Review

ROG Phone

oleh: Master-Fakry

Baterai dan Kesan Gaming

Masuk ke pembahasan yang paling penting, yaitu pengalaman ketika gaming. Namun, sebelum ke pembahasan tersebut, kamu harus tahu kalau ROG Phone dibekali baterai berkapasitas 4000mAh, fitur fast-charging dan power adapter atau charger berarus 3A dan bertegangan 10V. Dengan konfigurasi tersebut, maka pengisian baterai ROG Phone bisa sangat cepat. Berdasarkan pengalaman ketika melakukan pengisian baterai, dari indikator 31 persen ke 100 persen, hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam lebih 20 menit saja. Ketika menggunakan charger ROG Phone, indikator baterai menampilkan simbol tambah (+) yang artinya fitur fast-charging aktif.


Selain percobaan pengisian baterai, Kru KotGa juga melakukan percobaan untuk menggunakan ROG Phone dalam penggunaan normal, yaitu tidak terlalu intens main game, hanya menggunakan medsos sesekali, chatting via aplikasi pengirim pesan seperti WhatsApp, streaming YouTube dan menjadikan sebagai hotspot untuk keperluan internet laptop. Fitur X Mode-nya dimatikan, ya. Dengan kondisi seperti ini, ROG Phone bisa bertahan antara 8-9 jam, tergantung beban kerjanya yang diberikan. Terbilang lama untuk sebuah smartphone flagship yang dapat menghadirkan kinerja tinggi.


Kemudian Kru KotGa masuk dalam percobaan yang lebih hardcore, yaitu main game non-stop, dengan fitur X Mode menyala dan menggunakan AeroActive Cooler (pendingin eksternal bawaan). Game yang dimainkan adalah PUBG MOBILE dengan pengaturas Ultra dan HD, kemudian Free Fire dengan pengaturan terbaik, Ragnarok M: Eternal Love dengan pengaturan grafis 720p serta Tap Titans 2 dengan pengaturan high-frame rate serta semua efek dinyalakan yang mana mobile game tersebut dimainkan secara bergantian. Hasilnya, mulai dari indikator 100 persen ke 15 persen, ROG Phone bisa bertahan dalam waktu lebih kurang 3 jam 10 menit.



PUBG MOBILE


Ragnarok M: Eternal Love

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Game Kingdom Building yang Bikin Kamu Ketagihan Main Non-stop! Review Top Troops
Mengenai baterai, seperti ZenUI lainnya, pengguna bisa memilih tiga mode baterai untuk melakukan penghematan daya, yaitu Balance untuk pengaturan yang standar antara kinerja dengan kecerahan layar, Power Saving untuk lebih menghemat baterai dengan langsung mematikan paket data mobile ketika ponsel berada dalam keadaan sleep, dan Super Saving untuk penghematan daya baterai maksimal dengan mematikan paket data mobile dan Wifi, dan hanya mengaktifkan fitur panggilan, SMS dan alarm. Secara keseluruhan, ketahanan baterai ROG Phone terbilang memuaskan ya. Suhu ponsel juga terbilang cukup stabil ketika AeroActive Cooler terpasang. Suhunya agak naik ketika AeroActive Cooler dilepas.


Pokemon Go

Sebagai acuan kinerja, berikut Kru KotGa sertakan hasil benchmark ketika ROG Phone menggunakan AeroActive Cooler dalam kondisi X Mode "On" dan "Off". Alasan Kru KotGa melakukan benchmark dengan AeroActive Cooler adalah dikarenakan kinerja ROG akan maksimal ketika aksesoris ini terpasang.


X Mode Off


X Mode On

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview