NEWS

Uni Eropa Jatuhkan Denda $539 Juta ke Apple Karena Tuduhan Monopoli di App Store

Rahmat Handiko    |   Selasa, 20 Feb 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Apple dihadapkan pada kemungkinan denda besar senilai €500 juta ($539 juta) oleh Komisi Eropa, sebagai akibat dari tuduhan bahwa perusahaan tersebut telah mendistorsi persaingan dalam industri layanan streaming musik.

Menurut laporan Tech Wire Asia, keluhan tersebut diajukan oleh Spotify, yang mengklaim bahwa Apple secara tidak adil memonopoli ekosistem App Store-nya. Salah satu poin utama keluhan Spotify adalah praktik biaya besar yang dikenakan oleh Apple, yakni sekitar 30%, kepada penyedia layanan streaming musik lainnya yang beroperasi di App Store. Hal ini dituduh membatasi pilihan konsumen, karena biaya dan beban tersebut seharusnya tidak sebesar itu.

Dalam istilah yang dikenal sebagai "Pajak Apple," Spotify dan penyedia layanan streaming musik lainnya menggambarkan bagaimana Apple memberlakukan biaya komisi yang tinggi kepada pengguna yang memilih layanan selain Apple Music di App Store.

Baca ini juga :


» Kabar Baik Bagi user iPhone! Akhirnya Apple Izinkan Benerin iPhone Pakai Part Bekas dari iPhone Lain!
» Apple Akhirnya Izinkan Emulator Masuk ke App Store, Udah Bisa Mainin Game Retro di iOS!
» AI Playlist, Fitur Baru Spotify Bikin Kamu Bisa Bikin Playlist Sendiri Cuma Dari Teks Kayak ChatGPT!
» Apple Tambahkan Fitur Avatar Spatial Persona ke Vision Pro, Bikin Video Call Berasa Ketemu Langsung!
» Ikut Ramaikan April Mop, Nintendo Umumkan Virtual Boy Pro! Sebuah Parodi Headset Apple Vision Pro!

Keluhan ini bukan hal baru, karena tuduhan serupa telah dilontarkan oleh Spotify sejak tahun 2019. Uni Eropa, merespons keluhan ini, akhirnya memutuskan untuk memberlakukan denda sekitar €500 juta kepada Apple.

Pihak Apple, sementara itu, disebut-sebut akan menolak keras tuntutan ini. Mereka mengklaim bahwa kesuksesan Spotify juga tergantung pada ketersediaan aplikasinya di App Store sebagai "gratis." Namun, Spotify menanggapi klaim ini dengan menyoroti bahwa meskipun mungkin gratis untuk pengguna, pengembang masih harus membayar biaya untuk menggunakan akun pengembang di App Store.

Kontroversi ini mencerminkan ketegangan yang semakin memanas di antara perusahaan teknologi besar terkait praktik bisnis yang dituduhkan melanggar aturan persaingan yang sehat.



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru