Feature

8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin

oleh: Yeshua

Halaman 3

  1. Kalah Bukan Berarti Gak Menang


Saat melawan Blue Demon, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyerangnya dengan aman. Kamu bisa menggunakan Grappling Hook kamu untuk memberikan ruang sekarang beberapa detik lalu kembali ke mode bertahan. Kamu juga bisa mengganti-ganti karakter yang kamu kendalikan untuk meminimalisir serangan yang dilakukan Blue Demon. Dengan mengganti karakter pada saat karakter yang kamu gunakan diincar Blue Demon, ruang untuk menyerang kamu akan lumayan bertambah. Dengan catatan, perhatikan Ki saat mengganti karaktermu. Jika tidak, AI nya tidak bisa memaksimalkan pertahanan dari serangan Blue Demon.

Selain itu, kamu juga bisa mengkombinasikan pergantian karakter ini untuk menyerang Blue Demon menggunakan explosive barrel yang pada pertarungan sebelumnya sudah kamu jaga. Beberapa serangan dari explosive barrel ini akan memberikan damage serta memberikan Status Ailment Burn, dan juga mengurangi KI Blue Demon dengan jumlah yang lumayan sehingga kamu dapat mendaratkan critical hit, perlu diingat saat melakukan critical hit usahakan Blade Twin-mu tidak dalam kondisi KO untuk damage yang lebih maksimal.



Opsi selanjutnya adalah, saya sarankan kamu untuk menghindari serangan-serangan dari Blue Demon karena jika kamu guard, Ki yang terkonsumsi akan tidak cukup untuk menahan combo dari Blue Demon. Kamu bisa terus melakukan ini dan menunggu momen pas untuk menyerangnya. Beberapa tips ini dapat membantu kamu mengalahkan Blue Demon, tetapi sayangnya kamu juga harus mengetahui beberapa moveset untuk berhadapan dengannya secara langsung.

Namun jika kamu memutuskan untuk berhadapannya, berikut ini adalah beberapa hal yang kamu harus perhatikan. Usahakan untuk selalu menggunakan Blade Flash saat Blood Gauge dari weapon yang kamu miliki paling tidak sudah lebih dari setengah bar. Karena Ki berperan sangat penting dalam mengalahkan Blue Demon.

Kalau kamu tidak pede untuk melakukan Counterspark, cukup hindari saja Martial Attack dari Blue Demon, jika kamu terkena serangan tersebut damage yang ia berikan akan lumayan banyak. Tetapi jika kamu sudah terlanjur terkena Martial Attack tersebut, kamu bisa langsung mengganti karaktermu dan menyerang Blue Demon, karena ada  Martial Attack yang mentrigger animasi pendek yang bisa kamu manfaatkan untuk menyerangnya memakai karakter lain.



Tetapi melakukan Counterspark sebenarnya adalah jalan yang lebih baik untuk mengalahkan Blue Demon, karena saat dia terkena Panic, kamu akan mendapatkan ruang serang yang cukup untuk memberikan damage yang lumayan. Ini juga menjadi kesempatan kamu untuk menggunakan Martial Skill demi damage yang maksimal.

Cons dari menggunakan Counterspark kamu harus menjaga Ki dan juga mempunyai timing yang pas. Saya sangat menyarankan agar kamu mencoba metode ini saat Ki kamu dalam kondisi penuh, karena hanya dalam beberapa tebasan saja, Ki yang kamu punya dapat langsung habis oleh Blue Demon. Untuk soal timing, saya akan memberikan salah satu combo yang paling mudah untuk kamu Counterstrike dan membuat Blue Demon terkena Panic.



Combo yang paling mudah untuk kamu Counterspark adalah combo yang diakhir serangan Martial Skill dengan animasi menendang. Untuk lebih jelasnya ada pada screenshot diatas. Jika kamu Counterstrike 3 serangan dari combo tersebut atau serangan ketiganya saja, Blue Demon akan menghentikan combonya dan terkena Panic. Jika kamu meleset untuk Counterspark, tenang saja. Sebelumnya saya sudah menyarankan untuk stock item recovery item yang akan sangat berguna di momen ini jadi kamu akan mempunyai beberapa kesempatan lainnya walau kamu sempat meleset.

Jika kamu mengikuti beberapa tips di atas, mengalahkan Blue Demon bukanlah menjadi masalah yang berat. Dengan memanfaatkan explosive barrel, Grappling Hook, dan juga Ki management yang baik serta mempelajari timing yang pas, kamu dapat mengalahkan Blue Demon dan mendapatkan Trophy "Tears of a Blue Demon".

  1. Belajar dari Kekalahan dan Nikmati Perjalanan Sebagai Ronin


Rise of the Ronin memiliki tingkat kesulitan yang bisa kamu atur, namun tetap ada kemungkinan kamu bisa kalah atau mati dan kehilangan progres-mu. Kamu harus berhati-hati dan belajar dari kesalahan dan kekalahan mu.

Di game ini, kamu dapat menggunakan banner checkpoint, dan item recovery yang mempermudah kamu. Kamu juga bisa melakukan save dimanapun kamu berada sehingga tidak perlu mengulang permainan dari titik yang jauh saat mati yang juga bisa digunakan untuk mengulangi keputusan yang mempengaruhi ending permainan. Saat sedang kesulitan, kamu juga dapat langsung mengubah tingkat kesulitan sehingga mempermudah untuk melanjutkan jalannya permainan.

Baca ini juga :

» 7 Alasan Wajib Main Rise of the Ronin! Game Open World Rasa Souls Eksklusif Paling Dinanti
» Rayakan Hari Game Indonesia! Inilah 7 Game Lokal yang Mengguncang Dunia!
» PlayStation Plus Baru Bisa Dapat Banyak Benefit Dan 700 Game Gratis?! Cek Disini!
» Sisihkan THR Kamu! Ini Dia 7 Game Yang Akan Rilis Di Bulan Mei 2022
» Nggak Hanya God of War, 7 Game Eksklusif PS yang Diharapkan Bakal Rilis ke PC
Perlu juga diingat ketika kalah dalam pertarungan, Rise of the Ronin memberlakukan sesuatu yang disebut Vendetta, dan pemain harus mengalahkan penakluk mereka untuk mendapatkan kembali Karma, atau kehilangannya selamanya.



Rise of the Ronin memiliki dunia yang luas dan mendalam, dengan grafis, suara, dan musik yang memukau, akan membuat pemain merasa seolah-olah berada di periode Bakumatsu. Konsep open worldnya sangat bagus untuk kamu yang suka dengan konsep zaman feodal Jepang. Feelnya benar-benar enak, secara landscape dan world design. Jadi nikmatilah setiap eksplorasi yang kamu lakukan setelah melakukan pertarungan besar. Bermain dengan kucing, berkuda sambil menikmati indahnya pemandangan, dan bebas berekspresi ketika berinteraksi dengan NPC.

  1. Jangan Gegabah, Keputusan ada di Tanganmu


Setiap tindakan kamu dalam game ini akan mempengaruhi perkembangan cerita. Jadi, pastikan untuk memperhatikan setiap keputusan yang akan kamu ambil. Mulai dari ikatan dengan karakter dan wilayah, skill yang kamu pilih, hingga keputusan yang kamu ambil di Main Story.

Meskipun perubahan pada Main Story tidak akan bercabang terlalu jauh, Side Quest tertentu akan mempengaruhi alur cerita. Ada beberapa akhir yang bisa ditemukan, salah satunya dengan membantu karakter di dalam Bond Mission. Dengan memiliki bond dengan karakter yang ada di game ini, kamu dapat mengajak karakter tersebut untuk ikut dalam misi dan memberikan kamu status tambahan. Game ini benar-benar memberikan kamu sebagai penentu keputusan berkembangnya cerita. Bahkan dalam beberapa momen dalam cerita, kamu juga dapat memutuskan apakah target akan hidup atau mati.

Nah, itu dia 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru Rise of the Ronin.
Selesaikan balas dendam, temukan penebusan, dan tempa dirimu dalam action-adventure open-world yang menawan! Pertarungan seru, misi yang menantang, berbagai pilihan cerita juga ending, variasi senjata dan skill yang luas, pemandangan indah penuh detail yang terinspirasi oleh sejarah Jepang di abad  ke-19 pastinya menawarkan pengalaman menjadi seorang Ronin yang tak terlupakan. Bisakah kamu menjadi Ronin legendaris?

Game ini telah tersedia di Playstation 5, untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi website Rise of the Ronin.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru