NEWS

Waduh! Fans Apex Legends Tuduh Developer Pakai AI buat Event kolaborasi Final Fantasy VII Rebirth

Rahmat Handiko    |   Senin, 08 Jan 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Para fans Apex Legends heboh di media sosial menuduh developer menggunakan AI untuk beberapa bagian di video Final Fantasy 7 Rebirth.

Apex Legends mengungkapkan acara kolaborasi dengan Final Fantasy 7 Rebirth di The Game Awards 2023 pada tanggal 7 Desember 2023.

Event kolaborasi ini dimulai pada tanggal 6 Januari 2024, dan developer telah merilis video trailernya untuk menarik para player dan fans.

Namun, beberapa fans mengklaim bahwa developer menggunakan AI dalam beberapa materi promosi tersebut dan menggunakan media sosial untuk mengecam praktik tersebut.

Baca ini juga :


» Bocoran Legend Baru di Apex Legends Season 21: Alter. Bisa Bikin Portal, Apakah Mirip Wraith?
» Para Player Boikot Game Apex Legends Karena Kecewa EA Udah Layoff 670 Karyawan!
» Google Ikut Rayakan Rilisnya Final Fantasy VII Rebirth! Ada Easter Egg di Search Engine Google!
» Preview Final Fantasy VII Rebirth - Masterpiece JRPG Yang Terlahir Kembali
» Interview Final Fantasy VII Rebirth - Menjawab Masalah Balancing Karena Banyaknya Side Quest

Diskusi tentang AI ini dimulai ketika Art Director dan Desainer Thorsten Denk menuduh tim developer menggunakan AI untuk menciptakan seni interstitial selama trailer baru-baru ini.

Pada postingannya di X, Denk mengatakan, "Apex Legends/EA menggunakan AI dan bukannya membayar artis untuk promo art mereka sungguh menyedihkan. Kotak Pandora benar-benar telah dibuka dan menurut saya, kita secara kolektif telah memutuskan untuk merendahkan jiwa manusia demi keuntungan."

Digital Artist ini membagikan dua screenshot dari trailer Apex Legends x FF7 Rebirth, yang menampilkan Valkyrie dan Wattson. Dalam postingannya, Denk melingkari beberapa elemen dari karya seni tersebut untuk menunjukkan dugaan penggunaan AI.

Banyak artis dan anggota komunitas game yang membalas tweet awal dengan pemikiran mereka tentang situasi tersebut.

Artis Komunitas Rainbow Six Siege, Elevate KOOBI mengatakan, "Saya belum pernah mendengar tentang hal itu sampai sekarang 🙁 Terutama sangat menyedihkan ketika Anda tahu bahwa mereka telah bekerja sama dengan artis berbakat seperti IFrAgMenTIx di masa lalu."


Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru