NEWS

Epic Berlakukan Biaya Langganan Tahunan Buat yang Bukan Developer Game Kalau Mau Pakai Unreal Engine

Rahmat Handiko    |   Kamis, 14 Mar 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Epic Games telah mengumumkan rencana baru untuk struktur harga Unreal Engine, mengikuti perubahan yang telah mereka ungkapkan tahun lalu. Dalam pengumuman terbaru, perusahaan pengembang Fortnite ini menetapkan biaya langganan tahunan sebesar $1.850 untuk pengguna di luar industri game. Konsep "per seat" di sini mengacu pada pengguna individu atau entitas yang menggunakan perangkat lunak Unreal Engine. Perubahan ini akan mulai diterapkan seiring dengan perilisan Unreal Engine 5.4 yang dijadwalkan pada akhir April.

Meskipun Unreal Engine secara tradisional digunakan sebagai alat pengembangan game, penggunaannya semakin meluas di berbagai industri. Oleh karena itu, struktur harga baru ini berlaku untuk pengguna di luar industri game. Perusahaan yang fokus pada pembuatan konten linear, seperti acara TV dan film, juga harus membayar biaya langganan tahunan sebesar $1.850.

Demikian pula, organisasi yang mengembangkan platform infotainment untuk mobil atau pengalaman imersif, seperti wahana di taman hiburan, juga akan dikenakan biaya yang sama. Epic mengklaim bahwa sebagian besar pengguna ini sebelumnya tidak memberikan pendapatan yang signifikan kepada perusahaan, mengingat produk akhir mereka tidak selalu menghasilkan royalti, seperti yang diungkapkan oleh Sweeney tahun lalu.

Baca ini juga :


» Dev. Indonesia Pamer Konsep Game Action Yang Terinspirasi dari The Raid dengan nama Condemned!
» Dampak Layoff, Studio Developer Game Relic Entertainment Pisah dari SEGA dan Kembali Indie
» Meta, Microsoft, X dan Match Group Gabung dengan Epic Games Buat Nuntut Kebijakan Payment Apple!
» Epic Games Menang! Epic Games Store Bakal Masuk ke Android dan iOS!
» Denuvo Umumkan Teknologi Watermark Untuk Developer Game Biar Gampang Buat Melacak Leaker!

Biaya langganan tahunan memberikan akses kepada pengguna untuk Unreal Engine itu sendiri serta alat visualisasi waktu nyata Twinmotion dan perangkat lunak pemodelan 3D RealityCapture. Namun, pengguna juga memiliki opsi untuk membeli lisensi terpisah untuk setiap produk. Twinmotion akan dikenai biaya $445 per tahun, sementara RealityCapture akan memiliki biaya langganan tahunan sebesar $1.250.

Namun, ada beberapa pengecualian dari struktur harga ini. Perusahaan dengan pendapatan kotor tahunan kurang dari $1 juta tidak akan dikenakan biaya langganan. Hal yang sama berlaku untuk pelajar, pendidik, dan penghobi yang menggunakan Unreal Engine untuk keperluan pribadi atau edukasi. Perusahaan yang mengembangkan plug-in untuk Unreal Engine masih dapat menggunakan perangkat lunak tanpa biaya, tetapi mereka akan membagi pendapatan dengan Epic melalui model bagi hasil.

Sementara itu, para pengembang game, produk utama Epic, akan tetap memiliki akses gratis ke Unreal Engine. Mereka hanya harus membayar royalti sebesar lima persen untuk perangkat lunak yang menghasilkan lebih dari $1 juta pendapatan kotor seumur hidup. Epic telah memperluas batas pembayaran royalti bebas dari $50.000 menjadi $1 juta pada tahun 2020.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru