NEWS

Elon Musk Pastikan xAI Grok Chatbot Bakal Open Source, Buat Saingi OpenAI yang Menurutnya Tidak Open

Rahmat Handiko    |   Selasa, 12 Mar 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Menurut pernyataan Elon Musk, rencananya adalah membuat xAI yang merupakan asisten AI dalam chatbot Grok, menjadi open source. Pendiri perusahaan tersebut belum memberikan detail lebih lanjut mengenai keputusan ini, namun rencananya dijadwalkan akan diimplementasikan dalam minggu ini.

Inisiatif untuk membuka akses ke pengetahuan bukanlah hal baru bagi perusahaan yang dipimpin oleh Musk. Sepuluh tahun yang lalu, Tesla membuka sumber patennya, yang pada akhirnya menginspirasi produsen mobil besar lainnya untuk mengadopsi konektor pengisian daya kendaraan listrik yang seragam. Sebelumnya, X telah merilis kode yang mendukung umpan algoritma "For You" tahun lalu, meskipun informasi yang diperoleh dari sumber tersebut masih terbatas.

Menurut laporan The Wall Street Journal, Musk kemungkinan berharap bahwa dengan memperbolehkan pengembang dan peneliti pihak ketiga untuk mengakses kode Grok, dapat terjadi peningkatan dalam penggunaan model tersebut. Selain itu, komunitas pengembang juga diharapkan dapat memberikan umpan balik yang berguna untuk terus meningkatkan performa Grok.

Baca ini juga :


» OpenAI Rilis ChatGPT Versi Terbaru GPT-4o, Lebih Pintar dan Gratis Untuk Semua Pengguna!
» [RUMOR] Siap Bersaing Dengan Google! OpenAI Akan Membuat Mesin Pencarian Dengan Tenaga AI!
» Karena Gambar yang Tidak Wajar, Netflix Dituduh Pakai AI Generate di Film Dokumenter Kriminal!
» Ternyata Ini Alasan Orang Nomor Satu Di Apple Tim Cook Datang Ke Indonesia!
» Elon Musk Bakal Bikin Aturan Dimana Pengguna Baru Harus Bayar Kalau Mau Posting Di X/Twitter!

Keputusan untuk membuat Grok jadi open source juga dapat diartikan sebagai upaya untuk membuka akses ke teknologi di OpenAI secara keseluruhan. Sebelumnya, Musk telah mengajukan gugatan terhadap pembuat ChatGPT, perusahaan yang ia dirikan, dengan tuduhan bahwa perusahaan tersebut telah mengutamakan keuntungan daripada mematuhi misi nirlabanya.

Gugatan tersebut menciptakan gambaran OpenAI sebagai "anak perusahaan de facto sumber tertutup" dari Microsoft, yang telah berinvestasi sejumlah besar dana ke OpenAI dan memiliki 49 persen saham. OpenAI, sebagai tanggapan terhadap gugatan Musk, menyatakan bahwa Musk memiliki niat untuk menggabungkan perusahaan dengan Tesla dan menjadi CEO-nya.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru