NEWS

Oracle Akan Menghabiskan "Miliaran" Rupiah Untuk Chip AI NVIDIA Untuk Mendominasi Industri

Aeprukmana   |   Minggu, 02 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Chairman Oracle, Larry Ellison, mengungkapkan informasi tersebut pada acara Ampere baru-baru ini. Perusahaan ini berencana untuk "menguangkan" hype AI melalui GPU AI NVIDIA yang banyak digembar-gemborkan. Selain NVIDIA, perusahaan ini juga akan mengakuisisi CPU dari Ampere dan AMD, yang menunjukkan niatnya untuk bersaing di pasar. Oracle akan membelanjakan uang "tiga kali lebih banyak" untuk CPU Ampere & AMD daripada GPU NVIDIA.


Sumber: wccftech

Lebih jauh lagi, CEO perusahaan ini mengesampingkan Intel dari skenario tersebut, dengan menyatakan bahwa arsitektur Intel x86 sudah "tua" dan telah mencapai batasnya. Perusahaan ini lebih tertarik untuk membangun kemitraan dengan AMD dan Ampere. Hal ini tidak diragukan lagi merupakan pukulan bagi Intel, yang telah lama menjadi mitra Oracle, sejak tahun 2008 saat mesin Exadata pertama kali dirilis.

Baca ini juga :


» Tanggapi Desakan KPAI Untuk Blokir Game, Menkominfo: Orang Tua Diwajibkan Untuk Membimbing Anaknya
» Meta Lagi Uji Coba Fitur Chatbot AI di WhatsApp, Instagram dan Beberapa Aplikasi Meta Lainnya!
» LPAI Minta Kominfo Untuk “Bersihkan” Game Dengan Unsur Kekerasan
» Menurut Bill Gates 3 Bidang Pekerjaan Ini Tidak Akan Mudah Digantikan Dengan AI!
» Kabar Gembira! Galaxy AI Sekarang Masuk Ke Galaxy Tab S9 Di Indonesia!

Motif perusahaan di balik reformasi besar-besaran ini adalah untuk memantapkan diri di pasar cloud computing. Jika dibandingkan dengan perusahaan seperti Amazon dan Microsoft, Oracle tertinggal, terutama karena kehadirannya di pasar yang lebih sedikit karena para pesaingnya memiliki cengkeraman yang kuat di industri ini. Namun, pada tahun fiskal 2023, keadaan mulai berbalik menguntungkan Oracle ketika perusahaan mengungkapkan rekor pendapatan sebesar $50 miliar (via CRN), mengklaim bahwa penawaran cloud-nya lebih unggul daripada para pesaingnya.


Sumber: wccftech

Pada bulan Oktober 2022, Oracle mengonfirmasi rencananya untuk menggunakan beberapa GPU komputasi kelas atas A100 dan H100 dari NVIDIA. Hal ini mengarah pada kolaborasi konkret antara kedua perusahaan, dan sepertinya Oracle selangkah lebih maju kali ini. CEO perusahaan tersebut mengatakan bahwa sebagian besar GPU akan diakuisisi dari NVIDIA, mengesampingkan kemungkinan dari vendor lain. Sebanyak 16.000 GPU NVIDIA AI dikatakan akan dipasang di data center cloud terbaru Oracle.

Sepertinya apa yang dilakukan Oracle di sini akan mengubah dinamika industri cloud computing. Dengan pendapatan yang besar dan penawaran vendor cloud yang unggul, tidak akan lama lagi perusahaan ini akan menyalip Amazon & Microsoft.

Sumber: wccfetch

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru