NEWS

Selain Amerika, TikTok Berpotensi Diblokir di Uni Eropa Karena Bahaya yang Bisa Ditimbulkan TikTok!

Rahmat Handiko    |   Rabu, 01 May 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Uni Eropa baru-baru ini mengungkapkan bahwa iPadOS Apple telah ditetapkan sebagai "penjaga gerbang digital," sebuah status yang memberikan wewenang kepada otoritas untuk membuka akses platform tersebut kepada pengembang dan bisnis pihak ketiga. Langkah ini menandakan perubahan arah Uni Eropa terhadap TikTok, yang berpotensi menghadapi pelarangan di negara-negara anggota Uni Eropa. TikTok juga sedang menghadapi potensi larangan di Amerika Serikat dan memiliki waktu sembilan bulan untuk mematuhi peraturan setempat.

Setelah upaya larangan di Amerika Serikat, Uni Eropa juga mempertimbangkan kemungkinan pelarangan TikTok. Baru-baru ini dilaporkan bahwa TikTok mungkin menghadapi larangan di AS, dan untuk menghindarinya, ByteDance harus menjual aplikasi ke perusahaan Amerika. Dewan Perwakilan Rakyat AS menginginkan kontrol penuh atas aplikasi ini atau tidak ada aplikasi sama sekali. TikTok diberikan waktu sembilan bulan untuk mematuhi aturan ini, dengan potensi perpanjangan hingga 12 bulan.

Uni Eropa, mengikuti jejak Amerika Serikat, mempertimbangkan untuk melarang TikTok. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen telah menyatakan bahwa TikTok mungkin menghadapi pelarangan total di wilayah Uni Eropa karena "bahaya" yang mungkin ditimbulkan oleh aplikasi tersebut, seperti dilaporkan oleh Politico.

Presiden Komisi Ursula von der Leyen mengisyaratkan bahwa melarang TikTok di Uni Eropa adalah sebuah pilihan, dalam sebuah debat malam ini di Maastricht, yang menampilkan para kandidat utama partai-partai untuk pemilihan umum blok tersebut pada tahun 2024.

Baca ini juga :


» Kebijakan Baru X/Twitter, Tab Like di Profil Jadi Private & Ga Bisa Lihat Like Akun Lain Lagi!
» Elon Musk Resmi Izinkan Konten NSFW di Platform Media Sosial X/Twitter Pada Kebijakan Baru!
» ByteDance Lebih Memilih Buat Tutup TikTok di Amerika Serikat Daripada Menjualnya!
» Presiden Joe Biden Tandatangani RUU! TikTok Harus Dijual Dalam 1 Tahun atau Dilarang Di AS!
» Tinggal Menunggu Waktu Sampai TikTok Di-ban dari AS Atau Terpaksa Jual, RUU Disetujui Senat AS!

"Itu tidak dikecualikan," kata von der Leyen, setelah moderator merujuk ke Amerika Serikat, di mana TikTok menghadapi larangan nasional kecuali jika dijual oleh pemiliknya, ByteDance. Dia segera menambahkan bahwa Komisi adalah "lembaga pertama di seluruh dunia yang melarang TikTok di telepon perusahaan kami. Kami tahu persis bahaya TikTok."

Pernyataan von der Leyen terkait dengan potensi pelarangan TikTok di wilayah Uni Eropa datang setelah mempertimbangkan situasi di Amerika Serikat. TikTok diteliti karena memberikan voucher kepada pengguna untuk menonton video, yang dapat menyebabkan kecanduan di kalangan anak-anak dan remaja.

Meskipun demikian, masih terlalu dini untuk menentukan apakah Uni Eropa akan mengambil tindakan yang sama dengan Amerika Serikat. Uni Eropa selama ini telah aktif berperan dalam industri teknologi untuk mencegah praktik anti-persaingan. Sebagai bagian dari upaya ini, Uni Eropa telah memberikan Apple waktu enam bulan untuk mematuhi aturan baru, yang mencakup perubahan pada iPad dan iPhone. Nantinya, kedua perangkat ini akan mengizinkan pemuatan aplikasi dan toko aplikasi pihak ketiga pada platform tersebut.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru