Feature

Nyobain Demo Final Fantasy VII Remake, Kesempurnaan Sebuah Action RPG!

oleh: VolkanKaya

Halaman 2

Gameplay Action RPG yang Sangat Responsif dan Seru

Beralih ke gameplaynya sendiri, Kru KotGa dihadapkan pada skenario dimana Cloud dan Barret akan mengaktifkan bom untuk menghancurkan reaktor Shinra sebelum mereka akhirnya dihadang oleh Scorpion Sentinel. Jadi sebelum berhadapan dengan boss ini, demo yang Kru KotGa mainkan menempatkan posisi awal pada bagian paling atas di reaktor ini dan menggiringmu turun ke bawah. Selama perjalanan kamu akan dihadang oleh beberapa prajurit Shinra dan robot-robot penjaga yang relatif lemah. Sesi ini lebih dikhusukan sebagai tutorial dimana kamu digiring untuk memahami mekanisme dasar gameplaynya seperti bagaimana cara menyerang, bertahan, menggunakan item, berganti target, switch karakter dan lain sebagainya.

Pemahaman kamu pada gameplaynya akan diuji saat berhadapan dengan boss Scorpion Sentinel. Boss ini relatif mudah, namun kamu bisa saja menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mengalahkannya jika tidak terbiasa dengan pola gameplaynya. Jadi dalam Final Fantasy VII Remake gameplay yang ada diracik dalam format action RPG yang bisa dibilang merupakan perpaduan dari Final Fantasy XV dan Kingdom Hearts III. Jadi kamu bisa melakukan moveset serangan standar layaknya game action kebanyakan, namun ada juga fitur dimana kamu bisa mengeksekusi skill lewat Command Menu atau menyelipkan beberapa diantaranya pada menu Shortcut untuk memudahkan eksekusinya.

Baca ini juga :

» Bukan Cuma Grafis! Inilah Perbedaan Final Fantasy VII Dulu dengan Versi Remake!
» Inilah Detail Menarik yang Mungkin Kamu Lewatkan dari Final Fantasy VII Remake!
» Hype Abis! Inilah Game Anime Terbaru yang Wajib Kamu Antisipasi di 2020!
» Menguak Alasan Sebenarnya Kenapa Banyak Game Kena Tunda Rilis di 2020!
» Makin Hype! Inilah Beragam Detail Soal Resident Evil 3 Remake yang Wajib Kamu Ketahui!

Selain adanya bar HP, MP dan Limit Break, Final Fantasy VII Remake juga menambahkan bar khusus yang diberi nama ATB. Jadi ATB memiliki peran sebagai bar yang menentukan penggunaan beberapa command seperti skill atau item. Jadi kamu tidak bisa melakukan spam skill maupun menggunakan item secara beruntun, kamu harus selalu memperhatikan indikator bar ATB yang memiliki dua slot. Jika satu slot bar terisi, maka kamu sudah bisa menggunakan skill atau mengisukan command lainnya. Namun jika bar kosong dan kamu ingin menggunakan Potion karena karakter yang dikendalikan berada di ambang kematian, maka kamu harus menentukan strategi lain seperti block serangan musuh atau mengindarinya dengan gerakan manuver seperti roll. Bar ATB sendiri bisa diisi dengan menyerang musuh atau saat menerima damage.

Sebagai tambahan akhir, jalannya boss battle dalam sesi demo ini dibagi dalam beberapa fase yang membuat sang Scorpion Sentinel semakin menggila. Selain dari tingkah laku sang boss sendiri, perubahan juga bisa dilihat dari arena pertarungan yang terlihat semakin berantakan dan hancur. Pembagian fase ini juga dipresentasikan lewat cutscene yang bergerak dengan sangat mulus dan membuat jalannya pertarungan terasa intens. Walaupun berjalan singkat, Kru KotGa merasa sangat puas dengan pengalaman bermain yang didapat dari sesi demo ini.

Nah, itulah rangkuman singat dari impresi yang Kru KotGa dapat setelah memainkan demo Final Fantasy VII Remake. Jika kamu penasaran untuk mencoba gamenya terlebih dahulu, kebetulan pihak Sony akan kembali mengadakan PlayStation Roadshow di event ICEFEST 2019 yang juga menyediakan demo Final Fantasy VII Remake untuk dimainkan para pengunjung. Event tersebut akan diadakan mulai tanggal 19 sampai 29 Desember mendatang di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru