NEWS

Tak Lagi Panic Buying, Penjualan Konsol Game Menurun

Reza Alif   |   Minggu, 19 Jul 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Sebelumnya, kita semua tahu saat awal pandemi COVID-19 menyebar ke seluruh dunia, hampir setiap orang mendadak belanja kebutuhan hidup untuk persediaan selama pandemi, termasuk konsol game yang disebut panic buying. Bahkan di Indonesia, Nintendo Switch menjadi konsol yang paling langka sehingga membuat harganya melonjak drastis.

Baca ini juga :

» Beneran Worth-It! 7 Keseruan Eiyuden Chronicle yang Bikin Fans Suikoden Berlinang Air Mata
» Film Sonic the Hedgehog 3 Dipastikan Banyak Mengambil Inspirasi dari Game Sonic Adventure 2
» Modder Berhasil Porting Game GTA V ke Nintendo Switch, Tapi Switch Kewalahan Buat Jalaninnya!
» Rumor Game Watch Dogs Series Ga Bakal Dilanjut Sama Ubisoft, Termasuk Franchise Watch Dogs lainnya!
» Perilisan Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes di Asia-Pasifik Terungkap, JRPG lebih dari 100 Hero

Namun, setelah beberapa bulan masa pandemi dan kini masuk masa transisi ke New Normal, penjualan konsol mulai melamban. Menurut data riset dari perusahaan NPD Group, penjualan seluruh konsol menurun 17 persen dibandingkan bulan Juni tahun 2019 lalu. Penurunan ini juga diketahui dimulai pada bulan Maret.

Penurunan ini memang tentunya tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahwa PlayStation 5 dan Xbox Series X akan meluncur beberapa bulan lagi. Hasil riset tersebut juga menunjukkan bahwa event live streaming pengumuman PS5 beberapa waktu lalu, berkontribusi besar terhadap penurunan penjualan konsol secara keseluruhan.

Namun, meski penjualan saat ini menurun dibanding bulan Juni tahun lalu, sebenarnya penjualan konsol tahun ini melonjak hingga 25 persen dibanding dengan penjualan pada tahun 2019, dengan total 1,6 miliar Dollar Amerika, menurut analis NPD Mat Piscatella. Jadi kemungkinan penurunan ini hanya sementara dan akan kembali melonjak, apalagi jika beberapa konsol baru mulai dirilis.

Sumber: Gamerant

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru