NEWS

Google: Smartphone Wajib Punya RAM Lega Untuk Menjalankan AI Dengan Lancar!

Aeprukmana   |   Rabu, 03 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Google telah membawa model AI Gemini-nya ke sejumlah Pixel pada awal 2024, tetapi tidak semua ponsel dapat menjalankan model bernama Gemini Nano tersebut, termasuk Pixel 8. Pada saat itu, Google hanya menyebut adanya keterbatasan hardware yang membuat Gemini Nano tidak bisa berjalan di Pixel 8. Baru-baru ini, Google mengungkap bahwa keterbatasan itu terletak pada bagian RAM.

Dalam podcast terbaru Made by Google, Wakil Presiden Perangkat dan Layanan Perangkat Lunak Google, Seang Chau, menyatakan bahwa Pixel 8 Pro dengan RAM 12GB adalah platform yang paling cocok untuk menjalankan Gemini Nano. Sementara itu, Pixel 8 hanya dilengkapi dengan RAM 8GB, dan Google tidak ingin mengurangi pengalaman pengguna dengan memaksa model AI-nya untuk beroperasi pada perangkat dengan RAM 8GB.

Baca ini juga :


» Makin Ngeri! Seorang Engineer Di China Pamerkan AI Deep Fake Jadi Cewek Cantik!
» Apple Semakin Terpuruk Di China, Huawei Terus Naik Menuju Puncak Pasar!
» Kolaborasi Dengan Free Fire, Itel Meluncurkan Hape Gaming Murah Itel RS4!
» Ngeri! AI Cuma Butuh 15 Detik Aja Buat Niru Suara Kamu! Potensi Disalahgunakan Sangat Tinggi!
» UL Luncurkan Image Generation Benchmark AI Seharga 80 Juta Rupiah Untuk GPU Berdasarkan Model Stable Diffusion

Namun, Google kemudian berubah pikiran dan mengumumkan bahwa Gemini Nano juga akan dirilis untuk Pixel 8, namun dengan syarat khusus. Yaitu, hanya dapat diakses melalui "developer option". Dalam podcast tersebut, Chau menjelaskan bahwa beberapa fitur berbasis AI yang ada di Gemini Nano akan disimpan di RAM secara permanen, seperti fitur smart reply. Hal ini bertujuan agar fitur tersebut dapat diakses secepat mungkin saat dibutuhkan oleh pengguna.

Meskipun sebelumnya Google menyatakan bahwa Gemini tidak akan disimpan secara permanen di RAM, baik di Pixel 8 maupun 8 Pro, kecuali pengguna mengaktifkan developer flag untuk fitur tersebut. Oleh karena itu, saat diaktifkan, beberapa fitur seperti smart reply akan menempati RAM secara permanen saat ponsel sedang menyala, meskipun Gemini Nano tidak sedang digunakan. Hal ini mengakibatkan kapasitas RAM yang tersisa untuk keperluan lain akan berkurang. Inilah alasan mengapa Google awalnya ragu untuk merilis Gemini Nano di Pixel 8 yang hanya dilengkapi dengan RAM 8GB.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru