Feature

Perlu Dihidupkan? Inilah 7 Franchise Game Legendaris yang Sudah Lama Mati!

Halaman 2

Prince of Persia

Sebagai salah satu franchise klasik yang berperan penting dalam membawa nama besar Ubisoft, Prince of Persia memang memiliki banyak pengaruh besar dalam perkembangan industri video game. Tidak hanya berperan dalam mempopulerkan genre action platformer, tapi seri ini juga menjadi inspirasi utama dari beberapa franchise besar seperti Assassin's Creed. Walaupun tidak kunjung memperlihatkan tanda-tanda akan kembali, franchise besutan Jordan Mechner ini sepertinya masih bisa dibangkitkan. Selain dari fakta kalau Ubisoft hanya menempatkannya pada status "jeda," developer yang dikenal selalu memeras franchisenya ini dengan rilis game tahunan dengan kualitas kurang maksimal ini juga sudah mulai berbenah. Perubahan cara kerja mereka ini mungkin akan memberikan Prince of Persia kesempatan untuk kembali hidup di masa mendatang.


Silent Hill

Sempat bersaing dengan Resident Evil sebagai salah satu franchise survival-horror yang ikonik di masanya, posisi Silent Hill di era sekarang memang berada di posisi yang memprihatinkan. Konami sebagai developer sekaligus pemegang hak atas nama Silent Hill telah merubah praktik bisnis mereka secara besar-besaran dan tidak terlalu berfokus pada pengembangan game AAA. Walaupun sempat ada upaya untuk membangkitkan franchise ini lewat proyek game paling ambisiusnya yang dipegang oleh Hideo Kojima, sayangnya proyek itu harus kandas setelah adanya konflik internal antara Kojima dan Konami yang membuatnya sampai keluar dari developer tersebut. Harapan memang tipis, namun siapa tahu saja franchise ini bisa kembali bangkit di masa mendatang dengan wajah baru yang lebih menjanjikan.

Baca ini juga :

» Bosen Main Game Casual? Ini Dia 7 Game Dengan Dunia Yang Berbahaya!
» Tantang Dirimu Walau Lagi Main Game! 7 Achievement Tersulit Dari Sebuah Game!
» Wajib Ditunggu! Inilah 7 Game Keren yang Diumumkan di Gamescom 2021
» Bosan Selama PPKM? Inilah 7 Game dengan Durasi Terlama yang Bisa Dimainkan!
» Yuk Intip Fitur-Fitur Baru PUBG New State Dari KRAFTON Inc. Dan PUBG Studio!

Parasite Eve

Ditengah kesibukan Square Enix dalam mempersiapkan segudang proyek game baru yang mencakup banyak platform, banyak fans sebenarnya masih memiliki harapan akan kebangkitan beberapa franchise klasik ikonik yang pernah dikerjakan oleh developer kawakan ini. Salah satu diantaranya sendiri adalah Parasite Eve. Keunikan tersendiri dari franchise ini terletak pada konsep psikologis dan supernatural yang sangat unik, dimana semua itu juga masih belum ditambah dari cerita pertualangan sang heroine ikonik Aya Brea yang sangat epik. Sepak terjang Parasite Eve sendiri selalu berbuah kesuksesan bagi Square Enix di masanya, jadi bukan tidak mungkin jika mereka tertarik untuk membangkitkan franchise tersebut.


Twisted Metal

Awal mula era PlayStation 1 pada tahun 90-an dulu, variasi genre game sebagian besar memang hanya berfokus pada JRPG dan platformer saja. Karena ingin memberikan sebuah inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya, Sony Interactive Entertainment akhirnya mengembangkan Twisted Metal. Jika kamu termasuk gamer veteran yang dulunya cukup aktif bermain PlayStation, nama franchise ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga. Resmi dirilis untuk PlayStation pada tahun 1995 lalu, Twisted Metal adalah yang membawa genre Vehicular Combat untuk pertama kalinya. Jadi tidak lain bermain dalam sebuah pertandingan balapan, kamu dihadapkan pada pertarungan hidup dan mati menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi dengan persenjataan.

Walaupun kualitas dari beberapa seri terbarunya termasuk yang dirilis pada tahun 2012 lalu untuk PS3 tidak konsisten, franchise ini masih memiliki potensi besar untuk melahirkan game yang jauh lebih ambisius dan kembali membawa inovasi besar pada perkembangan genre Vehicular Combat di masa depan.

Nah, itulah list dari 7 franchise game legendaris yang sudah lama mati. Apakah kamu merasa kalau franchise-franchise ini masih perlu dibangkitkan? Ayo berikan opini kamu pada kolom komentar di bawah ini ya!

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru