NEWS

Ini yang Paling Jauh! Linus Berhasil Mendinginkan PC Server Menggunakan Pendinginan Kolam Renang

Yohanes   |   Jumat, 04 Aug 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Linus dari channel YouTube Linus Tech Tips memang selalu saja kreatif untuk urusan solusi perkomputeran yang disajikan di channelnya. Kali ini kreatif bukan main, karena Linus menggunakan kolam renangnya sebagai solusi pendinginan PC server di studionya. Meski terdengar agak konyol, namun ternyata ini adalah hal yang bisa dilakukan, karena secara konsep memang masuk akal.

Baca ini juga :


» Linus Rakit Wooden PC Sesungguhnya Yang Memiliki Roda Gigi Bergerak Ketika Beroperasi
» Gokil, Linus Tech Tips Merakit PC Dengan Pendinginan Tenaga AC Alias Pendingin Ruangan
» Linus Rakit PC Sudah Biasa, Kali Ini Linus Merakit Sebuah Smartphone!
» Download RAM? Linus Membuktikan Bahwa Sekarang Eranya Mendownload Casing PC!
» Ingat Dengan Meme The Verge PC Build? Stefan Etienne Comeback Di Channel YouTube Linus




Sumber: Linus Tech Tips


Untuk proyek ini Linus merombak desain kolam renang yang ada di pekarangan studionya, dengan cara menambahkan heatsink yang terpendam di bawah kolam renang. Permasalahan utama ialah bagaimana cara mengirim panas dari PC Server di dalam ruangan hingga mencapai ke kolam renang tersebut.


Sumber: Linus Tech Tips


Masalah tersebut dipecahkan dengan menggunakan tubing tentunya, yang mengalirkan panas secara efektif dengan pendinginan tidak terbatas dari kolam renang, setidaknya itu yang Linus katakan di videonya yang kami sertakan di bawah ini. Hasilnya juga cukup mengejutkan CPU yang berjalan dalam keadaan benchmark full load dapat bertahan di suhu 57 derajat celcius saja, yang sebelum menggunakan pendinginan ini berada di angka 73 derajat celcius. Sedangkan untuk GPU suhunya tidak beranjak dari 38 derajat celcius yang awalnya 53 derajat celcius. Gokil juga ya, apa kamu ingin mencoba juga?



Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru