NEWS

Valve Janjikan Skena yang Lebih Sehat, 90.000 Akun Smurf DOTA 2 Akhirnya Diblokir

Yohanes   |   Selasa, 05 Sep 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Valve sebagai pengembang sekaligus publisher game DOTA 2, janjikan skena DOTA 2 yang lebih sehat diawali dengan memblokir puluhan ribu akun smurf yang memang telah lama menjadi duri dalam daging. Tepatnya ada sebanyak 90.000 akun yang diblokir, menurut laporan resmi mereka yang dipublikasi pada 1 September lalu. Akun-akun ini biasanya digunakan gamer agar bisa bermain dengan pemain berperingkat rendah sehingga game tentu akan terasa lebih mudah untuk mereka. Akun smurf ini juga biasanya digunakan untuk berbuat curang, untuk menipu, serta untuk berbuat toxic seperti melontarkan kata-kata kasar. Menurut laporan Valve, sebanyak 90.000 akun tersebut kini dihapus dari server DOTA 2 karena dianggap hanya aktif beberapa bulan saja, sehingga bukan tergolong akun utama.

Baca ini juga :


» Resmi! Valve Umumkan The International 2024 Bakal Digelar di Copenhagen, Denmark Pada Bulan September!
» Valve Hapus Helldivers 2 Palsu Dari Steam
» Siapkan Storagemu! Steam Next Fest Akan Di Gelar Malam Ini
» Modder Buktikan Steam Deck Bisa Menyala Tanpa Baterai dan CPU Cooler!
» Steam Hentikan Layanan Untuk Windows 7 dan Windows 8




Sumber: Reddit


Selain memblokir 90.000 akun smurf, Valve juga melacak siapa pemilik akun-akun kecil yang diblokir permanen tersebut. Namun, Valve tidak menyebut apakah akun-akun utama ini ikut diblokir secara permanen atau tidak. Ke depannya, Valve mengatakan bahwa apabila ada akun utama yang memiliki atau terhubung dengan akun smurf, maka akun tersebut akan dikenakan sanksi. Hukuman yang bisa didapat mulai dari peringatan ringan, penyesuaian terhadap pencarian pertandingan di dalam game, hingga pemblokiran akun secara permanen.



Memang kejadian ini bukanlah yang pertama kali terjadi, pada Februari lalu, mereka juga memblokir secara permanen sekitar 40.000 akun yang ketahuan menggunakan cheat. Uniknya, langkah ini dilakukan Valve setelah mereka sengaja membuat "jebakan" bagi puluhan ribu pengguna curang (cheater) tersebut. Jebakan ini disematkan ke dalam game Dota 2 dalam sebuah pembaruan (patch) berkedok bug, atau biasa dijuluki Valve sebagai "honeypot", yang dirilis Valve belum lama ini. Lewat patch ini, Valve sengaja membuat beberapa data "rahasia" di dalam game yang sebelumnya tidak bisa dilihat pemain, menjadi bisa diintip oleh pemain jika mereka menggunakan suatu software pihak ketiga.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru