Feature

Inilah Manfaat Bagi Kamu yang Ingin Berkarir di Industri Game

oleh: VolkanKaya

Artikel kontributor oleh: Yohan Lie

Mungkin kamu adalah gamer yang pernah mendapat teguran seperti pada judul oleh orang-orang terdekat kamu?

Jika memang kamu memiliki hobi bermain game, mungkin sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk kerja di industri game.

Ternyata ada banyak hal-hal asik buat kalian para gamer jika berkarir di perusahaan game loh!


1. Menjadi Game Tester

Banyak perusahaan game yang memberikan job desk sebagai game tester. Contohnya pada saat sebuah publisher ingin mengambil produk baru untuk dipublish di pasar lokal.

Biasanya karyawan-karyawan pada perusahaan yang bersangkutan akan diminta untuk mencoba memainkan game tertentu. Tentu saja, jangan lupa bahwa kamu betul-betul harus melakukan pengecekan serta penilaian secara serius, seperti apakah game tersebut cocok untuk pasar Indonesia, kemudian kualitas gameplay, grafis, musik, dan sebagainya.

Beda lagi jika game yang kamu tes sudah memang pasti dikeluarkan untuk pasar lokal atau merupakan game yang sedang dikembangkan oleh perusahaan pengembang game. Fokus tes yang kamu lakukan akan lebih cenderung ke masalah bug dan error yang terjadi saat bermain.

Bagaimana? Asik kan?


2. Menjadi bintang iklan dadakan

Sebagian perusahaan game sering menggunakan karyawannya sendiri sebagai bintang iklan dari promosinya.

Salah satu contohnya adalah selain menyewa brand ambassador sebagai artis live-streaming, terkadang staff perusahaan juga diminta membawakan acara tersebut sendiri, loh. Selain itu, sering kali penulis juga memergoki teman yang bekerja di perusahaan publisher game ikutan nampang di banner iklan.

Tentu saja jika kamu menjadi seorang Community Manager, maka kesempatan untuk tampil dalam berbagai promo perusahan jadi jauh lebih besar.

Mungkin kamu mengenal Master Fakry yang merupakan salah satu kru KotakGame? Dia sudah menjadi contoh nyata dimana doi sering tampil menjadi 'maskot' KotakGame di berbagai kesempatan.

Baca ini juga :

» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» 5 Kerja Sampingan yang Bisa Gamer Lakukan Demi Mencari Uang Jajan
» Bikin Jatuh Hati, Inilah 10 Karakter Video Game Wanita Paling Seksi
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?
» [Diary Kru KotGa] Semakin Terancam, Bagaimana Jadinya Masa Depan Final Fantasy?

3. Jalan-jalan ke luar negeri

Kamu bisa berkesempatan bekerja sekaligus mengunjungi negeri tetangga jika sudah cukup lama bekerja di suatu perusahaan yang berkecimpung dalam industri game atau dinilai kompeten. Biasanya, peluang ini akan datang jika kamu berhasil menempati posisi tertentu dalam perusahaan.

Misalkan, menjadi reporter media yang akan meliput event besar di luar negri. Kru KotGa sendiri sudah sering pergi ke luar negeri untuk menghadiri event game seperti Tokyo Game Show atau meliput peluncuran UniPin di Filipina.

Tidak hanya di media game saja. Jika kamu bekerja di perusahaan penerbit game pada posisi tertentu, maka kamu juga akan berkesempatan bertugas ke luar negri untuk bertemu dengan mitra perusahaan. Biasanya mereka adalah developer yang game-nya akan diterbitkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja.


4. Berpartisipasi dalam penyelenggaraan event game

Selama bermain game, kita sering antusias menghadiri event, baik offline atau online. Mulai dari event mingguan di dalam game, turnamen yang diadakan secara online sampai event di mana kamu dapat bertemu sesama gamer, seperti acara gathering, turnamen offline, pameran dan yang lainnya.

Bagaimana rasanya jika kita berpartisipasi tetapi sebagai staff? Menarik dong!

Sebagai staff, tidak jarang kamu akan diberi tugas untuk membuat event online mingguan jika bekerja di publisher game. Selain itu, jika ada kompetisi-kompetisi game, kamu juga bisa ditunjuk sebagai juri turnamen, atau bahkan menjadi event organizer.

Kepuasan yang didapatkan jika acara berjalan sukses akan lebih terasa saat kamu terlibat langsung dalam suatu event.


5. Mendapatkan teman-teman di industri game

Komunitas Industri game di Indonesia bisa dikatakan sudah cukup terbentuk. Maksud penulis adalah komunitas yang isinya adalah orang-orang yang berkarir di bidang game. Kamu bisa berkenalan dan bertemu sesama gamer yang kebetulan juga pekerja pada industri yang sama.

Teman baru kamu akan terdiri dari berbagai macam profesi, mulai dari Game Master, Community Manager, Marketing Team, Game Project Manager, Esports Event Organizer, staff Media Game, talent-talent yang menjadi ikon seperti YouTuber terkenal, dan banyak lagi.

Kalian juga bisa menjalin kerja sama jika ingin serius berkarir di industri game.

Terkadang anggota komunitas industri game juga kerap mengadakan gathering, buka puasa bersama, atau acara lain seperti bermain futsal, loh.

Sebenarnya, ada banyak keseruan lain yang bisa kamu rasakan. Namun, setiap perusahaan pasti memiliki budaya dan ketentuan berbeda sehingga penulis memilih hal-hal yang umum saja untuk dibagikan kepada kamu.

Berikut ini adalah artikel mengenai salah satu pekerjaan yang masih berkaitan dengan game, yaitu Game Master. Penasaran seperti apa saja keterampilan yang wajib kamu miliki jika ingin menjadi Game Master? Langsung saja cek artikel special yang pernah Kru KotGa buat DI SINI.

Bekerja sesuai dengan hobi merupakan salah satu hal terbaik yang bisa kamu jalani. Jadi, apakah kamu adalah seorang gamer yang tertarik bekerja di industri game?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru