Feature

[Diary Kru KotGa] 7 Game Jadul Paling Langka dengan Harga Selangit

oleh: Cralizer77

Ketika kecil, mungkin banyak di antara kalian yang akrab dengan video game. Entah itu konsol dari Nintendo Entertainment System (NES), Sega Genesis atau Megadrive, Playstation, atau apapun tergantung generasi ketika kalian lahir. Namun meski sudah dewasa, masih banyak orang-orang yang "terjebak" hobi dalam video game.

Beberapa di antara mereka ada yang sangat serius dengan video game. Ada yang menjadi kolektor, membuat komunitas, sampai menjadikannya sebagai mata pencarian. Bagi para kolektor, memburu game langka merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Harga kadang bukan jadi masalah, jika game yang dicari benar-benar sudah berstatus langka.

Ketika suatu video game sudah berstatus langka, maka harga yang harus dikeluarkan juga sangat lumayan, terlebih video game tersebut masih dalam kondisi yang sangat bagus, maka harga jualnya bisa mencapai angka yang sangat fantastis.

Lalu game jadul apa yang paling langka dan memiliki harga selangit? Nah, KotakGame telah merangkum ketujuh game yang memiliki harga fantastis. Apa saja? Yuk! Simak sama-sama.

1. Stadium Events (Nintendo Entertainment System): 560 juta

Game keluaran 1987 ini dirilis untuk mendukung aksesoris dari keluaran Bandai yaitu Family Fun Fitness Mat. Pada 1988 Nintendo membeli hak paten game ini berikut dengan Family Fun Fitness Mat, yang kemudian diubah namanya menjadi Power Pad.

Game Stadium Events kemudian ditarik, tetapi sudah ada sekitar 200 cartridge yang terlanjur terjual. Dari 200 game itu, dikabarkan hanya tinggal 10-20 kopi yang tersisa. Ini membuat harga sebuah kopi Stadium Events bisa mencapai USD 42 ribu (IDR 560 juta). Bahkan kardusnya saja pernah laku terjual USD 10 ribu (IDR 140 juta).

2. 1990 Nintendo World Championships (NES): 260 Juta

Pada 1990 lalu Nintendo telah menyelenggarakan sebuah turnamen game besar di Amerika Serikat. Untuk acara tersebut Nintendo membuat cartridge khusus yang berisi 3 game yaitu Super Mario Bros, Rad Racer, dan Tetris. Nintendo membuat 90 cartridge Nintendo World Championships berwarna abu-abu.

Selain itu, majalah Nintendo Power juga menyelenggarakan kontes yang berhadiah cartridge Nintendo World Championship, dan cartridge berwarna emas tersebut hanya dibuat sebanyak 26 kopi.

Kini, dua varian Nintendo World Championship tersebut jadi barang yang benar-benar langka. Untuk yang abu-abu harganya bisa mencapai lebih dari USD 6 ribu (IDR 80 juta), sementara yang emas lebih dari USD 20 ribu (IDR 260 juta).

3. Nintendo Campus Challenge (NES): 260 juta

Tahun 1990 Nintendo mengadakan turnamen game keliling kampus di Amerika Serikat. Seperti halnya Nintendo World Championship, peserta diminta memainkan tiga game versi demo. Kali ini adalah Super Mario Bros 3, PinBot, dan Dr. Mario.

Hampir seluruh kopi dari cartridge ini dihancurkan setelah turnamen, tetapi salah seorang staf di Nintendo menyimpannya dan menjual kepada seorang kolektor bernama Rob Walters. Kisah ini menjadi legenda di antara para kolektor, karena cartridge itu dipercaya sebagai satu-satunya yang tersisa dari Nintendo Campus Challenge.

Kini, harga cartridge Nintendo Campus Challenge ditaksir lebih dari USD 20 ribu (260 juta). Padahal, Walters membeli barang tersebut (dan satu kardus cartridge lainnya) seharga USD 1.000 atau sekitar IDR 13 juta saja.

Baca ini juga :

» Cuma Bikin Emosi! Ini 7 Karakter Game Yang Paling Dibenci Para Gamer
» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?
» [Diary Kru KotGa] Semakin Terancam, Bagaimana Jadinya Masa Depan Final Fantasy?
» [Diary Kru KotGa] Devil May Cry vs Bayonetta, Mana Franchise Hack and Slash Terbaik?

4. Kizuna Encounter (Neo Geo) : 155 juta

Salah satu game yang paling dicari oleh para kolektor berat konsol Neo Geo adalah game Kizuna Encounter, game fighting yang dirilis tahun 1996 lalu ini mirip dengan Mortal Kombat atau Street Fighter. Game ini sendiri telah mendapatkan ulasan dengan skor yang sangat memuaskan.

Sayangnya game Kizuna Encounter hanya diproduksi dalam jumlah yang kecil dan hanya untuk pasar Eropa, para penggemarnya berspekulasi bahwa saat ini game Kizuna Encounter hanya terdapat beberapa unit saja.

Saat ini Kizuna Encounter ditaksir lebih dari USD 13.500 (IDR 160 juta)

5. Atlantis II (Atari 2600): 130 juta

Pada 1982, Atari menyelenggarakan kontes game Atlantis yang berhadiah Atlantis II. Dalam turnament tersebut hanya ada 10 cartidge yang dibuat bagi para pemenang.

Kini harganya ditaksir lebih dari USD 13 ribu (IDR 150 juta).

Itulah kelima game lawas yang memiliki harga cukup fantastis, biasanya para kolektor mencari lewat forum-forum atau melalui via situs eBay. Bagi kalian yang memiliki game klasik, mungkin bisa menjadi barang sangat berharga dan dapat dijual untuk menghasilkan uang banyak, cek kondisi dan ketahui harga game lawas yang kalian temukan tersebut. Sebenarnya masih banyak game lawas lainnya yang memiliki harga jual yang cukup tinggi, mungkin kalian bisa membantu menyebutkannya pada kolom komentar di bawah ini.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru