NEWS

ASUS Pimpin Pasar Laptop Consumer dan Gaming di Asia Pasifik

Master-Fakry   |   Senin, 06 Mar 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
ASUS menguasai pasar laptop consumer dan gaming di Asia Pasifik dengan market share 20,7%.

ASUS berhasil menempati posisi nomor satu pasar laptop consumer dan gaming di Asia Pasifik dengan market share sebesar 20,7% berdasarkan data dari Microsoft. Pencapaian tersebut dimumkan pada acara APAC Partner Summit 2023 yang digelar di Bali pada tanggal 22 Februari 2023. Dalam acara bertajuk “Innovate to Elevate” tersebut, ASUS juga mengumumkan komitmennya mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar laptop consumer dan gaming di Asia Pasifik melalui target penguasaan pasar yang agresif di tahun 2023.

Baca ini juga :

» Beneran Worth-It! 7 Keseruan Eiyuden Chronicle yang Bikin Fans Suikoden Berlinang Air Mata
» ASUS ProArt Umumkan Penawaran Spesial ProArt Bertema Create with the Best
» Sah! Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Indonesia
» Meta Kerjasama Dengan ASUS Buat Kembangkan Next Generation VR Headset Pakai Meta Horizon OS
» Seal: WHAT the FUN - Lebih dari Sekedar Game Party Royale Biasa!

“Acara ‘Innovate to Elevate’ kali ini mencerminkan komitmen ASUS dalam mengkolaborasikan serta menghadirkan perangkat inovatif yang dapat memberikan nilai lebih untuk konsumen serta mitra kami,” ujar Peter Chang, ASUS Asia Pacific General Manager. “Melalui kerja sama dengan mitra seperti Intel dan Microsoft, ASUS sangat yakin akan dapat menghadirkan lebih banyak produk inovatif serta menarik lebih banyak konsumen. Kami yakin dapat mempertahankan kepemimpinan ASUS di pasar Asia Pasifik.”

Lebih dari 550 distributor dan mitra dari berbagai negara di Asia pasifik ikut serta dalam acara APAC Summit 2023 kali ini. Selain mempererat kolaborasi, dalam acara tersebut ASUS juga memperkenalkan berbagai produk terkininya yang akan segera hadir di pasar Asia Pasifik.

Dalam acara tersebut, ASUS juga mengumumkan target penguasaan pasar sebesar 30% untuk laptop consumer dan 40% untuk laptop gaming di Asia Pasifik. Untuk mencapai target tersebut, ASUS menerapkan strategi dengan memperkenalkan lebih banyak produk yang menawarkan teknologi terkini dan bermanfaat bagi para konsumen di Asia Pasifik. Tidak hanya itu, ASUS juga berkomitmen meningkatkan pengalaman pengguna mulai dari proses pembelian hingga layanan purna jual. Perwakilan dari Intel dan Microsoft yang juga menghadiri acara ini juga memberikan penjelasan mengenai solusi komputasi terkini mereka yang hadir di berbagai perangkat ASUS.

ASUS Tetap Tumbuh dan Berkembang Sepanjang Tahun 2022


Meski pasar laptop consumer di wilayah Asia Pasifik mengalami penurunan sebesar 6% sepanjang tahun 2022, ASUS justru mengalami pertumbuhan hingga 11% sehingga mampu menjadi pemimpin dengan penguasaan pasar sebesar 20,7% menurut data dari Microsoft. Hal tersebut telah membuat ASUS menjadi brand laptop consumer nomor satu di wilayah Asia Pasifik. Selain itu, brand gaming Republic of Gamers (ROG) juga merayakan kesuksesannya dan tetap memimpin pasar laptop gaming di Asia Pasifik sepanjang tahun 2022.

Di lini produk commercial, ASUS tumbuh pesat dengan peningkatan hingga 24% sepanjang tahun 2022 meski pasar mengalami penurunan sebesar 5%. ASUS pun mencatat peningkatan aktivasi Windows pada perangkat commercial hingga 70% sepanjang 2022.


Memimpin Pasar Laptop OLED di Asia Pasifik

ASUS juga merupakan pemimpin pasar laptop OLED di dunia dengan penguasaan pasar sebesar 64% secara global, dan 49% di Asia Pasifik menurut data dari Gfk. ASUS OLED merupakan teknologi layar terbaik yang dapat ditemukan di berbagai lini produk mulai dari Studiobook, Zenbook, serta Vivobook. ASUS OLED merupakan salah satu strategi ASUS dalam mempertahankan sekaligus meningkatkan penguasaan pasar, khususnya di kawasan Asia Pasifik. Edukasi kepada pengguna mengenai keunggulan ASUS OLED, khususnya pada kesehatan mata, juga terus dilakukan agar pasar semakin paham terhadap inovasi ini.

Memimpin Pasar Indonesia Selama Satu Dekade

ASUS masuk ke pasar laptop Indonesia pada tahun 2008 dengan pangsa pasar hanya 1,5%. Berkat konsistensi pada inovasi dan fokus dalam menghadirkan pelayanan terbaik, pangsa pasar ASUS perlahan meningkat ke 5% pada tahun 2009, 10% pada tahun 2010, dan 15% pada tahun 2011. Pada awal tahun 2012, ASUS berhasil mencetak prestasi dan menjadi brand laptop dengan pangsa pasar nomor dua terbesar di Indonesia. Penguasaan pasar ASUS pada saat itu berada di angka 16% dengan 598.109 unit notebook dan netbook menurut data dari IDC. Setahun kemudian, pangsa pasar ASUS kembali meningkat drastis dan hanya terpaut 2% dengan posisi pertama di pasar laptop Indonesia.

Tidak lama setelah itu, ASUS berhasil menjadi pemimpin pasar laptop Indonesia dengan pangsa pasar 35,1%. Pada enam bulan pertama di tahun 2013, ASUS berhasil menorehkan prestasi dengan total penjualan mencapai 578.506 unit laptop di Indonesia. Sejak saat itu, pangsa pasar ASUS terus meningkat dan selama satu dekade berhasil menjadi pemimpin pasar laptop di Indonesia.

Dalam satu dekade terakhir, ASUS telah menjadi brand laptop yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Hingga kuartal ke-4 tahun 2022, ASUS mencatatkan penguasaan pasar sebesar 41,7% berdasarkan data aktivasi perangkat dari Microsoft.

Fokus ASUS Indonesia di Tahun 2023

Selain tetap menghadirkan produk dengan inovasi terdepan serta berteknologi terkini, di tahun 2023 ASUS akan fokus dalam menghadirkan laptop berperforma tinggi. Meningkatnya kebutuhan akan laptop berperforma tinggi di masyarakat Indonesia, khususnya bagi para konten kreator, menguatkan komitmen ASUS dalam menghadirkan lebih banyak laptop yang dibekali dengan hardware serta spesifikasi paling powerful di kelasnya.

ASUS juga akan meningkatkan fokus pada kualitas layar laptop. Hingga saat ini ASUS merupakan produsen laptop dengan pangsa pasar terbesar untuk laptop berbasis layar OLED di Indonesia. Teknologi layar ASUS OLED yang kini hadir di berbagai lini laptop ASUS telah menjadi standar baru untuk layar laptop di Indonesia. Di tahun 2023, ASUS berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak laptop dengan layar berteknologi ASUS OLED sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati sajian visual terbaik yang sekaligus dibekali fitur untuk melindungi kesehatan mata penggunanya.

Ada bayak video baru di channel YouTube KotakGame!

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru