Release Date6 June 2016
ESRB RatingTeen
GenreMOBA
Publisher
Garena Indonesia

Developer
Tencent Games

Console
KOTAK GAME RATING
85
PLAYER RATING
85
BERI RATING
SPECIAL FEATURE

4 Mobile Game dengan Ekosistem Esports Paling Sehat di Indonesia


Intro


Halo Kotakers,

Dunia esports untuk mobile game di Indonesia memang sedang sangat hype beberapa tahun belakangan. Beberapa game populer pun, khususnya dari genre MOBA dan battle royale ditunjuk sebagai yang paling berpengaruh terhadap keberlangsungan kemeriahan esports di tanah air. Namun, tidak semua game yang diangkat sebagai menyemarakkan pesta esports itu memiliki ekosistem yang sehat atau faktor yang mendukung para pelaku esports untuk tetap eksis dan mendapat keuntungan darinya (baik moril maupun materil).

Menurut pendapat Kru KotGa, ada beberapa faktor yang mendukung sehatnya ekosistem esports, yaitu game itu sendiri sebagai inti jualannya, kemudian dukungan penerbit atau pemilik hak siar game yang memungkinkan gamenya berkembang materi esports yang sehat, penyelenggara acara esports sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk menghadirkan suasana esports yang meriah (baik online maupun offline), komentator yang membuat suatu pertandingan jadi seru dan dimengerti oleh orang awam, media yang menyajikan beragam info terkini tentang kondisi esports sebuah game, dan ketinggalan sokongan dana dari para sponsor. Oh iya satu lagi, influencer yang ikut menyebarkan kemeriahan esports secara halus ke para pemirsanya.


Keramaian acara esports

Baca ini juga :

» Kenalan dengan Rissa (Larissa Rochefort), Influencer Esports yang Smart dan Banyak Bakat
» Luar Biasa, Pendapatan Industri Game Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara pada Tahun 2018
» Inilah Alasan Arena of Valor Adalah Mobile Game yang Menyenangkan
» Solusi Gaming Tetap Bahagia dan Tenang Walaupun Sering Kalah
» [Edisi Master Fakry] Nikmati Liburan dengan Video Game Kesayangan
Nah, pada pembahasan kali ini, Kru KotGa akan memaparkan jajaran game esports dengan ekosistem yang paling sehat. Khusus untuk bahasan ini, Kru KotGa akan mengecilkan cakupannya untuk mobile game saja, jadi game esports di PC seperti DOTA 2, League of Legends, Counter-Strike: Global Offensive dan lainnya, tidak masuk hitungan dalam pembahasan kali ini.

Tidak usah panjang lebar lagi, mobile game esports dengan ekosistem paling sehat di Indonesia bisa kamu baca di halaman selanjutnya.

TAGS



(Total View : 12327)
rekomendasi terbaru