NEWS

ASUS GeForce RTX 4090 Memecahkan Rekor Overclocking GPU 4.0 GHz Untuk Pertama Kalinya

Aeprukmana   |   Kamis, 06 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Hanya dalam beberapa jam setelah Cens mencapai clock speed 3975 MHz dengan menggunakan RTX 4090 dari Colorful, seorang enthusiast dan overclocker lainnya, Splave, berhasil melampaui ambang batas 4000 MHz yang legendaris.

Untuk hasil ini, Splave menggunakan GPU ASUS RTX 4090 ROG Matrix yang belum dirilis ke publik. Ini adalah model yang sangat binned dengan pendingin cair yang kuat, tetapi overclocker tidak bergantung pada teknik dasar seperti itu. Sebagai gantinya, nitrogen cair yang dikombinasikan dengan banyak kesabaran dan pengalaman digunakan.

RTX 4090 telah di-overclock ke 4005 MHz dengan benchmark GPUPI dengan pembacaan suhu GPU -34.6°C. Seperti yang telah disebutkan berkali-kali sebelumnya, benchmark ini hampir tidak ada hubungannya dengan grafis 3D modern, tetapi menggunakan GPU untuk menghitung angka pi. Beban kerja yang begitu ringan memungkinkan prosesor untuk mencapai clock yang lebih tinggi, itulah sebabnya kami hanya melihat rekor dunia yang menggunakan benchmark ini, bukan 3Dmark atau yang sejenisnya.


Sumber: HWBOT

RTX 4090 pada kecepatan clock ini membutuhkan lebih dari 1000 watt, tetapi nilai pasti untuk hasil ini tidak dibagikan. Untuk menembus 3.975 GHz, GPU Colorful iGame membutuhkan 1.1 KW.

Baca ini juga :


» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» [VIDEO] Review SanDisk GamePlay microSD™
» Resiko Gede Tambah Storage? Solusi cepat tepat & aman Gamer! SanDisk GamePlay microSD Gaming Ngebut!
» Bukan April Mop! ROG Beneran Bikin Mjolnir Palu Thor?
» Gigabyte Siapkan GeForce RTX 4080 SUPER XTREME ICE, Unit Terbatas Cuma 300 Aja!

Perlu diingatkan bahwa batasan 3.0 GHz telah dipecahkan hampir 3 tahun yang lalu oleh TecLab dengan menggunakan kartu grafis RTX 2080 Ti Turing. Seri berikutnya yang berbasis arsitektur Ampere memberikan peningkatan frekuensi yang substansial, tetapi clock yang mencapai 4,0 GHz tidak memungkinkan. Hanya dengan dirilisnya seri RTX 40 dengan arsitektur ADA, clock seperti itu akhirnya bisa dicapai, tetapi butuh waktu lebih dari 8 bulan sejak RTX 4090 dirilis untuk mencapai titik ini.


Sumber: HWBOT

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru