Review

Final Fantasy XII: The Zodiac Age

oleh: Cralizer77

Halaman 2

Ivalice World

Dua kerajaan yang sedang terlibat konflik dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age berada disebuah dunia imajinasi yang bernama Ivalice, dimana dunia tersebut digambarkan dengan sebuah dunia yang telah maju namun juga memiliki misteri yang tersimpan didalamnya. Sehingga ketika gamer akan melakukan petualangan, jangan terkagum-kagum dulu melihat indahnya dunia Ivalice karena dibalik semua itu terdapat monster-monster yang cukup menyulitkan ketika bermain.

Setiap seri Final Fantasy memiliki ciri khas tersendiri, pada Final Fantasy XII dikenal sebagai seri yang memiliki map yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu pendek seperti serial Tales milik Bandai Namco. Sehingga gamer tidak akan merasakan jenuh ketika sedang melakukan eksplorasi.

Gambit System

Perbedaan yang mencolok dalam versi The Zodiac Age ini adalah adanya fitur Gambit System, dimana fitur ini memberikan kemudahan seperti pada sebuah game online. Gamer dapat melakukan konfigurasi tindakan secara otomatis, sehingga seluruh kendali permainan tergantung pada strategi yang diterapkan Gambit System.

Zodiac Job System

Dalam Zodiac Job System ini terdapat 12 job yang tersedia, gamer akan dapat memilih 2 job untuk setiap karakter dan sayangnya ketika sudah memilih, gamer tidak bisa mengganti job. Adapun job yang disediakan diantaranya Archer (Sagitarius), Black Mage (capricorn), Bushi (Aquarius), Foebreaker (Scorpio), Knight (Leo), Machinicst (Gemini), Monk (Virgo), Red Battlemage (Cancer), Shikari (Pisces), Time Battlemage (Libra), Uhlan (Taurus), dan White Mage (Aries).

Break Damage Limit

Satu poin yang diperhatikan dalam The Zodiac Age adalah Break Damage Limit, karena karakter yang dimainkan dapat memberikan damage lebih besar dari batas limit dari FFXII versi PS2. Tentu hal tersebut akan memberikan kemudahan bagi gamer untuk mengalahkan monster yang memiliki HP banyak. Meskipun tidak semua monster bos dapat dikalahkan dengan mudah, karena membutuhkan pengaturan Gambit System yang sesuai.

Grinding

Kesan lebih mudah dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age ini dapat dirasakan ketika sedang grinding, fitur Gambit System membuat gamer tidak perlu bersusah payah menekan tombol untuk bisa mengalahkan musuh. Dengan strategi penyusuan Gambit yang tepat.

Baca ini juga :

» Review Final Fantasy VII Rebirth - Masterpiece JRPG Kembali, Nostalgia Pertemanan Cloud & Sephiroth
» Star Ocean: The Second Story r Review
» Review: Sea of Stars
» Kita Cobain Starfield, Jelajahi Luar Angkasa Seseru Itu?
» Final Fantasy XVI

Kesimpulan

Final Fantasy XII: The Zodiac Age memiliki keunggulan dari versi PS2, dimana gamer yang baru mengetahui keberadaan seri tersebut dapat dengan mudah memainkannya jika dibandingkan dengan versi PS2-nya. Dari segi kualitas grafis tidak akan terasa banyak perubahan signifikan, elemen grafis PS2 akan masih terasa kental pada bebeapa adegan.

Gameplay yang diusung Final Fantasy XII: The Zodiac Age ini juga sangat komplit, karena gamer tidak perlu bersusah payah untuk mengalahkan musuh. Memanfaatkan Gambit System dengan formula yang tepat dan pemilihan Zodiac Job yang sesuai kebutuhan maka elemen grinding dalam game ini akan sangat terasa sangat mudah dilakukan.

Game ini sangat cocok bagi gamer yang ingin merasakan serunya grinding sambil bersantai dan tidak ingin buru-buru menyelesaikan cerita, terlebih memiliki banyak waktu untuk bisa melakukan grinding dan meningkatkan karakter untuk semakin hebat. Selain itu, dari segi cerita konsep yang ditawarkan dalam game ini kurang mengigit dibandingkan dengan seri Final Fantasy VII dan Final Fantasy XIII.

So, bagi kalian penggemar Final Fantasy, seri Final Fantasy XII: The Zodiac Age ini tidak mengecewakan atau dapat disandingkan dengan versi PS2. Segala kemudahan dan fitur terbaru dalam game ini sangat berbanding terbalik dengan persepsi sama seperti PS2. Oleh sebab itu, versi The Zodiac Age ini sangat layak untuk kalian miliki.

Kesimpulan Review: Final Fantasy XII: The Zodiac Age

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Gameplay lebih seru
  • Lagu nostalgia
  • Grafis 3D lebih baik
  • Cocok untuk dimainkan bagi baru mengenal Final Fantasy
  • (-) KEKURANGAN

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview