NEWS

China Lakukan Uji Coba Internet Ultra-Fast dengan Kecepatan 300 Gbps, Calon Koneksi 6G?

Yohanes   |   Jumat, 28 Apr 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Meski teknologi 5G yang masih belum secara merata diadopsi oleh negara-negara di dunia sebagaimana jaringan 4G, namun pengembangan jaringan internet keenam (6G) sudah mulai dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Tiongkok menjadi salah satu negara yang mengembangkan internet 6G lebih awal. Informasi terbaru, Negeri Tirai Bambu ini sedang menguji coba internet nirkabel (wireless) ultra-fast yang kecepatan unduhnya (download) tembus hingga 300 Gbps (gigabits per second). Kecepatan itu di atas 10 kali lipat lebih ngebut dibanding standar kecepatan internet 5G saat ini.

Baca ini juga :


» Cuan For Life! Elon Musk Terapkan Kebijakan Bayar Untuk Buat Akun Twitter di Beberapa Negara
» Bisa Dimainkan Solo, Payday 3 Ternyata Tetap Membutuhkan Koneksi Internet
» Kolaborasi MyRepublic dan Gamers Paradise: Gaming Sepuasnya Tanpa Lagging hingga Hiburan Tanpa Batas
» Kamehameha Goku di Fortnite Menjadi Viral di Internet
» MyRepublic Luncurkan MyGamer 250 Mbps, Ada Bonus Voucher Game dari UniPin!




Sumber: China Aerospace Science and Industry Corporation


Kemungkinan, uji coba yang dilakukan China Aerospace Science and Industry Corporation ini adalah bagian dari pengembangan jaringan 6G di China. Sebab, teknologi yang dipakai untuk pengujian tersebut adalah frekuensi terahertz (Thz), sekedar informasi ini adalah teknologi yang sama ketika yang dipakai China pada 2020 lalu saat meluncurkan satelit pertamanya untuk menguji coba jaringan 6G.



Teknologi Thz kerap kali disebut-sebut sebagai standar teknologi wireless yang menjanjikan untuk 6G dan menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Namun, perkembangan dari teknologi ini masih terdapat sejumlah tantangan. Frekuensi Thz ditemukan mudah menyerap elemen-elemen lain, seperti air. Sehingga, hal tersebut membatasi jangkauan internet 6G dibandingkan gelombang frekuensi yang lebih rendah. Akan tetapi, para peneliti tetap optimis bahwa tantangan atau kendala yang muncul bisa segera diatasi di masa mendatang. Teknologi Thz juga disebut memiliki potensi untuk melakukan perubahan besar terhadap komunikasi nirkabel.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru