NEWS

Apple Semakin Terpuruk Di China, Huawei Terus Naik Menuju Puncak Pasar!

Aeprukmana   |   Kamis, 25 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Posisi Apple di pasar ponsel China mengalami penurunan drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara Huawei semakin menguat dan hampir menyalip Apple. Menurut laporan Counterpoint Research, penjualan iPhone di China turun 19% pada kuartal pertama tahun 2024, mencatat performa terburuk Apple di China sejak tahun 2020.

Pangsa pasar Apple di China merosot menjadi 15,7% pada Q1 2024, membuatnya turun ke peringkat tiga dalam pasar ponsel China. Hal ini berbanding terbalik dengan posisinya pada periode yang sama tahun sebelumnya di mana Apple memimpin dengan pangsa pasar 19,7%. Sementara itu, penjualan Huawei melonjak 70% dan berhasil menduduki posisi keempat dengan pangsa pasar yang naik dari 9,7% menjadi 15,5%.

Baca ini juga :


» Game AAA di Appel iOS Gak Laku! Apple Gaming Salah Strategi?
» Siap Lawan Samsung! Xiaomi Perkenalkan Mix Flip! Hape Layar Lipat Pertama Xiaomi!
» Mirip Nokia N9, HMD Skyline Hape Android Yang Gampang Di Bongkar Pasang!
» Manusia Udah Gak Kepake Lagi! Pabrik Xiaomi Ini Semuanya Pake AI! Bisa Jalan Non-Stop!
» Apple Klaim Browser Safari Jauh Lebih Aman Dibandingkan Google Chrome!

Menurut Senior Research Analyst Counterpoint Research, Ivan Lam, penurunan penjualan Apple pada kuartal ini disebabkan oleh kembalinya Huawei yang berdampak langsung pada segmen premium. Dia juga menambahkan bahwa permintaan penggantian untuk Apple sedikit menurun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Lam optimis bahwa Apple masih memiliki kesempatan untuk bangkit di China dengan strategi baru seperti menawarkan pilihan warna baru untuk iPhone, diskon besar-besaran, dan fitur kecerdasan buatan yang baru akan diperkenalkan di event WWDC 2024.

China merupakan pasar terbesar ketiga bagi Apple, menyumbang sekitar 17% dari total pendapatannya pada kuartal sebelumnya. Namun, dominasi Apple di China mulai tergerus oleh berbagai faktor seperti larangan penggunaan iPhone untuk pegawai pemerintah, perlambatan ekonomi, dan kehadiran ponsel terbaru Huawei seperti Mate 60 Pro dan Pura 70 series. Laporan Counterpoint ini dirilis hanya beberapa hari setelah laporan lain dari IDC yang mencatat penurunan pengapalan iPhone secara global sebesar 10% di Q1 2024, sehingga membuat Apple kehilangan posisi puncak yang kembali dikuasai oleh Samsung.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru