NEWS

Menguak Rahasia Pesan Morse Dalam Film Ghibli "Laputa: Castle in the Sky"!

Culdesacc   |   Jumat, 20 Oct 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Satu hal yang bisa kita perhatikan dari Studio Ghibli adalah pesan-pesan tersembunyi yang terdapat dalam filmnya. Sutradara Hayao Miyazaki adalah orang yang seringkali memasukkan pesan tersebut, mulai dari pesannya dalam Totoro dan Ponyo. Kali ini, pesan rahasia ditemukan oleh fans dalam film Laputa: Castle in the Sky.

Pesan tersebut terkuak dalam acara Tsukai! Akashiya TV yang diselenggarakan oleh komedian Sanma Akashiya. Dalam acara tersebut, ia mengundang 10 anggota Pasukan Bela Diri (Jieitai) sebagai tamu dalam acara tersebut.

Baca ini juga :

» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Guest Star AFAID 2024 Diumumkan! Cosplayer Hakken dan Penyanyi NANO Kembali Tampil di Indonesia
» Jadwal dan Venue Tokyo Game Show 2024 Diumumkan! Angkat Tema "Trailblaze the World with Gaming"
» Sang Ninja Hadir di Dunia Nyata! Film Live Action Naruto Resmi Digarap oleh Sutradara Film Shang-Chi!

Pembahasannya terdapat pada menit 38:30.

Salah satu anggotanya, Rintaro Sakai menguak bahwa ia dan teman-temannya dalam Pasukan Bela Diri memutuskan untuk memecahkan kode Morse dalam film Laputa. Menurut Sakai, terdapat 3 poin dimana penonton dapat mendengarkan kode Morse dalam film tersebut.

Sebelumnya fans yang memecahkan kode tersebut hanya menganggap itu hanyalah kode bohongan yang hanya digunakan untuk kepentingan film saja. Tapi Sakai mengungkap bahwa kode tersebut sebenarnya berarti ”Fidelity" (Kesetiaan). Kode Morse kedua dalam film itu berarti "Manufacture" (Pembuatan), dan kode ketiga lebih sulit didengar karena hanya muncul sebentar, namun ia percaya bahwa kode ketiga berarti "Studio".

Tiga kalimat tersebut, yaitu “Kesetiaan”, “Pembuatan”, dan “Studio”, menurut Sakai adalah pesan dari Hayao Miyazaki yang ingin menyampaikan bahwa Studio Ghibli mengerjakan filmnya dengan kesetiaan. Tidak aneh karena Laputa adalah film pertama Ghibli pada saat itu, Sakai juga percaya bahwa Sutradara sekelas Miyazaki tidak mungkin membuat sesuatu tanpa arti yang tidak jelas. Bagaimana menurut Kotakers?

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru