NEWS

SteamOS 3.5.1 Preview Menambahkan Dukungan Undervolting Ke Steam Deck

Aeprukmana   |   Selasa, 17 Oct 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Perangkat genggam yang digerakkan oleh AMD Van Gogh APU, kini telah mendapatkan dukungan undervolting serta langkah-langkah keamanan yang lebih baik.

Preview sistem operasi Steam Deck terbaru sekarang menyertakan dukungan untuk undervolting, sebuah fitur yang menarik perhatian para gamer beberapa bulan yang lalu hingga Steam membuatnya lebih menantang untuk digunakan. Valve tidak pernah berniat untuk memblokir fitur ini sepenuhnya, tetapi masalah muncul ketika pengguna menggunakan pengaturan yang tidak didukung, yang berpotensi mengakibatkan perangkat menjadi bricked.

SteamOS 3.5.1 Preview yang baru saja diluncurkan menggabungkan tindakan perlindungan bagi pengguna yang memilih untuk menurunkan voltase, memastikan bahwa jika mereka mengurangi voltase ke tingkat yang dapat membuat perangkat tidak dapat dioperasikan, ada cara sederhana untuk mengembalikannya ke kondisi fungsional. Solusi ini tidak rumit: firmware baru versi 118 akan secara otomatis mengatur ulang pengaturan voltase untuk SoC AMD ketika pengguna melakukan reset CMOS. Pada iterasi sebelumnya, pengaturan ini tetap tidak berubah.

Untuk memulai reset CMOS, pengguna harus menekan dan menahan tombol 'volume bawah', 'tombol tiga titik', dan 'tombol daya' secara bersamaan. Untuk mengakses BIOS, tahan tombol volume bawah selama boot sistem.


Sumber: @HiTechLoLife1

Seperti halnya semua prosesor modern, menurunkan voltase AMD APU dapat menghasilkan peningkatan kinerja yang nyata. Prosesor menjadi lebih hemat energi, menghasilkan lebih sedikit panas, dan sering kali berkinerja sama atau bahkan lebih baik. Pengguna melaporkan opsi undervolting maksimum sebesar -50 mV.

Selain itu, telah dicatat bahwa peningkatan firmware dari versi 116 ke 118 menghilangkan akses ke AMD PBS (Precision Boost) dan CBS (pengaturan Custom Bios). Namun demikian, undervolting masih dapat memberikan hasil yang lebih baik, dan dengan pembaruan firmware, undervolting berpotensi memberikan hasil yang lebih baik lagi.

Baca ini juga :


» Steam Update Kebijakan Refund, Game Advanced Access Tidak Bisa Refund Jika Playtime Lewat Dari 2 Jam
» Valve Hapus Helldivers 2 Palsu Dari Steam
» Siapkan Storagemu! Steam Next Fest Akan Di Gelar Malam Ini
» Modder Buktikan Steam Deck Bisa Menyala Tanpa Baterai dan CPU Cooler!
» Steam Hentikan Layanan Untuk Windows 7 dan Windows 8

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru