NEWS

Inilah Space School, Game Klasik Buatan Konami yang Keberadaanya Baru Diketahui!

Fadhil Baladraf   |   Senin, 09 Sep 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Mencari keberadaan dari salah satu game klasik yang pernah kamu mainkan di masa kecil memang tidak mudah, karena selain harus mengingat judul dari game yang pernah dimainkan, ada kemungkinan kecil kalau kamu bisa mendapatkan game tersebut secara legal di era sekarang. Terlepas dari semua itu, hal ini bukanlah tantangan berarti bagi para kolektor game fanatik yang selalu mendapati banyak penemuan game langka dan menarik dari penjuru dunia.

Berbicara soal penemuan menarik, belum lama ini YouTuber Nikolai Gubanov - Russian Geek baru saja menemukan seri game klasik yang keberadaanya baru ditemukan. Nama game tersebut adalah Space School, sebuah game besutan Konami yang dihadirkan dalam format seri dan dirilis untuk platform Famicom. Alasan kenapa game ini tidak diketahui keberadaannya karena Space School hanya dikhususkan untuk praktik edukasi untuk sekolah dan beberapa perusahaan. Karenanya, Konami tidak mempromosikan game ini ke publik dan versi fisiknya juga sangat langka untuk ditemukan.

Baca ini juga :

» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Contra: Operation Galuga Tersedia Sekarang!
» Yu-Gi-Oh! World Championship 2024 akan Diadakan di Amerika Serikat
» Persona 3 Reload Terjual 1 Juta Unit Dalam Seminggu, Kreator Suikoden Tutup Usia
» Seorang Pria di Amerika Serikat Nekat Mencuri Kartu Pokemon Senilai 783 Juta Rupiah!

Tidak hanya soal kelangkaan, Space School hanya dapat berjalan pada hardware unik yang belum pernah didokumentasikan. Tantangan kembali muncul setelah Nikolai sadar kalau file game ini harus di reverse-engineer, dan hanya ada sebagian kecil dari orang yang bisa melakukannya di seluruh dunia. Seolah seperti takdir, Nikolai akhirnya dihubungi oleh hacker ROM asal Russia bernama CaH4e3 yang bersedia membantunya untuk melakukan dumping file game tersebut. CaH4e3 ternyata sudah memiliki data dari beberapa game Space School selama hampir 10 tahun dan mengetahui dengan betul cara untuk menjalankan gamenya. Meskipun begitu dia memerlukan versi fisik gamenya dan adapter khusus yang hanya dimiliki Russian Geek.

Setelah memutuskan untuk bekerjasama, CaH4e3 dan Russian Geek akhirnya berhasil mendapatkan dump file dari semua game Space School yang sekarang sudah bisa dimainkan dengan emulator. Tentu saja Space School adalah game kategori niche yang mungkin tidak memiliki kualitas terbaik, namun penemuan ini masih terhitung luar biasa dan melahirkan sebuah kisah baru yang bisa saja lenyap di generasi selanjutnya.

Sumber: Russian Geek

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru