Review

Ragnarok Rush

Halaman 1

Melihat perkembangan genre MMORPG di tanah air saat ini, mungkin sebagian besar gamer hanya mengikuti tren dengan memainkan seri game yang sudah populer dan banyak peminat saja. Namun jika melihat sejarahnya pada awal tahun 2000-an dulu, Ragnarok sudah termasuk salah satu franchise yang mulai mempopulerkan genre ini selama satu dekade lebih dengan basis pemain yang sangat aktif. Tentu saja peralihan generasi juga membawa dampak pada franchise ini, dimana Ragnarok mulai kehilangan popularitasnya yang mendominasi dulunya.

Untuk mengikuti tren pasar game mobile yang semakin marak di Indonesia, pihak Gravity Interactive dan Gravindo akhirnya mulai memasarkan salah satu game mobile terbaru dari franchise ini yang berjudul Ragnarok Rush. Membuka tahap Early-Accessnya beberapa waktu lalu, Ragnarok Rush adalah mobile RPG dengan mekanisme gameplay side-scrolling yang responsif. Game ini membawa semua aspek yang disukai oleh para fans veteran dari franchise ini, jadi bisa dibilang Ragnarok Rush adalah game "Fanservice" yang tidak mengecewakan untuk urusan nostalgia.

Karena penasaran dengan konsep gamenya, Kru KotGa belum lama ini sudah mendapatkan kesempatan bermain selama masa Early-Access sekaligus merangkum ulasan dari pengalaman yang sudah didapat. Penasaran seperti apa kualitas gamenya? Yuk! simak review lengkap dari Kru KotGa dibawah ini.


Keseluruhan gameplay yang lebih ringkas

Sebagai gamer yang masih sangat asing dengan seri Ragnarok, Kru KotGa awalnya tidak mengharapkan sesuatu yang jauh berbeda dibandingkan RPG lainnya di pasaran. Namun setelah memainkan gamenya secara langsung, Ragnarok Rush ternyata memiliki beberapa elemen yang membuatnya terasa lebih memiliki identitas kuatnya sendiri. Contoh sederhananya bisa dilihat dari beberapa desain kelas karakter yang unik, khususnya dari sosok maskot bernama Poring yang mengingatkan Kru KotGa dengan Slime yang ada di Dragon Quest.

Impresi pertama memang cukup baik, tapi Ragnarok Rush menawarkan sistem gameplay yang sayangnya kurang spesial. Disini kamu akan disuguhkan dengan gameplay side-scrolling yang menggantungkan setiap kemenangan kepada skill individu karakter yang digunakan. Artinya, kamu hanya perlu berfokus untuk memperkuat karakter daripada menentukan strategi khusus dalam bertarung selayaknya RPG berbasis turn-based.

Selain menggunakan hero dalam bertarung, ada juga pet yang akan memberikan support terbaiknya. Jenis pet yang bisa dipelihara sendiri beragam mulai dari monster biasa hingga legendaris yang pastinya memiliki kekuatan tempur terbaik. Sebagai assist yang cukup vital, kamu harus sering menggunakan bantuan pet saat berhadapan dengan situasi terdesak seperti misalnya saat musuh terus menggempur dengan kombo skill yang lebih superior.

Baca ini juga :

» Star Ocean: The Second Story r Review
» Review: Sea of Stars
» REVIEW: EGGY PARTY
» Kita Cobain Starfield, Jelajahi Luar Angkasa Seseru Itu?
» Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion

Penuh kesan nostalgia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Kru KotGa memang masih asing dengan franchise Ragnarok, namun hal itu bukan berarti tidak ada daya tarik yang membuat Ragnarok Rush terasa nostalgic. Jika harus disebutkan, game ini menawarkan tema cerita dunia fantasi yang melebur dengan konsep pemilihan kelas karakter standar RPG klasik. Semua itu juga belum dihitung dari desain maskot dan pet yang sangat khas dan hanya bisa ditemukan di franchise ini saja.

Tidak hanya memberikan para fans veteran sensasi bermain Ragnarok yang sudah lama dirindukan, namun beberapa pemain pendatang baru pun juga akan merasakan sensasi yang sama. Perbedaan mekanisme gameplay yang lebih sederhana sayangnya bisa menjadi penghalang bagi para fans untuk menikmati game ini, karena seri klasik Ragnarok memang lebih dikenal dari gameplay MMORPG berbasis point to click yang lebih responsif.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview