NEWS

Ada Game atau Tokoh Favoritmu? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2023!

Junior Cesaerea   |   Kamis, 21 Dec 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Halo teman-teman,

Event KotakGame Awards 2023 telah selesai digelar.

Kali ini, Master dan kru KotakGame akan mengumumkan pemenang atau para penerima penghargaan KotakGame Awards 2023.

Di KotakGame Awards, terdapat tiga jenis kategori penghargaan, yaitu Mobile & Esports, PC & Console, dan Game Related atau yang masih berhubungan dengan game.

Berikut adalah pemenang dari KotakGame Awards 2023, penasaran kan? Simak artikel berikut ini ya!

1.Mobile & Esports


Best Esports Tournament: MPL ID
Salah satu turnamen bergengsi dengan penonton yang ramai dan rutin ada setiap tahun tanpa ada penurunan hype. MPL ID pada tahun 2023 sendiri bisa dikatakan memiliki kemajuan yang sangat pesat. Bagaimana tidak, dari season ke season mereka selalu memiliki jumlah penonton yang selalu meningkat setiap seasonnya, ditambah lagi pada MPL ID Season 12, ada tim baru yakni Dewa United yang ikut meramaikan persaingan perebutan gelar juara turname tertinggi Mobile Legends di Indonesia ini.

Nah selain dari hal tersebut, MPL ID juga selalu memiliki peningkatan prize pool hingga pada season 12 memiliki prize pool sebesar 5 Miliar Rupiah!

Best Esports Team: Onic Esports
Menjadi salah satu tim terkuat di Indonesia dan banyak prestasi baik di turnamen lokal maupun internasional. Prestasi terbaru Onic pada 2023 adalah sebagai juara pada MPL ID Season 11 & 12, juara MSC 2023 serta Runner Up di M5 World Championship.

Onic Esports juga mencetak sejarah threepeat alias menang tiga kali berturut-turut pada MPL ID S10, S11, dan S12.

Best Esports Pro Player (Male): Onic SANZ
Memiliki jam terbang dan prestasi yang tinggi di Indonesia serta perkembangan karir dan kemampuan selama ini. Selain segudang prestasi bersama Onic Esports, SANZ juga memiliki pencapaian pribadi seperti Regular Season MVP dan Final MVP di MPL ID S11 serta Group Stage Day 5 Star di M5 World Championship.

Best Esports Pro Player (Female): SMG ENERI
Sukses menjadi pemain Indonesia di tim luar dengan kemampuan yang tidak bisa diragukan dan bersaing dengan pemain internasional. Enerii sudah memenangkan 11 turnamen Valorant Champions Tour Game Changers APAC, dinobatkan sebagai pemain Game Changers Asia terbaik kedua di tahun 2023 serta bersama timnya sudah menjadi VCT 2023: Game Changers APAC Elite.

Best Esports Coach: Coach Yeb
Selalu berhasil mengantarkan tim yang dibimbingnya mendapatkan banyak prestasi dan menjadi tim yang ditakuti oleh pesaingnya. Selain pencapaian bersama Onic Esports, Coach Yeb juga berturut-turut dinobatkan sebagai Best Coach di MPL Indonesia Season 11 dan Season 12.

Best Esports Person of The Year: Azwin Nugraha alias Om2Moonton
Sebagai jembatan komunkiasi antara player MLBB dan developer (Moonton), Om2Moonton alias Azwin Nugraha telah berhasil mengakomodir untuk memberikan konfirmasi berita terkait Mobile Legends, info mengenai para pro player dan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam skema industri gaming terutama esports dan turnamen.

Best Shoutcaster and Analyst: RANGER EMAS
Memiliki semangat dan suara yang khas serta pengetahuan yang tinggi dalam teknis gamenya dan selalu bisa membawa setiap pertandingan jadi lebih menarik, menegangkan dan emosional.

Ranger Emas merupakan southcaster pada berbagai turnamen bergengsi MLBB pada tahun ini seperti M5 World Championship (Bahasa Indonesia), dan MPL Indonesia Season 12.

Best International Esports Player: T1 Faker
Sering disebut sebagai GOAT di dunia Esports dan memiliki banyak pengalaman serta prestasi yang tidak bisa diikuti oleh kebanyakan pro player.

Prestasi Faker tidak hanya diakui oleh mereka yang berada pada bidang Esports, Faker berhasil mendapatkan ucapan langsung oleh Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol atas kemenangannya di League of Legends Worlds Championship 2023.

Best Esports Game: Mobile Legends: Bang Bang
Sebagai game sejuta umat gamer Indonesia dan selalu menjadi top three game paling populer dengan 500+ juta download di playstore. Game esports paling banyak pemain dengan komunitas yang solid dan turnamen dengan penonton yang selalu ramai.

Dengan diadakannya MPL (Regional) sejak 2018 - 2023, MSC (SEA) sejak 2017 - 2023, dan M-Series (World) sejak 2019 - 2018, MLBB selalu menghiasi skena esports dunia khususnya game mobile.

Best Mobile Game 2023 / Mobile Game of the Year: Honkai Star Rail
Memiliki gameplay yang seru dan menghidupkan kembali genre turn based di mobile dengan grafis dan story yang sangat ok dan player-base yang ramai.

Honkai Star Rail memiliki skor yang baik yaitu 4.3 di PlayStore dan 4,6 di AppStore dan sudah berhasil meraih 10+ juta download dalam waktu 6 bulan serta tidak pelit bansos karena selalu memberi free 10 gacha setiap update serta karakter *5 gratis karena telah memenangkan beragam award pada tahun ini.

PC & Console Gaming


Best Horror PC/Console Game: Resident 4 Remake
Resident Evil 4 dibangun kembali dari awal, sama seperti tiga game pertama dalam seri ini. Memiliki visual modern dan fitur gameplay baru, seperti beberapa gerakan baru yang dapat digunakan Leon untuk melawan musuh atau misi sampingan yang dapat kita selesaikan jika kita menginginkannya. Resident Evil 4 Remake sudah memiliki penjualan lebih dari 5.5 juta kopi pada 3 bulan setelah perilisannya dan mendapatkan skor 93 di Metacritic.

Best Fighting Games: Street Fighter 6
Menghidupkan kembali game fighting Street Fighter yang sudah eksis sejak 36 tahun lalu pada 30 Agustus 1987 dengan gaya baru dan sistem baru, Street Fighter 6 memberikan ruang lebih banyak untuk pemain dalam memainkan karakter favorit. Street Fighter 6 memiliki 70.540 peak player di Steam dan sudah mendapatkan 1 juta penjualan dalam satu bulan pertama. Street Fighter 6 juga sudah menjadi game kontestan di EVO 2023.

Best Sports / Racing Games: EA Sports FC 24
Sebagai game yang mengambil olahraga paling populer di dunia dengan pemain dan tim asli serta grafis yang mencengangkan, juga memiliki berbagai mode yang terus ditingkatkan. EA Sports FC 24 langsung mendapatkan 82.287 pemain yang bermain bersamaan saat awal perilisan di Steam dan memiliki 933.000 follower di Twitch.

Best Multiplayer Games: Lethal Company
Lethal Company telah menghasilkan sensasi atau hype yang sangat tinggi dari mulut ke mulut. Game ini sudah memiliki lebih dari 130.000 ulasan dan memegang peringkat “Sangat Positif” di Steam. Lethal Company langsung mendapatkan review "overwhelmingly Positive" di Steam dan mencapai peak player sebanyak 240.817 pemain di bulan Desember.

Best Shooter Games: Cyberpunk 2077: Phantom of Liberty
Cyberpunk 2077: Phantom Liberty bukan hanya sebuah eksapnsi terbesar yang dirilis oleh CD Projekt RED, tetapi juga salah satu masterpiece terbaik. Kualitas penceritaan, arahan seni, dan desain level di Phantom Liberty luar biasa, bahkan jika dibandingkan dengan game basicnya. Hanya dalam waktu seminggu, Cyberpunk 2077: Phantom Liberty telah mencapai 3 juta penjualan!

Baca ini juga :

» Klarifikasi Isu Kepergian Yawi, Reza Pahlevi: Saya Yakin Dia Masih Bisa Main di Playoffs!
» Cabut dari Paper Rex, Monyet Resmi Berseragam Team RRQ Untuk VCT Pacific Stage 2!
» Drama Hingga Match Akhir, RRQ Hoshi Akhirnya Lolos ke Playoffs MPL Indonesia Season 13!
» ASUS Luncurkan Kipas Case TUF Gaming TR120 ARGB
» Terlihat di Gaming House Dominator Esports, Kamisama InYourDream Pindah Haluan ke HoK?

Best RPG: Baldur’s Gate 3
Dengan kebebasan yang hampir tidak terbatas mulai dari pembuatan karakter, pemilihan jalur cerita, hingga pertarungan, Baldur’s Gate 3 cocok menjadi sebuah definisi dari Role Playing Game.

Baldur's Gate 3 memiliki 7 companion quest, puluhan side quest serta sekitar 17.000 ending yang bisa ditemui.

Indonesia Game of the Year: a Space for the Unbound
Menjadi inovasi yang mengejutkan dari developer lokal dengan jalan cerita yang baik, soundtrack yang memainkan perasaan dan grafis pixel art yang memanjakan mata serta berhasil mendapatkan pengakuan dari dunia game internasional.

A Space for the Unbound telah mendapatkan skor 85 di Metacritic dan menjadi game Indonesia pertama yang masuk nominasi The Game Awards kategori Games for Impact dan memenangkan Indonesia Game Award sebagai Best Visual dan GOTY.

Best Action/Adventure: Marvel's Spider-Man 2
Dengan grafis yang memukau, dunia open world New York yang lebih luas, dua Spider-Man yang dapat dimainkan, dan pertarungan yang mengesankan, game ini tidak hanya memenuhi harapan, tetapi juga memperluas ketenaran Spider-Man ke level yang lebih tinggi. Game ini juga mendapatkan antusias yang besar oleh fans sekaligus streamer dan gamer.

Marvel's Spider-Man 2 berhasil mendapatkan penjualan sebanyak 2,5juta hanya dalam waktu 24 jam dan memiliki skor Metacritic sebesar 90!

PC/Console Game of the Year: Baldur’s gate 3
Memperlihatkan dunia yang menakjubkan dan imajinatif, juga menampilkan kehadiran pemain dengan cara yang jelas dan mengejutkan. Karakter non-pemain yang beragam dan bersifat magnetis, kompleks, dan storyline ditulis dengan sangat cemerlang.

Baldur's Gate memiliki banyak prestasi diantara lain sebagai game terlaris di Steam dan GOG pada hari peluncuran dengan 537.000 pemain di Steam dan telah menjadi game nomor 1 di Metacritic pada tahun 2023 dengan skor 96.

Game Related


Best Handheld Console: ROG Ally
Memiliki fleksibilitas yang tinggi dan fungsionalitas tinggi yang membuatnya menjadi handheld serba bisa. Memiliki pilihan aksesoris yang tinggi serta komunitas yang ramai dengan 8.500 member pada grup Facebook resmi mereka.. Selain itu, ROG Ally juga memiliki garansi resmi di Indonesia. ROG Ally telah terjual 7.000 unit hanya dalam waktu 4 bulan setelah perilisannya.

ROG berhasil menduduki peringkat pertama sebagai merk yang menjual laptop 16 inci 20 jutaan keatas terbanyak di Indonesia pada tahun 2023. ROG juga telah memenangkan beragam penghargaan seperti 2024 Taiwan Excellence Award (ROG Strix 16) dan iF Design Award 2023 (ROG Flow Z13) serta Best Laptop for Gaming di Indonesia Gadget Award 2023 (ROG Zephyrus Duo 16 GX650)

Best Gaming Monitor Brand: BenQ ZOWIE
BenQ ZOWIE selalu meluncurkan monitor gaming dengan teknologi yang luar biasa. Kita akan selalu dikejutkan dengan kualitas dan performa ZOWIE dalam meningkatkan gameplay kita dalam bermain video game selama berjam-jam namun tetap ramah dan nyaman di mata, juga kejernihan warna dan tampilan grafis yang sempurna.

BenQ ZOWIE telah menjadi ESL Pro League 15 official partner dan mendapatkan penghargaan sebagai monitor yang paling banyak dipakai pro player untuk game CS:GO.

Content Creator of The Year: Windah Basudara
Dengan nama baik dan ketenaran yang tidak dapat dipungkiri lagi, selain memiliki gaya khas saat stream dan fans yang solid serta hardcore, Windah Basudara juga semakin populer dengan banyak charity dan event yang diselenggarakan pada tahun ini.

Windah Basudara telah memiliki 12,1 juta subscriber yang membuatnya selalu sukses mengadakan event amal seperti non-stop streaming yang berhasil mendapatkan donasi sebesar 1 miliar Rupiah. Pada 2-3 Desember lalu, Windah Basudara juga telah sukses mengadakan Motion Ime yang dimana keuntungan eventnya diberikan sebagai amal untuk pendidikan sekolah alam di Papua.

Cosplayer of The Year: Larissa Rochefort
Selalu tampil profesional, hands up banget dengan penampilan detail kostumnya yang menyerupai dengan character yang diperankan. Photogenic dan ekspresif di setiap hasilnya.

Larissa memiliki 634 ribu followers dan telah melakukan cosplay berbagai karakter dari game seperti Honkai Star Rail, Genshin Impact, Resident Evil, League of Legends, Valorant, dsb. Larissa juga hampir tidak pernah absen dari berbagai event besar baik di tanah air sampai manca negara seperti Thailand Game Show.

Best Indonesia Game Store: PSE
Gaming store paling lengkap, murah, self service dan pelayanan sangat ramah, bisa nego minta diskon, juga sudah senior dalam dunia penjualan game.

PSE Game Shop telah berdiri selama 20 tahun dan telah mengadakan community gathering untuk gamers serta sering hadir di berbagai pameran bergengsi.

Best Gaming Peripheral Brand: ASUS ROG
Selalu menghadirkan produk yang berkualitas, inovatif, dan support banyak device serta lebih mudah digunakan. Desainnya juga mewah dan futuristik membuat ASUS ROG berada di atas saingannya.

Asus ROG telah memenangkan iF Design Awards 2023 sebgai Best of Gaming/VR/AR 2019-2023. Serta telah memenangkan 44 kategori di Red Dot Product Design Awards.

Best Top up Center: UniPin
Sebagai salah satu tempat Top Up yang memiliki katalog lengkap dan banyak promosi rutin serta kemudahan akses dan transaksi.

Unipin telah menjadi banyak sponsor berbagai turnamen esports dan memiliki turnamen esports mereka sendiri seperti UniPin Southeast Asia Cyber Arena.

Best Productivity Laptop/Brand: HP
Memiliki variasi laptop yang cukup lengkap untuk segmen bisnis dan pendidikan. Build quality juga salah satu yang terbaik serta banyak memiliki variasi ultra thin laptop yang memudahkan mobilitas.

Pada April 2023, HP telah mendistribusikan lebih dari 12 juta unit dengan penguasaan pasar sebesar 21,1%. HP juga telah memenangkan iF Design Awards sebagai Best Computer.

Best Gaming Smartphone Brand: iPhone
Memiliki kualitas tinggi, sehingga jarang ditemukan cacat produk dengan desain yang premium dan ikonik. iPhone menjadi satu-satunya smartphone yg mendukung game AAA secara native!

Banyak pro player dan streamer yang menggunakan iPhone sebagai device andalan mereka saat sedang bermain game karna bergaam kelebihannya. iPhone, dengan iPhone 14nya telah memenangkan 2023 Global Mobile Award pada kategori Best Smartphone.

Best Gaming PC/Laptop Brand: Republic of Gamers
Lineup product variatif, selalu ada inovasi di setiap seri barunya, spesifikasi dan build quality kelas atas membuat Republic of Gamers menjadi laptop gaming diatas rata-rata.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru