kopite7kimi akan menjadi salah satu yang pertama kali melaporkannya.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru