Review

Review Asus ROG Swift PG32UQ

oleh: Yohanes

Halaman 3

MONITOR SERBA BISA UNTUK GAMER MAUPUN PEKERJA HANDAL





Asus ROG Swift PG32UQ memiliki spesifikasi yang memang diperuntukkan untuk para gamer. Akan tetapi monitor ini bukan cuma sekedar memiliki spesifikasi kelas atas diatas kertas, tapi juga kaya dengan fitur-fitur pendukung jika kamu memanglah bukan orang yang hanya akan bermain game sepanjang waktu.

Secara singkat, Asus ROG PG32UQ memiliki kecerahan layar 600 nits, resolusi UHD atau 4K yang berpanel IPS yang menghasilkan warna dan juga wide-viewing angle yang memang lebih baik dari panel VA maupun TN.

Tidak berhenti disitu, panel yang digunakan juga sangat baik dalam urusan keakuratan warna, dengan 160% sRGB dan DCI-P3 98% sudah lebih dari cukup untuk kamu yang memang membutuhkan layar untuk urusan multimedia, bahkan kelas profesional sekalipun.

ROG Swift PG32UQ sejatinya memanglah sebuah  monitor gaming, hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Monitor ini memiliki 1Ms MPRT respons time dan refresh rate tinggi hingga 144 Hz yang dapat dioverclock secara manual hingga 155 Hz yang memang akan sangat membantu bagi kamu gamer  kompetitif, apalagi jika kamu adalah seorang gamer dalam genre First Person Shooting.

ON-SCREN DISPLAY DAN FITUR





Menu On-Screen Display yang dimiliki Asus ROG PG32UQ  memiliki UI atau User Interface  yang mudah dipahami dan cukup lengkap. Pada menu terdapat semua pengaturan yang dibutuhkan seperti fitur berbagai preset warna, HDR, hingga pengaturan teknologi ELMB Sync dari Asus yang akan kru uji nantinya.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV


Sebagai Monitor Gaming, Asus tidak hanya bermodalkan panel dengan kualitas juara pada monitor ini, Asus juga menyediakan segudang fitur pendukung dari segi software. Misalnya GamePlus, yaitu software bawaan yang dapat kamu akses dari On-Screen Display langsung.

GamePlus




GamePlus ini berisikan 5 fitur penting yang bisa kamu maksimalkan dalam bermain game, yang terdiri dari Sniper Mode untuk window yang lebih terzoom untuk melatih aim kamu, Crosshair yang memanglah seperti fitur wajib untuk monitor gaming, karena mungkin saja beberapa game ada yang tidak menyertakan Crosshair. Timer, sebuah fitur yang menarik untuk kamu yang memanglah suka lupa waktu, dimana fitur ini sudah dilengkapi countdown. Yang keempat ialah FPS counter, dimana ini hanya akan aktif ketika Adaptive Sync dalam keadaan menyala, dan yang terakhir adalah Display Alignment yang akan sangat membantu untuk menyelaraskan penggunaan jika kamu ingin menggunakan monitor lebih dari satu.

Game Visual






Game Visual adalah salah satu fitur bawaan dimana kamu disediakan 7 preset mode display yang dapat kamu pilih-pilih jika memang warna yang kamu mau belum terasa sesuai untuk game-game tertentu maupun film yang sedang kamu tonton. 7 preset warna tersebut ialah FPS Mode, RPG Mode, sRGB Mode, MOBA Mode, Racing Mode, Cinema Mode dan yang terakhir Scenery Mode.

ELMB Sync






ELMB sync atau Extreme Low Motion Blur adalah fitur unggulan dari ASUS untuk PG32UQ ini, dimana ini adalah teknologi yang mirip dengan teknologi dari Nvidia yaitu Ultra-Low Motion Blur yaitu teknologi yang memungkinkan diaktifkannya teknologi motion blur dan adaptive-sync secara bersamaan, sehingga menghilangkan ghosting dan tearing guna memastikan visual yang sangat tajam pada frame rate yang tinggi saat bermain game. Karena memang monitor ini sudah dapat bekerja dengan adaptive sync dari Nvidia G-Sync maupun Radeon Freesync.

HDMI 2.1


Koneksi HDMI yang terdapat pada monitor ini sudah mendukung teknologi paling mutakhir masa kini yaitu versi 2.1 dimana bandwidth yang sudah cukup lebar untuk permainan game 4K 120 Hz tanpa chroma subsampling (4:4:4) pada konsol PlayStation 5 dan Xbox Series X.

AURA SYNC




Meskipun bukanlah sesuatu yang akan menambah performa kamu dalam bermain game, tapi sektor ini cukuplah menjadi identitas gamer masa kini, sehingga kehadiran RGB merupakan poin yang cukup seru untuk dibahas. Tentu pencahayaan Aura Sync ini dapat kamu kustomisasi dan disinkronkan pada periferal lain yang memang sudah mendukung Aura Sync juga.



Tampilan belakang yang cukup stand-out ini menjadikan sayang sekali jika monitor ini diposisikan membelakangi tembok, karena keindahan RGB nya akan terasa sia-sia jika tidak dipandangi. Meskipun fungsi RGB di belakang monitor suka dijadikan ambience lighting, tapi pancaran cahayanya terasa kurang kuat untuk dijadikan reflektif ke tembok, mungkin ini diakibatkan penggunaan lapisan chrome pada logo ROG ini.

HDR


ROG Swift PG32UQ juga hadir dengan fitur HDR 600, yaitu sebuah sertifikasi teknologi dengan kegunaan memberikan kontras yang lebih halus dan lebih tajam antara area paling gelap dan paling terang di layar. Fitur ini juga menghadirkan 'peak luminance' 600 nits yang mengagumkan untuk menampilkan gambar yang lebih cerah.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview