NEWS

Intel Sudah Membuat Driver Audio Linux Untuk Lunar Lake

Aeprukmana   |   Minggu, 09 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Phoronix melaporkan bahwa para engineer Intel telah membuat dukungan driver SoundWire Linux untuk arsitektur CPU Lunar Lake yang akan datang. Secara khusus, pembaruan ini membawa serta dukungan awal SoundWire Intel ACE2.x, yang akan menjadi bagian dari kemampuan audio Lunar Lake di masa depan. Intel mengembangkan driver baru ini jauh lebih cepat dari jadwal, dengan Lunar Lake diharapkan tiba pada tahun 2024.

Menurut Phoronix, Linux 6.5 akan mendukung blok IP generasi ACE2.x dari SoundWire, yang mungkin menjadi alasan mengapa para engineer Intel membangun driver audio baru saat ini. Belum lagi fakta bahwa Lunar Lake akan segera hadir, dan dijadwalkan akan hadir paling cepat pada tahun 2024. Kami tidak tahu banyak tentang revisi SoundWire baru ini, tetapi seperti halnya semua teknologi audio baru, mengharapkan pemrosesan audio dan kualitas audio yang lebih baik dibandingkan dengan revisi SoundWire saat ini.

SoundWire adalah interface yang disahkan pada tahun 2015 untuk mengangkut data audio ke perangkat audio terintegrasi. Pada dasarnya, ini adalah "sistem operasi audio" yang mengatur bagaimana data diangkut ke perangkat audio di dalam speaker, telepon, laptop, mobil, dan sumber audio lain yang didukung. Menurut Phoronix, Intel telah mendukung SoundWire untuk waktu yang lama, yang menjelaskan adopsi awal blok IP SoundWire terbaru.

Baca ini juga :


» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» Sekilas IT: Rakit PC Gaming Itu Bisa Murah Tapi Tetep Kencang! Begini Cara Nyari Komponennya!
» MSIology 2024: AI Era of Computing - Peluncuran Laptop MSI Terbaru dan Gaming Handheld MSI Claw
» Sekilas IT: PC Gaming Gak Harus Mahal! 6 Jutaan Udah Bisa Main Game AAA Lancar! Semua Partnya Baru!
» Hardware Yang Bakal Rilis Di Januari! Mulai Dari RTX 40 SUPER Sampai Intel 14th Gen Core!

Ini juga bukan driver audio Linux pertama yang diterbitkan Intel untuk Lunar Lake. Intel juga telah sibuk menambahkan dua driver audio lainnya untuk Linux yang mendukung CPU Lunar Lake, termasuk Sound Open Firmware 2.6 dan dukungan MIDI 2.0.

Lunar Lake akan menjadi penerus Meteor Lake, yang kabarnya akan membawa kembali mahkota performa per watt untuk Intel. Lunar Lake akan menggunakan teknologi multi-tiled yang sama dengan Meteor Lake, dengan menggunakan CPU tile, graphics tile, SoC tile, dan I/O tile, tetapi akan ditingkatkan ke proses manufaktur Intel 18A yang akan menawarkan efisiensi 10% lebih baik dibandingkan node 20A Meteor Lake.

Awalnya, Lunar Lake seharusnya diluncurkan pada tahun 2025, tetapi pengembangan telah berjalan sangat baik dengan proses 18A sehingga Intel mempercepat jadwalnya satu tahun penuh menjadi tahun 2024.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru