Feature

8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin

oleh: Valenc26

Halaman 2

  1. Pemula Ga Usah Takut, Hardcore Player Tetap Tertantang


Berbeda dengan kebanyakan game Souls-like pada umumnya, di game Rise of the Ronin, pemain dapat memilih tingkat kesulitan (difficulty) mulai dari Dawn yang masuk dalam kategori easy. Jika kamu merasa terlalu mudah, kamu bisa meningkatkan levelmu dengan memilih Dusk yang sudah tergolong normal. Kalau gamer hardcore gimana? Nah kita sarankan untuk memilih Twilight karena ini level yang hard dan cocok buat yang butuh tantangan! Seandainya kamu kesulitan dan nyesel milih yang Twilight, jangan khawatir dan ga usah banting stick PS5 karena kamu bisa ganti level kamu kapanpun kamu mau. Santuy dan seru banget nih game Rise of the Ronin!

Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai pengaturan difficulty di Rise of the Ronin:

- Dawn: Mode mudah / easy pada game Rise of the Ronin. Cocok untuk yang lebih menikmati cerita daripada permainan, memberi pemain akses ke pengaturan tambahan, termasuk meningkatkan pemulihan health dari obat, dan mengurangi kehilangan Ki dari serangan.
- Dusk: Mode normal untuk pengalaman seimbang yang berfokus pada cerita dengan tantangan permainan yang menarik. Pengaturan level ini sangat memungkinkan pemain agar dapat memainkan game dengan baik dengan ruang untuk kesalahan.
- Twilight: Difficulty ini adalah level mode tersulit, dan akan memberikan tantangan serius bagi pemain yang memilihnya. Pengaturan yang sempurna untuk yang ingin memainkan game Rise of the Ronin secara hardcore.


  1. Jangan Asal Tebas! Ada Mekanik Combat yang Harus Kamu Pahami




Rise of the Ronin menghadirkan sistem pertarungan yang cepat dan menantang namun tetap bisa dinikmati oleh newbie. Di Rise of the Ronin, kamu harus menyeimbangkan antara serangan dan pertahanan serta menggunakan timing dan posisi untuk keuntunganmu.

Bagi para pemain Nioh dan Wo Long : Fallen Dynasty pastinya sudah tidak asing dengan mekanik combat game ini. Kamu dapat menggunakan serangan ringan dan berat, parry, counter, dodge, dan gerakan khusus untuk mengalahkan musuh-musuhmu. Setiap musuh memiliki pola dan kelemahan tertentu, pahami kondisi serta situasi sekitar dan manfaatkan semua hal tersebut untuk membuat kamu berada diposisi yang lebih menguntungkan.

Stamina atau yang dikenal sebagai Ki di Rise of the Ronin menentukan bagaimana pemain dan para musuh untuk dapat bertindak. Menyerang, menangkis, dan menghindar semuanya akan menguras stamina kamu. Kehabisan stamina akan membuat karaktermu terkena efek stun dimana kamu tidak dapat menyerang maupun berlari. Hal yang sama juga berlaku pada musuh yang kamu hadapi.



Kamu harus perhatikan bahwa stamina atau Ki menjadi hal yang sangat penting dan krusial saat berhadapan dengan musuh di Rise of the Ronin. Cara terbaik untuk mengalahkan lawanmu adalah dengan menghabiskan Ki musuh sebelum menghabisinya melalui serangan kritikal yang kuat. Jadi, tentukanlah dengan bijak setiap aksi yang ingin dilakukan dalam setiap pertarungan, sesuaikan dengan kondisi staminamu.

Seperti game samurai Sekiro: Shadows Die Twice, Rise of the Ronin menampilkan senjata api dan teknologi lain. Pemain akan dapat menggunakan alat-alat ini sendiri, memanfaatkan senjata api, grappling hook, dan perangkat gliding untuk mendapatkan keunggulan dalam permainan.

  1. Glider, Grappling Hook, dan... Kuda


Rise of the Ronin memiliki dunia yang luas dan mendalam untuk dijelajahi. Berkeliling di Jepang abad ke-19 tidak perlu membosankan, di game ini memberikan kamu banyak fitur untuk membantu eksplorasi kamu. Kamu cukup loncat dari area tinggi menggunakan glider mirip burung fantasi yang disebut Avicula. Kamu bahkan bisa menggunakan kombinasi grappling untuk terbang di atas layang-layang dan mengeluarkan glider saat melompat untuk transisi yang lancar.

Untuk cara yang lebih tradisional untuk berkeliling, pilihlah kuda. Kuda di game ini terasa lebih ringan. Ini akan memberikan kecepatan dan pemandangan yang lebih indah di sekitar kamu saat kamu melakukan eksplorasi. Selain itu, kamu bisa ambil material yang kamu temukan tanpa repot-repot turun dari kuda. Tentu saja, grappling hook akan membantu membawa kamu melalui desa-desa perahu dan daerah-daerah berbatu yang lebih tinggi. Membantu kamu untuk menemukan hidden chest yang berisi barang jarahan yang luar biasa. kamu juga bisa berenang melintasi sungai untuk pendekatan yang lebih rahasia atau hanya berendam sambil menikmati kembang api spektakuler.

  1. Boss Pertama Adalah Yang Paling Berkesan


Game Souls-like terkenal dengan musuh awal dan boss pertama yang sangat sulit dikalahkan. Pada game Rise of the Ronin, kita akan bertemu Matthew Perry dan Blue Demon. Kamu harus menang saat melawan Matthew Perry untuk melanjutkan progress cerita, tetapi saat melawan Blue Demon kamu sebenarnya wajib untuk kalah dan cerita akan tetap berlanjut. Namun, tenang, kalau kamu ikuti tips ini, kamu dapat mengalahkan mereka berdua terutama Blue Demon dengan mudah!

Kamu bisa ikuti tips ini jika kamu ingin memenangkan pertarungan melawan Blue Demon dengan lebih mudah.
Tetapi jika tidak, kamu bisa langsung saja skip kebagian saat melawan Matthew Perry.

Pertama-tama penuhi stock item recovery kamu. Untuk mendapatkannya dengan mudah, kamu bisa melawan musuh tipe "Leader" di area ini, dia akan menjatuhkan item bernama "Medicinal Pill" yang akan sangat membantu kamu saat melawan Blue Demon. Kamu mengulang-ulang hal ini dengan kembali ke Veiled Edge Banner untuk memaksa musuh tersebut spawn terus menerus sampai kamu tidak bisa menambah item recovery kamu lagi. Jika kamu mengeksplorasi area ini dengan seluruhnya, kamu akan mendapat tambahan item recovery lainnya sehingga akan ada total lebih dari 10 item recovery kamu sebagai bekal melawan boss ini. Jika kamu tidak ingin mengalahkan Blue Demon, kamu bisa skip bagian ini



Baca ini juga :

» 7 Alasan Wajib Main Rise of the Ronin! Game Open World Rasa Souls Eksklusif Paling Dinanti
» Rayakan Hari Game Indonesia! Inilah 7 Game Lokal yang Mengguncang Dunia!
» PlayStation Plus Baru Bisa Dapat Banyak Benefit Dan 700 Game Gratis?! Cek Disini!
» Sisihkan THR Kamu! Ini Dia 7 Game Yang Akan Rilis Di Bulan Mei 2022
» Nggak Hanya God of War, 7 Game Eksklusif PS yang Diharapkan Bakal Rilis ke PC
Sebelum kamu melawan boss ini ada baiknya kamu save terlebih dahulu. Kamu bisa saja force close game ini dan load game saat kamu kalah, namun jika itu terjadi kamu harus mengulangi mengumpulkan item recovery yang telah terpakai saat kamu melawan boss ini sebelum kamu kalah.

Dalam pertarungan boss ini, kamu akan berhadapan dengan Matthew Perry yang harus kamu kalahkan, lalu setelahnya kamu akan melawan Blue Demon, boss yang sebenarnya mewajibkan kamu untuk kalah tetapi kamu bisa mengalahkannya untuk Trophy dan juga item menarik.



Masuk ke dalam pertarungan pertama yaitu Matthew Perry. Pada pertarungan pertama ini sebenarnya tidak terlalu sulit, kamu akan menemukan Matthew Perry mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi dari apa yang sudah kamu lakukan. Ya, moveset serangan Matthew Perry ini tidak jauh berbeda dengan musuh tipe "Leader" di area ini. Bedanya adalah, Matthew Perry dapat menyerangmu dengan Martial Skill yang hanya bisa kamu Counterspark dengan timing yang pas saja. Tetapi jika kamu tidak bisa Counterspark serangan tersebut,  kamu bisa menghindar lalu menyerangnya saat dia mengeluarkan moveset di luar Martial Skill.

Memahami moveset Matthew Perry saja tidak cukup, kenapa? Karena pada pertarungan ini terdapat explosive barrel tersebar di area pertarungan yang nantinya akan sangat berguna untuk melawan Blue Demon. Jadi, usahakanlah untuk memancing Matthew Perry jauh dari explosive barrel tersebut karena sedikit sentuhan saja akan menghancurkannya. Tetapi
jika kamu tidak ingin mengalahkan Blue Demon, saya sangat merekomendasi agar kamu memakai semua explosive barrel ini untuk menyerang Matthew Perry, karena dengan menggunakan metode ini, kamu akan mengurangi health serta Ki Matthew Perry dengan jumlah yang bisa dibilang banyak, sehingga kamu tidak perlu banyak berhadapan langsung dengan boss ini untuk melepaskan critical hit terhadapnya.



Usahakan untuk hanya menggunakan 1-2 recovery item saat melawan Matthew Perry. Jika kamu sudah mengalahkannya sesuai dengan tips diatas, maka arena pertarunganmu dengan Blue Demon sudah siap.
Jika kamu tidak ingin mengalahkan Blue Demon, pergunakanlah item recovery-mu sebanyak-banyaknya karena item ini akan dengan mudah kamu kumpulkan.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru