NEWS

Denuvo Ingin Membuktikan pada Gamer PC Bahwa DRM Tidak Mempengaruhi Performa

Aeprukmana   |   Senin, 10 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Salzburg, Denuvo, pertama kali meluncurkan DRM (perangkat lunak manajemen hak digital) anti-pembajakan pada tahun 2014. Sebagian besar pengembang dan penerbit game dengan cepat memilih untuk mengadopsi Denuvo dalam upaya melindungi penjualan peluncuran dengan perangkat lunaknya yang sulit dibobol.

Namun, penerapannya menimbulkan beberapa kontroversi. Pada beberapa game seperti Tekken 7 dan Sonic Mania Plus, penerapan Denuvo sangat membebani CPU, sehingga menyebabkan kinerja yang lebih buruk daripada versi game ini tanpa DRM. Pada kasus lain, seperti Final Fantasy XV: Windows Edition, pengujian menyeluruh membebaskan Denuvo dari penyebab penurunan performa.

Baca ini juga :


» Kolaborasi Dengan Free Fire, Itel Meluncurkan Hape Gaming Murah Itel RS4!
» Komitmen Dukung Penuh Gamer, Gigabyte Aorus Merilis Deskmat Dengan Nuansa Alam!
» Qualcomm Snapdragon X Elite Menjalankan Baldur's Gate 3 Di 1080p Dengan 30 FPS!
» Youtuber Ini Buktikan Kenapa Air Flow Berpengaruh Besar Terhadap Performa PC Desktop!
» iPhone 15 Pro Max Kalah! ROG Phone 8 Lebih Kencang Di Call of Duty Warzone Mobile!

Perdebatan tersebut terus berlanjut hingga hari ini, membuat sebagian besar gamer PC sangat senang setiap kali ada pengembang yang memilih untuk melepaskan DRM dari game mereka. CAPCOM, misalnya, memiliki kebiasaan melakukan hal tersebut satu atau dua tahun setelah peluncuran, seperti yang telah kita saksikan pada Devil May Cry 5 dan Resident Evil Village.

Namun, Denuvo tidak menyerah dengan gagasan menjadi kambing hitam dari port PC yang buruk. Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan beberapa hari lalu di Ars Technica, Steve Huin (COO Videogame di Irdeto, perusahaan yang mengakuisisi Denuvo pada tahun 2018) membela secara terbuka DRM anti-tamper.

Huin memahami bahwa kata-kata mereka tidak cukup untuk para gamer PC. Oleh karena itu, dia mengungkapkan bahwa Irdeto bermaksud untuk mengizinkan gerai-gerai tertentu untuk menguji versi yang hampir sama dari sebuah game dengan dan tanpa Denuvo.

Program ini, yang dijadwalkan akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan, akan menghasilkan benchmark independen yang diharapkan Huin dapat meyakinkan para gamer PC bahwa Denuvo bukanlah sebuah masalah dalam hal performa.

Menariknya, Huin mengakui di akhir wawancara bahwa Denuvo mungkin sedikit memengaruhi performa, kurang dari satu persen. Namun, dia mengacu pada perangkat lunak anti-cheat, yang terpisah dari DRM anti-tamper dan, sejauh yang kami tahu, juga jauh lebih tidak populer di kalangan pengembang game, yang cenderung menggunakan BattlEye, EasyAntiCheat, atau Valve Anti-Cheat. id Software bereksperimen dengan Denuvo Anti-Cheat di DOOM Eternal tetapi menghapusnya di Pembaruan 1.1.

Huin juga menyebutkan bahwa perusahaan akan lebih fokus pada teknologi anti-kecurangan dan variasinya karena pro-konsumen. Sebagai contoh, Denuvo meluncurkan teknologi pendeteksi bot yang disebut Unbotify pada awal tahun ini, yang juga memonitor pengendali auto-aim dan sejenisnya.

Di sisi lain, wawancara tersebut tidak menyinggung perangkat lunak perlindungan emulator Nintendo Switch. Awalnya diperkenalkan oleh Denuvo pada Agustus 2022 (tanpa keterlibatan Nintendo), tampaknya tidak ada pengaruhnya, terutama karena game Nintendo Switch terus tersedia pada hari pertama (atau bahkan sebelumnya, dalam beberapa kasus) melalui emulator PC seperti Yuzu dan Ryujinx.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru