Feature

Harapan Esports Indonesia! 7 Game dengan Kompetisi yang akan Tetap Hidup di Tahun 2020

oleh: Reza Alif
Esports di tahun 2019 memang seperti mencapai masa jayanya di Indonesia. Berbagai turnamen diadakan, mulai dari skala kecil hingga internasional. Bahkan pemerintah juga ikut andil dalam mengadakan turnamen, seperti Piala Presiden dan beberapa turnamen yang dibuat oleh BUMN.

Kemudian, esports juga mulai mendapat tempat di komunitas olahraga resmi dengan menjadi cabang dalam event SEA Games 2019 di Filipina, bahkan Indonesia berhasil membawa pulang dua medali perak. Namun, esports sendiri pastinya punya masa pasang surutnya tersendiri, karena itu kru KotGa akan membahas 7 game dengan kompetisi yang akan tetap hidup di tahun 2020.

Berikut ulasannya!

Baca ini juga :

» Pionir Esports Indonesia! 7 Atlet Esports Legendaris Indonesia!
» Steam Belum Bisa dibuka? Coba 7 Game Alternatif Ini, Wajib dicoba!
» Indo Pride! Arjuna Indonesia yang Berprestasi di Ajang Esports Internasional!
» Tidak Boleh Dibiarkan! Ini Dia 7 Hero Yang Wajib Kamu Ban Di Mobile Legends Season 24!
» Tank Menguasai Land of Dawn! 7 Tank yang Super Broken Pada Meta Kali ini!
1. Mobile Legends Bang Bang

Mobile Legends Bang Bang adalah game yang bisa dibilang paling subur pada tahun 2019, setidaknya mereka telah mengadakan beberapa turnamen besar seperti M1 dan MPL. Kemudian, game buatan Moonton ini adalah yang paling produktif mencetak banyak atlet berprestasi.

Tak hanya atlet, tim-tim esports juga semakin bertebaran di Indonesia berkat Mobile Legends. Komunitas yang solid, banyaknya turnamen dan market yang sangat besar di Indonesia, membuat banyak tim tertarik untuk membuat divisi ini. Untuk 2020 sendiri Mobile Legends pastinya sudah siap dengan berbagai turnamen besar, salah satunya M2 yang akan diadakan di Jakarta.

2. PUBG MOBILE

Rilis lebih lama dibanding versi PC nya, siapa sangka PUBG MOBILE justru memiliki komunitas yang jauh lebih besar dibanding platform PC. PMSC dan PMCO menjadi beberapa turnamen skala internasional yang berhasil dibuat oleh Tencent selaku penerbit game.

Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang memiliki tim-tim PUBG MOBILE terkuat di dunia, itu dibuktikan oleh tim Bigetron Esports yang berhasil menjadi juara dunia. Karena mencakup benua-benua besar seperti Asia dan Eropa, pastinya PUBG MOBILE akan tetap bertahan di 2020, apalagi rencananya mereka akan memiliki model turnamen baru untuk tahun ini.

3. Free Fire

Game Battle Royale lainnya seperti PUBG MOBILE, ada Free Fire yang juga memiliki basis pemain sangat besar di Indonesia. Berkat kepopulerannya, scene esports untuk game ini dengan cepat terbentuk dan turnamen pun mulai sering diadakan sampai akhirnya mereka mengadakan World Series di 2019 di Brazil.

Sebagai basis yang sangat ramai, tim-tim Indonesia pun banyak yang berhasil lolos ke babak Grand Final. Meski belum bisa menjadi juara, Free Fire membuktikan bahwa gamenya masih akan terus eksis hingga 2020 dengan berbagai turnamen dan tim Indonesia pastinya akan mendapatkan tempat disana.

4. Arena of Valor

Rival berat dari Mobile Legends, Arena of Valor atau AOV juga menjadi game MOBA Mobile yang sangat digandrungi di Indonesia. Bicara soal turnamen AOV tak perlu diragukan lagi, karena ESL salah satu penyedia event esports terbesar sudah langganan mengadakan turnamen game ini dari skala regional sampai dunia.

SEA Games 2019 di Filipina kemarin pun AOV ikut menjadi salah satu nomor pada Cabor Esports, bahkan Indonesia berhasil meraih medali perak. Berkat turnamen yang terus konsisten AOV pun diprediksi akan terus bertahan pada 2020 karena basis yang pemain terus bertambah khususnya di Indonesia.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler