NEWS

AMD Konfirmasi APU "Strix Halo" Dikabarkan Akan Membawa Up To 16 Core Zen5 & 40 CU RDNA3.5

Aeprukmana   |   Rabu, 24 Jan 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Strix Halo bukan lagi rumor. Menurut patch untuk ROCm, platform open-source AMD untuk komputasi GPU, kode GFX1150 dan GFX1151 yang telah disebutkan sebelumnya sekarang tidak diragukan lagi mengacu pada seri Strix. Terlebih lagi, AMD mengonfirmasi bahwa Strix Halo memang akan hadir.

Meskipun patch tersebut tidak memberikan informasi rinci, namun mereka mengungkapkan bahwa silikon Strix Point awal dilabeli sebagai STRIX1, mengikuti konvensi penamaan PHOENIX1. APU Strix Point, yang dirancang untuk laptop generasi mendatang, merupakan silikon mainstream, sedangkan STRIX HALO bertujuan untuk menjadi pesaing AMD untuk Apple M-series.


Sumber: AMD

Kedua produk ini akan menampilkan mikroarsitektur Zen5 dengan arsitektur grafis RDNA3.5 yang telah diperbarui. Selain itu, seri Strix diharapkan untuk menggabungkan akselerator AI XDNA2 baru, meningkatkan performa komputasi hingga 45-50 TOPS. Ini merupakan peningkatan yang signifikan dari Hawk Point, yang diproyeksikan menawarkan 16 TOPS, dan setidaknya empat kali lipat kemampuan Phoenix (10 TOPS).

Strix Halo, yang dikategorikan sebagai APU dengan pengalaman elit diyakini memiliki hingga 16 core Zen5 dan hingga 40 Compute Unit. Ini bukanlah APU berdaya rendah, melainkan pengganti CPU dan GPU bertenaga yang dikemas dalam satu unit. Meskipun detail mengenai peningkatan RDNA3.5 belum dikonfirmasi oleh AMD, diharapkan silikon tersebut akan menampilkan lebih banyak core RDNA dibandingkan Radeon RX 7600 XT yang akan datang, yang kabarnya mencapai hingga 40 Compute Unit. Namun, APU tersebut akan memiliki batasan pada seberapa besar daya yang dapat digunakan. Diperkirakan APU tersebut dapat menggunakan antara 55 dan 120 watt, yang tentunya akan mempengaruhi performanya.


Sumber: AMD

Baca ini juga :


» Kolaborasi Dengan Free Fire, Itel Meluncurkan Hape Gaming Murah Itel RS4!
» Laptop AI Tertipis & Teringan di Dunia, ASUS Zenbook S 13 OLED, Mendarat di Indonesia
» Komitmen Dukung Penuh Gamer, Gigabyte Aorus Merilis Deskmat Dengan Nuansa Alam!
» Qualcomm Snapdragon X Elite Menjalankan Baldur's Gate 3 Di 1080p Dengan 30 FPS!
» Youtuber Ini Buktikan Kenapa Air Flow Berpengaruh Besar Terhadap Performa PC Desktop!

AMD secara resmi mengumumkan bahwa arsitektur Zen5 akan diluncurkan tahun ini, tetapi perusahaan belum mengkonfirmasi produk mana yang akan diluncurkan. Spekulasi terbaru menunjukkan bahwa seri Strix mungkin akan memulai debutnya tahun ini, meskipun kemungkinan besar setelah seri desktop. AMD baru saja mengumumkan seri Ryzen 8040 "Hawk Point", sebuah pembaruan kecil untuk chip mobile Phoenix. Chip tersebut, yang mungkin bertindak sebagai perantara antara Phoenix dan Strix Point, akan diluncurkan pada kuartal ini.


Sumber: Moore's Law is Dead

Strix Halo pertama kali disebutkan oleh Moore's Law is Dead, yang juga mengungkapkan bahwa seri ini mungkin akan diluncurkan pada tahun 2025. Hasilnya, Strix Halo bisa saja diluncurkan di bawah seri Ryzen 9000, atau kelas chip yang sama sekali baru. Seri Halo akan memungkinkan AMD untuk bersaing dengan Apple M-series dan membentuk kategori produk baru untuk sistem form factor kecil kelas atas, termasuk Mini-PC gaming tanpa grafis diskrit.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru