Review

Review: Resident Evil 3 Remake

oleh: Reza Alif

Halaman 3

5. Playtime yang Terlalu Singkat


Sumber: Dok. KotakGame

Untuk sebuah game yang berharga sekitar 900 ribu Rupiah, Resident Evil 3 Remake adalah game dengan playtime yang terbilang cukup singkat. Bahkan dalam mode assisted ataupun standard, kamu bisa menyelesaikan game ini dalam kurun waktu hanya tiga sampai empat jam saja, bahkan akan jauh lebih singkat jika melakukan skip pada tiap cut scene.


Sumber: Dok. KotakGame

Tentu ini juga menjadi hal yang kontroversial juga, karena banyak dari para gamer kecewa akan durasi yang singkat ini. Namun, sisi baiknya, petualangan dalam Resident Evil 3 Remake ini memang layaknya menaiki sebuah Roller Coaster, di mana kita akan terus dibuat tegang tanpa memberi waktu jeda sedikitpun. Kru KotGa sendiri beberapa kali sempat berhenti sejenak untuk beristirahat di Safe Room.


Sumber: Dok. KotakGame

Kamu tidak akan mendapatkan satupun porsi santai atau sekedar ingin mengeksplorasi tempat-tempat yang ada dengan hati yang tenang. Di setiap tempat akan dipenuhi zombie dengan jumlah yang sangat banyak, belum lagi hadirnya Nemesis, yang hampir tidak berhenti mengejar kita.


Sumber: Dok. KotakGame

Namun, jika kamu merasa singkat, game ini memberikan fitur replay game yang bisa ditambah dengan beberapa item tambahan yang bisa dibeli sebelum memulai game dengan point yang kita dapatkan, seperti senjata atau koin yang berfungsi sebagai buff. Jadi buat yang suka dengan mastering sebuah game, Resident Evil 3 adalah game yang sangat tepat.

Baca ini juga :

» Apollo Justice: Ace Attorney Trilogy Review
» EA Sports FC 24
» Street Fighter 6
» Persona 5 Royal PC Ver
» FIFA 23
6. Minim Puzzle


Sumber: Dok. KotakGame

Resident Evil 3: Nemesis atau versi originalnya adalah sarang dari banyaknya puzzle rumit nan mengasyikkan. Sayang di versi Remake ini justru puzzle ini hanya terkesan sebagai pelengkap. Justru hal yang membuat Resident Evil 3: Nemesis menjadi seri yang sempurna adalah puzzle yang bikin kita penasaran.


Sumber: Dok. KotakGame

Resident Evil 3 Remake justru seakan membuang hal tersebut dan menggantinya dengan beberapa puzzle yang sangat mudah, bahkan jumlahnya tidak lebih banyak dibanding Resident Evil 2 Remake. Seandainya Capcom mau menambahkan beberapa puzzle tambahan yang lebih rumit, mungkin ini bisa menjadi game yang mampu menyamai kualitas Resident Evil 4.


Sumber: Dok. KotakGame

Kemudian kekurangan lainnya juga hadir saat kita mencari item yang diperlukan, karena item dalam game ini sangat mudah ditemukan dan tidak banyak halangan yang berarti. Kita pun sudah mempunyai cukup petunjuk yang bisa membantu kita secara tepat menemukan lokasi item tersebut.


Sumber: Dok. KotakGame

Padahal pada versi originalnya, kita harus memikirkan tiap petunjuk yang ada di file ataupun petunjuk yang bertebaran di map, bahkan seringkali kita harus membuka walkthrough untuk menemukan beberapa item. Meski sedikit membuat frustasi, hal itulah yang membuat versi originalnya lebih mengasyikkan dalam hal ini.

Game yang Stabil


Sumber: Dok. KotakGame

Capcom adalah perusahaan game yang cukup ternama di dunia, pastinya mereka membuat game dengan sangat teliti dan detail. Terbukti, Resident Evil 3 Remake ini mampu berjalan stabil dan minim bug.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Bahkan, kru KotGa telah mencoba memainkan game ini dengan PC spesifikasi minimum seperti yang tertera pada kolom Steam, game ini tetap mampu berjalan tanpa kendala, meski terjadi penurunan kualitas visual pastinya.

Kesimpulan

Resident Evil 3 Remake secara garis besar tetap merupakan game survival horor yang punya kualitas tinggi, apalagi jika kita berbicara soal visual yang indah bahkan jauh lebih baik dibanding versi Remake sebelumnya.

Namun, terdapat beberapa hal kontroversial yang justru membuat fans lama kecewa, seperti jalan cerita yang berubah drastis, minimnya puzzle, serta playtime yang terbilang sangat singkat. Meski jika tidak menengok kepada versi originalnya, game ini tetap berkelas.

Karena itu, untuk para pemain baru yang baru memulai Resident Evil di beberapa seri terakhir, pastinya akan dimanjakan dengan banyaknya aspek keseruan yang hadir di Resident Evil 3 Remake. Belum lagi mekanisme kejar-kejaran antara karakter utama dengan Boss utama yang brutal juga hanya bisa dinikmati dalam game ini saja.

Kesimpulan Review: Resident Evil 3 Remake

85KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Visual serta detail grafis yang memukau
  • Penuh aksi seru yang masuk akal
  • Nemesis yang jauh lebih mengerikan
  • Stabil dan minim bug
  • (-) KEKURANGAN
  • Playtime terlalu singkat
  • Minim puzzle
  • Dan Puzzle yang terlalu mudah
KotakGame

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview