NEWS

AMD Resmi Meluncurkan APU Seri 5000G, Apa Saja Detilnya?

Yohanes   |   Rabu, 14 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

AMD akhirnya melanjutkan seri Accelerated Processing Unit (APU) 4000G mereka, yaitu dimana prosesor yang memiliki on-board VGA dalam satu chip .Tampaknya kali ini peningkatan yang cukup meyakinkan. Terutama jika kamu yang tidak bisa menunggu kekurangan VGA berakhir untuk segera build PC. APU seri Ryzen 5000G baru dari AMD mengawinkan kekuatan pemrosesan Zen 3 dengan pengolah grafis terintegrasi Vega 8, memberi kamu kinerja VGA yang mirip-mirip dengan low-end discrete GPU tanpa harus membeli kartu grafis khusus secara terpisah.

Baca ini juga :


» Gigabyte Konfirmasi Kehadiran Prosesor Zen 5 Terbaru AMD Ryzen 9000 Series Lewat Website Mereka!
» Prosesor Zen 5 AMD Ryzen 9000 Masuk Daftar Driver Motherboard, pertanda Rilis Dalam Waktu Dekat?
» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» AMD Gelar Acara Peluncuran Prosesor dan GPU Desktop Generasi Terbaru Ryzen 8000G dan RX 7600XT
» uHigh Farewell dari Bigetron, Ryzen: Dia Emang Mau Pulang ke Malaysia!




Sumber: AMD


Kali ini AMD membuat dua versi untuk seri APU mereka, yaitu seri G dengan TDP 65 watt, dan seri GE dengan TDP 35 watt untuk spesialisasi PC low-power. Jajaran awal dibagi menjadi chip Ryzen 3 dengan 4 cores 8 threads, Ryzen 5 dengan 6 cores 12 threads, dan juga seri high-end mereka yaitu Ryzen 7 dengan 8 cores 16 threads. Perbedaan mendasar antara seri G dan GE selain TDP ialah clock speed, dimana misal Ryzen 3 5300G memiliki base clock 4GHz pada 65W TDP dan Ryzen 3 5300GE yang hanya memiliki base clock 3.6GHz pada 35W. Seri GE yang memiliki konsumsi listrik rendah jelas ditujukan untuk pembeli komputer tanpa embel-embel. Sweet spot tampaknya masih berada pada model lebih tinggi. Ryzen 5 5600G dan Ryzen 7 5700G seharusnya sudah cukup cepat untuk game 3D yang tidak terlalu intensif, seperti DOTA 2, Overwatch maupun Valorant.

Klaim performa yang dilansir dari AMD mengatakan 5700G rata-rata antara 35 hingga 80 persen lebih cepat daripada Intel Core i7-10700 dalam kreativitas, produktivitas dan aplikasi benchmark. AMD mengklaim frame rate yang benar-benar dapat dimainkan (yaitu, di atas 30FPS) dalam judul-judul game yang kesulitan dimainkan di Core i7-10700, yaitu Assassin's Creed Odyssey, Civilization VI, dan Metro Exodus.


Sumber: AMD


Mirip dengan seri 4000G, kamu harus cukup puas dengan aturan membeli seri Ryzen 5000G dengan sistem bundling atau membeli secara utuh pada sistem pre-built untuk di minggu-minggu pertama setelah peluncuran seri ini. Namun, AMD mengatakan mereka akan tersedia secara terpisah untuk PC rumahan "akhir tahun ini." Seharusnya hal ini bukanlah menjadi masalah besar, karena pada akhirnya akan banyak seri G yang dijual dalam versi tray dalam keadaan baru full garansi maupun second. Menjadi opsi alternatif yang baik dalam keadaan langkanya VGA saat ini, itupun jika kamu dapat menemukan stoknya dalam keadaan harga sesuai MSRP.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru