Review

Review ASUS TUF Gaming Radeon RX 6500XT OC Edition

oleh: Yohanes

Halaman 4

PERFORMA





Pada pengujian kali ini, kru KotGa akan melakukan benchmark sintetis serta uji di berbagai game terkini untuk menjadi gambaran sejauh mana kemampuannya. Kru KotGa akan menggunakannya dalam performa secara default saja demi mendapatkan performa out of the box yang sesungguhnya.

Berikut adalah hasil benchmark sintetis menggunakan 3DMark Firestrike, Basemark GPU yang berfokus pada kemampuan DirectX12, dan juga Unigine Heaven.




Bisa dilihat pada data tersebut bahwa bahkan untuk performa defaultnya, VGA ini menorehkan angka yang memang tidak terlalu tinggi jika kita compare terhadap VGA-VGA new gen sekarang ini, tapi jika mengingat ini adalah VGA low-end dengan 64-Bit, rasanya angka diatas cukup menarik.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV





Pada Blender 3D BMW untuk GPU render dapat selesai dalam waktu 1 menit 54 detik.

Nah, karena memang kartu grafis ini hanya memiliki 4GB VRAM, tentu ini ditujukan untuk gameplay di resolusi 1080p, selanjutnya kru KotGa akan melakukan pengujian memainkan beberapa game AAA dan juga esports. Mungkin ini bagian yang sudah ditunggu nih, inilah hasil benchmark-nya.




Bisa dilihat bahwa Asus TUF Radeon RX 6500XT OC Edition ini memang sudah berjalan sangat baik untuk memainkan game-game terkini di resolusi 1080p.

Meskipun kartu ini datang dengan ray accelerators alias bisa digunakan untuk menjalankan fitur ray tracing, performa ray-tracingnya sudah cukup oke walaupun mungkin masih belum sesuai harapan. Dalam game Shadow of The Tomb Raider VGA ini mendapatkan gameplay slideshow 18 FPS pada resolusi 1080p.

Fitur FSR atau FidelityFX Super Resolution dari AMD akan sedikit membantu untuk beberapa game yang sudah mendukung fitur ini, seperti Far Cry 6 yang mendapatkan 52 FPS meski ray tracing ikut dinyalakan, sehingga gameplay terasa cukup baik.

Kinerja kartu grafis ini tetap patut diapresiasi mengingat TUF Gaming RX 6500 XT OC Edition ini harusnya masuk dalam kategori kartu grafis low-end.

Untuk suhunya sendiri, jujur saja, kru KotGa cukup khawatir mengingat tingginya clock speed pada kartu ini yang mencapai 2,8 GHz pada boost clock, yang jika dibandingkan dengan VGA sepanjang masa seperti RX 580, clock speed 6500XT sudah dua kali lipatnya.



Titik terpanas pada kartu grafis ini mencapai 73 derajat celcius dan ini adalah letak superiornya cooling dari Asus TUF, mengingat model dari brand lain hotspotnya dapat menembus 100 derajat celcius.

Kru KotGa mengujinya menggunakan power supply Cooler Master MWE Gold 850 V2 Full Modular. Hasilnya, Asus TUF Radeon RX 6500 XT OC Edition hanya mengkonsumsi daya sebesar 8.0 watt ketika idle, dan 90.0 watt ketika full load, VGA ini tentu bukan sobat PLN.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview