NEWS

AMD Umumkan Ryzen 5000 Series Akan Meluncur Untuk Laptop Pada April 2021

Salman Reza   |   Kamis, 01 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Pada konferensi CES 2021 yang diadakan pada Januari tahun lalu, AMD secara resmi meluncurkan seri prosesor notebook (CPU) seri Ryzen 5000 series mobile. Kini, CPU dengan arsitektur "Zen 3" yang dirancang dengan proses manufaktur berukuran 7 nanometer akan segera hadir di Indonesia.

Paige Shi, Director of Consumer Business AMD Asia Pasifik dan Jepang, mengatakan ada dua tipe seri Ryzen 5000 yang diboyong ke Indonesia, yakni seri Ryzen 5000 H dan seri U. Keduanya didesain untuk komputer notebook dengan target pasar berbeda. Ryzen H Series akan ditargetkan untuk laptop para gamers dan kreator konten, dan Ryzen U Series akan ditargetkan untuk laptop tipis dan ringan.

Baca ini juga :


» Gigabyte Konfirmasi Kehadiran Prosesor Zen 5 Terbaru AMD Ryzen 9000 Series Lewat Website Mereka!
» Prosesor Zen 5 AMD Ryzen 9000 Masuk Daftar Driver Motherboard, pertanda Rilis Dalam Waktu Dekat?
» Intel Gaudi 2 Accelerator Menampilkan Performa Kompetitif Melawan NVIDIA H100
» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» AMD Gelar Acara Peluncuran Prosesor dan GPU Desktop Generasi Terbaru Ryzen 8000G dan RX 7600XT



Sumber: AMD

AMD Ryzen 9 5980HX dan 5900HX adalah versi prosesor teratas dan pertama dari keluarga seri Ryzen 5000 H, dilengkapi dengan fungsi overclocking yang telah di unlock. Dengan fitur ini, pabrikan (OEM) dapat mengatur kecepatan CPU (clock speed) dengan TDP yang lebih besar dari 45 watt hingga 4,8 GHz.

Dikatakan bahwa dua prosesor pertama dari seri Ryzen 5000 H 23% lebih bertenaga dari prosesor generasi sebelumnya dalam performa single-thread dan 17% dalam performa multi-thread. Berpindah ke AMD Ryzen 5000 U-Series. Varian teratas dari seri ini, Ryzen 7 5800U, dikatakan memiliki performa single-threaded 16% dan performa multi-threaded 16% dibandingkan generasi sebelumnya. Dari segi daya tahan baterai, laptop dengan CPU ini kokoh dan tahan lama, serta dapat menemani pengguna untuk penggunaan normal dan menonton film selama puluhan jam.


Sumber: AMD

Manajer pengembangan bisnis konsumen AMD Indonesia Armawati Cen juga mengatakan: "Waktu penggunaan normal Ryzen 5800 U hingga 17,5 jam, dan pemutaran video hingga 21 jam." Untuk memberikan kegunaan, AMD mengatakan bahwa Ryzen 5000 Prosesor seri U Produk komputer notebook ini dijadwalkan tiba pertama kali pada akhir April 2021.

Sementara itu, laptop yang dilengkapi prosesor seri Ryzen 5000 H akan tersedia pada akhir Mei 2021. Bagian mana dari seri notebook ini yang belum terungkap, namun AMD berjanji akan menjual empat pemasok berbasis produk seri Ryzen 5000 U dan H di Indonesia, yakni Acer, Asus, HP, dan Lenovo.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru