Review

ASUS ZenBook 13 UX333FN

oleh: Master-Fakry

Intro

Semakin mobilenya kegiatan para pekerja saat ini menuntut produsen laptop juga untuk menciptakan perangkat yang bisa mengikuti tuntutan zaman tersebut. Untuk memenuhi tuntutan itu, sebelumnya ASUS telah sukses menciptakan beragam laptop tipis dan powerful dalam seri ZenBook yang mana seri terbarunya adalah ZenBook 13 UX333FN.

Berbeda dari seri pendahulunya, UX333FN hadir dengan beragam teknologi baru yang menbuatnya tampil lebih sempurna, namun tetap ringgan, ringkas dan kuat. Pertama yang menjadi sorotan adalah monitornya yang memiliki bezel sangat tipis hingga 2,8 mm saja sehinggga screen-to-body rationya sampai 95 persen, kedua adalah build quality yang solid yang telah lulus uji sertifikasi military grade MIL-STD-810 sehingga tahan dalam menghadapi beragam kondisi ekstrim, seperti terjatuh, tergecet atau lainnya.


Meski punya build quality yang kuat, UX333FN ternyata tidak tampil dengan desain yang kaku. Faktor keindahan dari ultrabook ASUS ini tetaplah memesona mata yang melihatnya. Terbukti dari pilihan warna royal blue dan icicle silver mewah pada laptop ini. Selain itu, blok berwarna emas di bagian engsel dalamnya pun semakin menambah kesan mewah dari UX333FN.


Blok emas

Mengenai engsel, UX333FN dilengkapi dengan teknologi ErgoLift Hinge yang mampu meningkatkan sudut kemiringan laptop ketika monitor dibuka. Sudut kemiringan tersebut akan membuat pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman, memaksimalkan sirkulasi udara di dalam laptop dan memaksimalkan audio yang dihasilkan mengingat speaker laptop berada di bagian bawah. Sistem audio bersertifikat Harman / Kardon pada laptop ini menurut Kru KotGa mampu menghasilkan suara yangg cukup memuaskan.

Sebelum membaca review ini lebih lanjut, yuk intip spesifikasi lengkapnya dulu.

Main Spec.ASUS ZenBook 13 UX333FN
CPUIntel Core i7-8565U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.6GHz)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory16GB LPDDR3 RAM
Storage512 GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display13,3-inch (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display
GraphicsDiscrete graphics NVIDIA GeForce MX150
Input/Output1x USB3.1 Type-C (GEN 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1x HDMI, 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 1x Micro-SD Card Reader
CameraHD IR/RGB Combo Camera
ConnectivityDual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
AudioHarman Kardon certified audio system with ASUS SonicMaster surround-sound technology, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery50 Wh 3-cell battery
Dimension (WxDxH) 302 x 189 x 16,9 mm
Weight1,19 Kg with Battery
ColorsRoyal Blue
PriceRp22.999.000
Warranty2 tahun garansi global

Dalam bodi yang tipis dan ringkas, UX333FN ternyata memiliki port yang lengkap. Di sebelah kanan, portnya terdiri dari 1x USB 2.0 Type-A, 3,5 mm audio combo jack, dan micro-SD reader sedangkkan di sebelah kanan terdapat 1x USB 3.1 Type-A dan 1x USB Type-C Gen 2 yang kecepatan teransfer datanya mencapai hingga 10 Gbps, port HDMI dan DC power input.


Kiri


Sisi kanan

Baca ini juga :

» ASUS ROG G703GX, Absolutely Monster!
» ASUS ROG Strix Scar II GL704GW
» ROG Zephyrus S GX531: Tetap Tipis, Tetap Gahar!
» ASUS Zenfone Max M2
» HP Pavilion 15 CX0161TX
Yang menarik adalah touchpad pada ZenBook UX333FN berbeda dengan touchpad pada laptop lain. Touchpad di ZenBook UX333FN punya fitur unik berupa virtual NumberPad. Fitur ini mampu menyulap touchpad menjadi numpad. Well, laptop ini memang tidak memiliki numpad khusus karena keterbatasan ruang sehingga hadirnya virtual NummerPad merupakan kelebian tersendiri, bukan sekadar gimmick.


Virtual NumberPad

Agar dapat terus terhubung ke internet, ZenBook UX333FN mengandalkan dual-band gigabit-class WiFi yang didukung teknologi ASUS WiFi Master. Teknologi tersebut memungkinkan koneksi pada laptop ini tetap stabil meski posisinya jauh dari router. Melengkapi koneksi nirkabelnya, ZenBook UX333FN juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sehingga pengguna bisa menghubungkan berbagai perangkat nirkabel.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview