Feature

Sampai Ratusan Miliar?! Ini 5 Turnamen Esports Dengan Total Hadiah Terbesar di Dunia

oleh: Reza Alif

Halaman 2

3. League of Legends World Championship 2018 - 91,3 miliar Rupiah

Rival berat DOTA 2 dari ranah game dengan genre MOBA, League of Legends, juga memiliki total hadiah turnamen dengan jumlah yang sangat banyak. Riot Games juga menggunakan cara yang sama seperti DOTA 2 dengan sistem crowdfunding dengan penjualan item untuk mengumpulkan hadiah uang tunai, yang dimulai sejak gelaran tahun 2017.

Berkat sistem ini, hadiah meningkat menjadi sebesar 6,4 juta Dolar Amerika yang setara dengan 91,3 miliar Rupiah. Invictus Gaming asal Cina akhirnya berhasil membawa pulang hadiah juara sebesar 34,2 miliar Rupiah setelah mengalahkan Fnatic Eropa dengan skor telak 3-0. Jumlah hadiah ini diprediksi akan jauh lebih besar pada gelaran 2019 pada Oktober mendatang.

4. SMITE World Championship 2015 - 37,1 miliar Rupiah

Kejuaraan dunia perdana SMITE World Championship pada 2015, berhasil mengumpulkan hadiah sebesar 2,6 juta Dolar Amerika yang setara dengan 37,1 miliar Rupiah setelah Hi-Rez Studios menerapkan sistem crowdfunding.

SMITE memang game MOBA yang tidak sepopuler DOTA 2 ataupun League of Legends. Tapi meski begitu, SMITE berhasil mengumpulkan total hadiah yang juga sangat besar. Berlangsung di Cobb Energy Center Atlanta, Cognitive gaming berhasil membawa pulang hampir setengah dari total hadiah setelah berhasil menjadi pemenang. Tapi, sayang setelah gelaran perdana hadiah yang diperebutkan semakin berkurang, karena kurangnya pemain dan sponsor.

Baca ini juga :

» Pionir Esports Indonesia! 7 Atlet Esports Legendaris Indonesia!
» Indo Pride! Arjuna Indonesia yang Berprestasi di Ajang Esports Internasional!
» Sang Raja dan Landak Kuning Masih Terdepan! Inilah Prediksi Juara MPL Indonesia Season 9!
» Ditukar Ginjal saja Tidak Cukup! 7 Pemain Esports Indonesia yang Memiliki Harga Termahal!
» WORLDS Pertama, MPL ID Ketiga! 7 Turnamen Esports Paling Banyak ditonton Pada Tahun 2021!
5. Halo World Championship 2016 - 35,6 miliar Rupiah

Halo adalah game FPS besutan salah satu perusahaan terkaya di dunia, Microsoft. Karena didukung penuh oleh Microsoft, pastinya kejuaraan dunia Halo atau Halo World Championship memiliki total hadiah yang besar.

Halo World Championship pada seri 2016 mencapai total hadiah tertinggi hingga 2,5 juta dolar Amerika atau setara dengan 35,6 miliar Rupiah. Hadiah besar ini tentunya juga tak hanya dari Microsoft saja tapi juga ditambah dari penjualan paket item pada permainan.

Itulah daftar turnamen dengan total hadiah terbesar di dunia. Esports dan industri game, memang tengah dalam perkembangan pesat. Karena itu total hadiah diatas kemungkinan masih permulaan, dan ditahun-tahun mendatang pastinya total hadiah akan jauh lebih besar dibanding sekarang.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru